Blog Nu Urang

A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: mysql_escape_string(): This function is deprecated; use mysql_real_escape_string() instead.

Filename: blog/blog_blog_detail.php

Line Number: 72

Nov
26
2012
Manfaat Buah Mengkudu Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Buah Mengkudu :: Sudah sejak lama leluhur kita menggunakan buah mengkudu untuk mengobati sejumlah penyakit. Seiring perkembangan ilmu kedokteran, Khasiat buah mengkudu makin banyak ditemukan oleh para peneliti. Buah yang memiliki tekstur lembek dan beraroma yang kurang sedap ketika matang ini memiliki manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan pada manusia.

Didalam buah mengkudu terkandung 12 zat aktif yang memiliki khasiat pengobatan. Salah satu zat yang terdapat dalam buah mengkudu antara lain Anthraguinone dan Scopoletin. Kedua zat ini aktif sebagai antimikroba, sehingga penting dalam mengatasi peradangan dan alergi. Beberapa Komponen aktif  lainnya yg terkandung dalam buah mengkudu juga berperan dalam meremajakan sel-sel tubuh dan mencegah perkembangan sel kanker. Buah mengkudu juga diyakini bisa mengendalikan sel kanker dan tumor. Sehingga menkonsumsi buah mengkudu secara teratur sangat dianjurkan guna menghambat pertumbuhan sel tumor dan sel kanker.


Buah yang didaerah jawa tengah dan jawa timur dikenal dengan nama pace, dan penduduk jawa barat menyebutnya dengan nama cangkudu bisa membantu tubuh dalam menyediakan enzim xeronine. Enzim ini sangat dibutuhkan dlm kegiatan metabolisme tubuh manusia. Itulah sebabnya buah ini dapat membantu kerja kelenjar Tiroid dan Timus, sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh serta bermanfaat sebagai Adaptogen, yaitu menyeimbangkan kerja dari sel-sel tubuh. Enzim xeronin  terdapat dalam buah mengkudu dalam bentuk senyawa Proxeronine.


Kandungan mineral dalam buah mengkudu berfungsi memperlebar salurahn pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Sehingga jantung tdk perlu bekerja keras dalam memompa darah.
Mengkudu juga bisa berperan sebagai sumber antioksidan yg dapat mengunci radikal bebas yang dpt menurunkan daya tahan tubuh manusia.

Itulah beberapa manfaat buah mengkudu untuk manusia.semoga ulasan singkat ini bisa menambah wawasan anda seputar khasiat buah mengkudu sebagai tanaman obat. silahkan baca artikel kami lainnya tentang manfaat jintan hitam untuk tubuh.

Views: 843
Posting: 26-Nov-2012 11:44:49 WIB by centra
Category: Kesehatan
Tools: Print
Your Comment:
Anda harus login bila ingin mengisi komentar