Blog Nu Urang

Oct
15
2014

Manfaat Kunyit Putih ::  orang mungkin sudah tidak meragukan lagi tentang khasiat yang terkandung dalam tanaman kunyit putih terutama pada bagian rimpangnya sebagai salah satu bahan ramuan obat mujarab yang bisa mengobati berbagai penyakit mulai dari penyakit ringan maupun yang tergolong berat.

Bahkan, hasil dari beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh sejumlah peneliti baik dari kalangan institusi pendidikan maupun pemerintah. Telah menemukan fakta bahwa rimpang kunyit putih ini bisa dijadikan salah satu obat berkhasiat untuk mengobati kanker yang anda derita.  Berdasarkan hasil penelitian yang mereka dapatkan, bahwa dalam rimpang kunyit putih ini terkandung ribosome inacting protein dengan kadar tinggi, unsur ini berperan aktif dalam menonaktifkan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Selain kanker tentunya masih banyak penyakit lainnya yang bisa diatasi dengan ramuan dari rimpang kunyit ini.
Khasiat rimpang kunyit putih sebagai obat

Berikut ini adalah beberapa khasiat kunyit putih yang terletak pada bagian rimpangnya untuk obat berbagai penyakit, diantaranya yaitu :

  1. Sebagai salah satu obat alternatif untuk kanker
  2. Kandungan anti oksidan dalam rimpang kunyit baik untuk menjaga tubuh dari kerusakan gen yang mungkin terjadi
  3. Zat anti radang yang cukup efektif untuk mencegah peradangan baik pada tenggorokan, usus dan lambung.
  4. Baik untuk meringankan nyeri ketika haid dan dapat mengatasi keputihan pada wanita.
  5. Bersifat antiseptic sehingga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut dan juga bau badan
  6. Mengobati masuk angin, sakit gigi, dan mengatasi gangguan pada pencernaan tubuh.
  7. Mengobati diabetes mellitus, dan tifus
  8. Mengobati infeksi pada usus buntu dan disentri
  9. Membantu melancarkan ASI pada ibu menyusui
  10. Sebagai obat alternative untuk amandel
  11. Menghilangkan gatal-gatal
  12. Sebagai obat penambah darah
  13. Membersihkan kulit wajah dari jerawat dan noda hitam
  14. Mengobati luka
  15. Melindungi organ tubuh yang penting seperti hati dan jantungdari kerusakan


Link sumber :

http://15manfaat.blogspot.com/2014/06/manfaat-kunyit-putih-bagi-kesehatan.html

Views: 14
Posting: 15-Oct-2014 19:40:25 WIB
Comments: 0 comments
Category: Kesehatan
Oct
13
2014

Cara diet yang benar :: banyak dari kita yang salah dalam mengartikan bahwa untuk mendapatkan bentuk tubuh langsing dan ideal menurut anda, hanya dapat diperoleh dengan cara menjalankan diet secara ketat. Padahal dengan mengembalikan polah hidup sehat seperti makan teratur dan berolahraga secara rutin serta beristirahat yang cukup dapat membantu menurunkan berat tubuh anda secara signifikan dan yang terpenting aman bagi kesehatan tubuh anda.

Pada kesempatan kali ini, akan di ulas 9 cara diet yang benar untuk dijalankan dalam upaya mendapatkan bentuk tubuh langsing dan ideal dimana diantaranya adalah pengoptimalan kebiasaaan anda sehari-hari :

