Belajar Ngeblog Sedang belajar ngeblog

Blog Archive: April 2011
Apr
18
2011

Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat digelar serentak, Senin (18/4) hari ini. Sebanyak 98.585 siswa se Sulsel akan mengikuti ujian yang digelar tiga hari kedepan.

Siswa diimbau untuk tidak mempercayai adanya oknum yang menawarkan kunci jawaban soal UN.Sementara,guru pengawas dituntut mewaspadai praktik perjokian selama ujian berlangsung. Untuk hari pertama, mata pelajaran yang diujiankan yakni Bahasa Indonesia dan Biologi (Jurusan IPA), Bahasa Indonesia dan Sosiologi untuk Jurusan IPS, serta Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia untuk Jurusan Bahasa.

Di Makassar, Dinas Pendidikan (Disdik) sudah menyiapkan trik khusus mewaspadai dan mengantisipasi kemungkinan adanya oknum tertentu yang menjadi joki UN di setiap ruangan. Ketua Panitia UN Kota Makassar, Ismunandar mengatakan, semua tempat yang menjadi lokasi ujian,harus steril.Siapapun yang ingin masuk,wajib mengenakan id card khusus yang sudah dibuat panitia.

“Begitupun peserta UN,mereka tidak diperkenankan sama sekali masuk ke ruangan, kalau tidak memiliki kartu ujian. Ini dimaksudkan, demi menghindari adanya oknum tertentu yang ingin menjadi joki,” tandas Ismunandar, kepada SINDO,kemarin. Untuk Kota Makassar,UN akan diikuti 20.125 siswa. Sementara, untuk mengamankan jalannya UN, Disdik menurunkan pengawas sebanyak 1.012 guru.

Ismunandar mengungkapkan, peserta yang ingin masuk di ruangan,wajib diperiksa identitasnya, termasuk foto di kartu ujian. Sebab, berdasar pada pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, tidak sedikit ada oknum yang ingin berbuat curang. “Di dalam ruangan nanti itu ada lima paket soal yang tidak sama. Jadi, bila ada isu ada nomor jawaban beredar sebelum ujian, saya pastikan tidak benar. Makanya, jangan percaya kalau ada hal-hal seperti ini,” imbau dia. Terkait, Ismunandar optimis mengalami kenaikan dibanding tahun lalu.

Isu Kunci Jawaban Menyesatkan

Ketua Panitia UN Sulsel Abdullah Jabbar secara tegas mengatakan, banyaknya isu yang berkembang tentang beredarnya kunci jawaban tersebut adalah menyesatkan.Olehnya itu, dia meminta kepada siswa agar tidak terpengaruh dengan isu tersebut. “Siswa diharap tidak mempercayai SMS kunci jawaban UN. Itu dilakukan orang-orang iseng dan sengaja merusak konsentrasi siswa.

Para siswa harus yakin dan percaya diri, karena yang diujiankan ini adalah mata pelajaran yang dipelajari mulai dari kelas I hingga III,”pungkasnya kemarin. “Kita sudah siap melaksanakan UN. Semuanya sudah melalui standar operasional (SOP). Inspektorat Jenderal Kemendiknas juga sudah empat hari lalu berada di Makassar untuk memantau UN,”katanya saat dihubungi SINDO.

Dia juga mewanti-wanti kepada para guru,kepala sekolah, serta pengawas untuk tidak membantu siswanya selama berjalannya UN. Kepada mereka yang terbukti berbuat curang, maka akan diberikan sanksi keras dari Kemendiknas. Demikian catatan online Belajar Ngeblog tentang Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Views: 229
Posting: 18-Apr-2011 20:54:09 WIB
Comments: 1 comments
Category: Bloging