Blog Nu Urang

A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: mysql_escape_string(): This function is deprecated; use mysql_real_escape_string() instead.

Filename: blog/blog_blog_detail.php

Line Number: 72

Sep
26
2014
Membuat Bolu kukus Gula Merah

Membuat Bolu kukus Gula Merah : Indonesia memang dikenal kaya akan sekali jajanan lezat peggugah selera. Satu dari sekian banyak jajanan tersebut adalah bolu kukus.

Bolu kukus bisa dengan mudah kita temukan dipasar tradisional sekitar rumah, banyak sekali kreasi dari bolu kukus yang bisa kita dapatkan, salah satunya bolu kukus gula jawa atau yang lebih dikenal dengan sebutan bolu kukus gula merah. Disebut dengan nama demikian,karena dalam proses pembuatannya, digunakan gula jawa sebagai pemanisnya dan efeknya, mempengaruhi juga warna yang dihasilkan.

Dibawah ini adalah cara membuat bolu kukus gula merah untuk anda praktekkan dirumah sebagai sajian makanan ringan bagi anggota keluarga dirumah.

Bahan-bahan :

  • Tepung terigu = 500 gram
  • Margarin = 200 gram
  • Soda kue = 1/2 sendok teh
  • Daun pandan = 2 lembar
  • Gula merah =  500 gram
  • Vanili =  1 sendok teh
  • Telur = 2 butir
  • Air kelapa = 400 ml

Cara membuat bolu kukus gula merah sederhana :

  1. Didihkan air, gula merah serta daun pandan hingga gula larut dan mengental. Angkat dan saring, sisihkan dan diamkan hingga dingin.
  2. Kocok telur hingga kaku dan mengembang, masukkan soda kue lalu kocok hingga rata dan mengembang. Tambahkan tepung terigu dan air gula secara bergantian, kocok sampai rata. Tuang margarin cair lalu kocok hingga rata.
  3. Tuang adonan ke dalam cetakan bolu kukus yang dilapisi kertas roti hingga penuh. Kukus selama 15 menit hingga matang mengembang, angkat dan sajikan.

Demikian resep bolu kukus gula jawa atau gula merah sederhana sebagai panduan anda dirumah, selamat mencoba

Views: 577
Posting: 26-Sep-2014 14:59:26 WIB by centra
Category: Kuliner
Tools: Print
Your Comment:
Anda harus login bila ingin mengisi komentar