  1. Kenali tubuh anda. Langkah ini agar anda lebih mengenal tubuh anda secara mendalam, sehingga kedepannya anda bisa tahu apa sebenarnya kebutuhan yang diperlukan tubuh.
  2. Mengatur waktu makan secara teratur dengan porsi yang cukup
  3. Tingkatkan konsumsi buah dan sayur segar. Kedua bahan makanan ini memiliki nutrisi penting dan dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang aktivitas harian anda. Selain itu juga, buah dan sayur banyak mengandung serat yang penting untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh, melancarkan pencernaan, serta membantu mempertahankan kondisi kenyang pada perut, yang efeknya tidak terlalu banyak asupan makanan kedalam tubuh.
  4. Jangan hentikan kebiasaan makan pagi, selain penting untuk memulai aktivitas harian anda. Makan pagi dapat mengurangi kebiasaan nyemil diantara waktu sesudah makan pagi sampai tiba makan siang.
  5. Cukupkan tubuh dengan asupan air putih. Selain untuk mencegah dehidrasi, air juga dapat menekan rasa lapar.
  6. Lakukan aktivitas olaraga secara rutin seperti lari-lari kecil, jalan kaki, bersepeda dan lainnya yang bisa mendorong tubuh agar bergerak. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.
  7. Hindari bahan makanan dengan kadar gula tinggi, bila tubuh terlalu banyak mengkonsumsi gula, selain tidak bagus untuk kesehatan, juga akan menjadikan prut anda cepat lapar.
  8. Hentikan prilaku ekstrim dalam upaya menurunkan berat badan secara cepat, karena pada akhirnya kesehatan tubuh anda akan terganggu.
  9. Jangan kompesikan perasaan anda pada makanan. Kondisi tersebut biasanyamenjadikan tubuh sulit untuk mengontrol asupan makanan kedalam tubuh.

Sumber :
- cara diet yang benar menurut para ahli dan tips menjalankan diet secara benar on diet secaraalami.blogspot.com

Views: 10
Posting: 13-Oct-2014 07:44:54 WIB
Comments: 0 comments
Category: Diet
Oct
12
2014

Soto betawi santan campur susu :: bagi anda pencinta kuliner soto yang ingin merasakan citarasa kuah soto yang berbeda, sepertinya anda patut untuk mencoba soto betawi santan campur susu yang sekarang ini mulai banyak digemari.

Sesuai dengan namanya , susu cair digunakan sebagai salah satu bahan campuran kuah dari soto sehingga penggunaan santan kelapa tidak terlalu dominan. Tapi uniknya, dengan adanya pencampuran susu kedalam bahan lainnya, bisa menciftakan rasa baru yang unik dan tetap lezat dilidah.

 

Berikut adalah cara membuat soto betawi susu yang semuanya dituangkan secara lengkap kedalam satu resep soto betawi santan campur susu untuk bahan panduan anda dalam mempratekkannya dirumah.

 

Bahan utama :

  • Daging sapi berikut jeroannya, 1 kg.cuci bersih, lalu rebus sampai matang. Angkat dan pisahkan dengan air rebusan ( air kaldu). Potong-potong daging sesuai selera.
  • 1 ruas lengkuas, digeprek
  • Batang serai 1 bh
  • 3 lembar daun salam

 

Bumbu soto betawi :

  • Bawang merah 5 buah
  • Bawang putih 3 siung
  • Jahe, 1 ruas jempol
  • Ketumbar 1 sdm
  • Jinten ½ sdt
  • Lada butir secukupnya

Bahan pelengkap :

  • 1 buah santan kara, atau air santan dari 1 butir kelapa
  • ½ liter susu sapi ultra.
  • Kentang 3  butir , potong kotak, lalu goreng
  • 1 buah tomat apel ukuran sendang
  • Daun bawang dan bawang goreng secukupnya
  • Emping goreng
  • Nasi putih

 

Cara Pembuatan :

  1. Didihkan kaldu daging, masukkan bumbu halus (tidak perlu di tumis)
  2. Tambahkan garam, dan rasakan. Kalau suka boleh tambah bumbu penyedap secukupnya
  3. Tambah santan kara dan susu cair
  4. Kuah Soto telah siap untuk di sajikan


Cara menghidangkan :

  1. Masukkan potongan kentang kedalam mangkuk, tambahkan juga irisan tomat.
  2. Masukkan potongan daging dan jeroan.
  3. Siram dengan kuah secukupnya.
  4. Taburi dengan bawang goreng dan daun bawang
  5. Tambahkan kecap manis bila suka
  6. Sajikan bersama nasi putih, emping, jeruk limau, sambal, dan bahan pelengkap lainnya.


