Blog Nu Urang

A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: mysql_escape_string(): This function is deprecated; use mysql_real_escape_string() instead.

Filename: blog/blog_blog_detail.php

Line Number: 72

Jun
03
2014
Manfaat Dibalik Daun Sirih Merah

Manfaat Dibalik Daun Sirih Merah ~ Piper ornatum atau yang lebih kita kenal dengan nama Sirih merah sudah lama dikenal  sebagail salah satu tanaman obat yang memiliki banyak manfaat dan khasiat. Bagian daun dari tanaman ini banyak digunakan sebagai bahan ramuan untuk memelihara kesehatan dan juga kecantikkan tubuh.

Daun sirih merah mengandung sejumlah zat / senyawa penting dan bermanfaat bagi tubuh manusia, zat / senyawa tersebut flavonoid, polifenol, alkoloid, tanin, minyak atsirih, sapononin, allylprokatekol, karvokol, eugenol, p-cymene, cineole, coryofelen, kadimen, ekstragol, terpenana, dan propoda.

Polifenol dan flavonoid  adalah senyawa yang berperan sebagai antioksidan, antiinfpmasi,dan antidiabetic. Alkaload berfungsi sebagai antikanker dimana memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker pada tubuh. Daun sirih muda bisa dijadikan bahan godokan,dimana air rebusannya baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena mampu menurunkan kadar gula darah.

Senyawa lainnya dalam daun sirih merah yaitu karkavol, senyawa ini berfungsi sebagai disinfektan dan antijamur, sehingga menjadikan air rebusan daun sirih merah baik juga untuk dijadikan sebagai obat kumur untuk menjaga kesehatan gigi, gusi dan menghilangkan aroma bau pada napas. Bisa jugadigunakan  untuk mencuci bagian organ vital wanita untuk melindunginya dari penyakit keputihan.

Daun sirih merah sering juga digunakan untuk meredakan rasa nyeri / analgesic. Tannin juga terdapat dalam daun sirih, dengan adanya zat ini, sehingga daun sirih bisa digunakan untuk menyembuhkan diare serta sebagai antiseptic pada luka untuk mencegah infeksi karena kuman.

Selain kegunaan diatas, khasiat daun sirih merah lainnya antara lain sebagai berikut : mengobati hepatitis, asam urat, batu ginjal, menurunkan kolestrol, mencegah stroke, penyakit jantung, keputihan, radang prostat, radang mata, maag, kelelahan, nyerisendi, dan memperhalus kulit.

artikel terkait :

Views: 571
Posting: 3-Jun-2014 06:33:24 WIB by centra
Category: Kesehatan
Tools: Print
Your Comment:
Anda harus login bila ingin mengisi komentar