Hujana Sekedar Corat-Coret Saja

May
30
2010
Meja Nakas Jadikan Ruang Lebih Atraktif

RUMAH yang indah biasanya didukung desain sempurna serta penataan yang apik. Salah satu yang esensial adalah penataan furnitur ruangan, semisal meja nakas. Meja nakas sejatinya memiliki fungsi hampir sama dengan jenis meja lain. Furnitur satu ini bisa lho dijadikan alternatif point of interest di dalam hunian Anda. Hanya, permasalahan yang kerap dialami penghuni rumah adalah menentukan cara penerapannya. Bagian mana yang harus ditonjolkan pada meja nakas tersebut? Apakah lebih tertuju pada meja atau aksesori yang berada di atasnya?

Menurut arsitek Haris Prabawa, meja nakas umumnya diletakkan di kamar tidur. Menurut Belajar HTML Rata-rata ukurannya kecil dan tidak terlalu menonjol. Meski demikian, kalau Anda ingin menjadikannya point of interest ruangan, tetap bisa kok. Hanya, sebaiknya aksesori pendukung meja yang dibuat lebih dominan.

Hal serupa dikatakan arsitek Anjar Kusuma. Menurutnya, meja nakas merupakan elemen dekoratif yang keberadaannya bisa sangat bermakna. Ukurannya yang tidak besar, namun dapat mengisi suatu ruangan dan menjadikan ruangan tersebut lebih hidup. Menariknya, elemen ini dapat disandingkan dengan elemen lain sehingga tidak hanya memiliki sifat dekoratif, tapi juga fungsional.

Walaupun fungsi meja nakas cukup bervariasi, kita tak lantas bisa mengaplikasikannya secara sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Anjar memaparkan, sebelum kita mengaplikasikan meja nakas ke dalam ruangan, yang harus dipikirkan adalah: ingin diletakkan di mana meja tersebut? Pertanyaan ini perlu diajukan karena meja nakas tidak hanya boleh diletakkan di kamar tidur, melainkan juga di ruangan lain seperti ruang tamu, ruang makan, dan ruang tengah.

Di ruang tamu, meja nakas bisa dijadikan tempat untuk meletakkan vas bunga, lampu, ataupun foto-foto keluarga. Sementara di kamar tidur, jenis meja ini boleh digunakan untuk menaruh lampu dan menjadi rak buku.

Hal kedua yang harus dipikirkan yakni jenis ruangannya. Dalam arti, berapa besar lahan di ruangan itu? Ini perlu diketahui untuk menaksir besar-kecil meja nakas yang hendak digunakan. Anjar mengatakan, ukuran meja nakas kisaran umumnya adalah 30–60 x 30–60 cm. Namun, semua itu tetap bisa disesuaikan dengan luas ruang yang tersedia.

Hal serupa disampaikan costumer service dari Jepara Furnitur Ine Vidiyati. Menurut dia, ukuran nakas standarnya 60x60 cm. Yang paling besar bisa mencapai lebar 70 cm. Pertimbangan ketiga adalah jenis furnitur yang ada di ruangan tersebut. Sebab, jika tidak berfungsi lebih, buat apa nakas diletakkan di sana? Selain itu, kehadiran nakas juga jangan sampai merusak jalur sirkulasi penghuni rumah.

Pertimbangan terakhir yakni kebutuhan pengguna karena kebiasaan tiap orang berbeda-beda. Contoh, sejumlah orang punya kebiasaan suka membaca sehingga dapat dibuatkan nakas dengan fungsi sebagai rak dan tempat meletakkan lampu.

Berfungsi Ganda

Tanpa disadari, keberadaan meja nakas kerap diperlukan penghuni rumah. Pasalnya, meja tersebut tidak hanya bisa dijadikan tempat untuk meletakkan sebuah benda, tapi juga berfungsi estetis.

Menurut Anjar, perlu tidaknya meja nakas harus ditinjau dari ketersediaan ruangan secara menyeluruh. Bisa saja meja itu diperlukan, namun tidak jarang keberadaan nakas justru tak dibutuhkan sama sekali. Apalagi, jenis meja ini boleh diletakkan di mana saja, di pojok atau di tengah ruang, bergantung jenis ruangannya.

Mengenai fungsi meja nakas, yang pertama, keberadaan meja tersebut erat hubungannya dengan ruangan. Karena itu, meja nakas mempunyai fungsi yang berbeda dan itu semua tergantung ruang yang ditempati. Fungsi dasarnya tidak hanya sebagai pengisi ruang, tapi dalam suatu desain, nakas dapat dibentuk sehingga tidak hanya bisa dijadikan penghias ruang, tetapi juga difungsikan. Nakas dapat difungsikan untuk meletakkan peralatan yang sering dipakai di rumah, vas bunga, lampu, atau benda-benda dekoratif kecil yang lain.

”Namun, bukan berarti meja nakas hanya bisa berfungsi seperti yang disebutkan tadi. Elemen ini juga dapat berfungsi secara estetika, yaitu sebagai pengisi ruang yang menjadikan ruang tersebut lebih hidup,” ujar Anjar.

Sama halnya dengan elemen dekoratif lain, meja nakas juga memiliki kelebihan serta kekurangan. Kelebihannya, meja ini dapat disandingkan atau dijadikan tempat untuk meletakkan elemen-elemen dekoratif seperti foto, hiasan, dan vas bunga. Sementara itu, kekurangannya adalah terkadang nakas tidak bisa disesuaikan ukurannya apabila ditempatkan di posisi lain. ”Sebab, asumsi bentuk ruangan tiap sisi umumnya berbeda,” kilah Anjar.

Lalu menurut Hosting Murah Indonesia Indositehost.com, bagaimana jika nakas ingin ditempatkan di ruangan berlahan sempit? Anjar menyarankan nakas dibuat memanjang, tapi dengan lebar terukur sehingga masih bisa ditempatkan sesuatu di atasnya.

Views: 280
Posting: 30-May-2010 00:55:03 WIB by sapu-jagat
Category: Bebas
Tools: Print
Your Comment:
Anda harus login bila ingin mengisi komentar