Link sumber :
http://tulisresep.blogspot.com/2014/10/resep-soto-betawi-campur-susu.html
http://grosirbumbumasak.com/resep-soto-betawi-santan-with-susu/

Views: 33
Posting: 12-Oct-2014 07:41:35 WIB
Comments: 0 comments
Category: Kuliner
Oct
08
2014

Manfaat daun binahong untuk obat jerawat :: binahong merupakan salah satu tanama obat yang berasal dari wilayah korea. Penggunaannya sebagai bahan ramuan obat sudah lama dikenal di kalangan masyarakat korea dan juga cina. Mereka biasa menggunaan beberapa bagian dari tanaman binahong seperti umbi, batang, daun, dan bunganya.

manfaat daun binahong untuk obat jerawat

Dari semua bagian tanaman binahong, daun adalah bagian yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan ramuan obat, hal ini dikarenakan, zat dan senyawa penting dalam tanaman binahong yang bermanfaat bagi tubuh, banyak terdapat pada bagian daun.

Ramuan obat dari daun binahong ini bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi berbagai jenis penyakit yang menyerang tubuh. Penggunaannya bisa sebagai obat luar ataupun dalam tubuh anda. Baik penyakit yang tergolong ringan maupun berat. Seperti batuk yang disertai muntah darah, gegar otak ringan, sesak nafas, radang paru-paru dan ginjal, borok akut, kencing manis, tekanan darah rendah, Gatal dan eksim, nyeri otot, pegal linu dan encok, gusi berdarah, lemah syahwat. Hidung mimisan, ambeien, luka akiba terbakar atau bekas operasi dan pasca melahirkan, haid  tidak lancar,stamina loyo dan sebagainya.

Selain itu , daun binahong juga dapat dimanfaatkan dalam dunia kecantikkan, salah satunya untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah anda. Manfaat daun binahong untuk obat jerawat ini terbukti cukup ampu. Penggunaan daun binahong untuk menghilangkan jerawat pada wajah yaitu dengan menjadikannya sebagai masker sebagai obat luar, dan bisa juga dengan menjadikan daun binahong sebagai jus, tambahkan sedikit madu . kemudian anda bisa mengkonsumsi jus daun binahong yang berfungsi membersihkan jerawat dari dalam.

Sumber:

  • http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/2014/09/manfaat-daun-binahong-bagi-tubuh.html
  • http://www.peterparkerblog.com/2591/khasiat-daun-binahong-bagi-kesehatan/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Binahong
Views: 35
Posting: 8-Oct-2014 05:51:24 WIB
Comments: 0 comments
Category: Kesehatan
Sep
26
2014

Membuat Bolu kukus Gula Merah : Indonesia memang dikenal kaya akan sekali jajanan lezat peggugah selera. Satu dari sekian banyak jajanan tersebut adalah bolu kukus.

Bolu kukus bisa dengan mudah kita temukan dipasar tradisional sekitar rumah, banyak sekali kreasi dari bolu kukus yang bisa kita dapatkan, salah satunya bolu kukus gula jawa atau yang lebih dikenal dengan sebutan bolu kukus gula merah. Disebut dengan nama demikian,karena dalam proses pembuatannya, digunakan gula jawa sebagai pemanisnya dan efeknya, mempengaruhi juga warna yang dihasilkan.

Dibawah ini adalah cara membuat bolu kukus gula merah untuk anda praktekkan dirumah sebagai sajian makanan ringan bagi anggota keluarga dirumah.

Bahan-bahan :

  • Tepung terigu = 500 gram
  • Margarin = 200 gram
  • Soda kue = 1/2 sendok teh
  • Daun pandan = 2 lembar
  • Gula merah =  500 gram
  • Vanili =  1 sendok teh
  • Telur = 2 butir
  • Air kelapa = 400 ml

Cara membuat bolu kukus gula merah sederhana :

  1. Didihkan air, gula merah serta daun pandan hingga gula larut dan mengental. Angkat dan saring, sisihkan dan diamkan hingga dingin.
  2. Kocok telur hingga kaku dan mengembang, masukkan soda kue lalu kocok hingga rata dan mengembang. Tambahkan tepung terigu dan air gula secara bergantian, kocok sampai rata. Tuang margarin cair lalu kocok hingga rata.
  3. Tuang adonan ke dalam cetakan bolu kukus yang dilapisi kertas roti hingga penuh. Kukus selama 15 menit hingga matang mengembang, angkat dan sajikan.

Demikian resep bolu kukus gula jawa atau gula merah sederhana sebagai panduan anda dirumah, selamat mencoba

Views: 43
Posting: 26-Sep-2014 14:59:26 WIB
Comments: 0 comments
Category: Kuliner
 1 2 3 4 5 6 >  Last ›