Lautan Indonesia

KOMUNITAS SELAUT => Jawa dan Sekitarnya (Jakarta) => Yogyakarta => Topic started by: Al-Indunisiy on April 27, 2010, 10:07:29 pm

Title: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: Al-Indunisiy on April 27, 2010, 10:07:29 pm
Assalamu 3alaikum,

Ada nggak yang bisa ajarin/bantu aku belajar bahasa Jawa? Baik Ngoko, Krama, dan Krama Inggil.
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: sassy_rahma on April 28, 2010, 06:13:16 am
Helo al mau belajar bhs jawa bwt apa nih?
Kene2 tak ajari ;D ;D ;D
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: sassy_rahma on April 28, 2010, 06:13:21 am
Helo al mau belajar bhs jawa bwt apa nih?
Kene2 tak ajari ;D ;D ;D
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: Al-Indunisiy on April 28, 2010, 03:10:36 pm
Untuk belajar aja. Saya ini memang hobinya bahasa.


Ok, jadi saya berasumsi bahwa bahasa Jawa mempunyai 5 jenis kata:
Kata Benda, Kata Kerja, Kata Sifat, dan Preposisi/Partikel, Kata Fungsi.

Bagaimana kalau dimulai dari kata kerja. Transitif(cth: memakan), Intransitif(cth: tidur) dulu.
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: baby_PANDA on April 28, 2010, 06:53:03 pm
hmm....kamu maunya kata yg apa?

soalnya kan kata banyak :D
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: Al-Indunisiy on April 29, 2010, 05:19:56 am
Yang transitiflah. Bagaimana cara membuat suatu kata kerja menjadi aktif atau sebaliknya, pasif?
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: sassy_rahma on April 29, 2010, 11:38:39 pm
Bikin contoh dlm bhs indonesia.Nanti kita translet ke bhs jawa
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: sassy_rahma on April 29, 2010, 11:38:43 pm
Bikin contoh dlm bhs indonesia.Nanti kita translet ke bhs jawa
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: baby_PANDA on May 01, 2010, 09:03:41 am
iya...biar ndak bingung kata2nya yg mana.... :D
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: wina biru on May 01, 2010, 09:43:09 pm
sugeng ndalu
piye kabare?
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: Al-Indunisiy on May 03, 2010, 04:20:22 pm
Bisa jelasin:

1. Kapan imbuhan pi- bermakna 'yang di-' dan kapan bermakna 'yang meng-'?
2. Kapan imbuhan -in-, dan bukan di- dipakai untuk bentuk pasif?
3. Bagaimana cara baca imbuhan -ake, dan -aken?
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: sassy_rahma on May 04, 2010, 01:38:03 pm
al coba pake contoh dalam kalimat aja deh
kita yg org jawa justru bingung dengan seperti apa yg km tanyakan

plg yg bisa kujawab yg no 3
ake dipake sama temen
aken dipake sama org yg lbh tua /dihormati
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: Al-Indunisiy on May 05, 2010, 02:54:19 pm
Saya masalahnya memang sebagian besar grammatika. Dan saya memang bukan penutur bahasa Jawa.
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: baby_PANDA on May 06, 2010, 04:30:24 am
al anak bahasa po? soale teoretis banget pertanyaane :D

gimana ya... bahasa Jawa itu luas, Al. Dan tiap daerah beda-beda. Aku yang dari Jawa Timur menggunakan bahasa Jawa yang beda dengan teman2 dari daerah Jawa Tengah dan Jogja.

Dulu, pas waktu SD, aku dapat pelajaran muatan lokal Bahasa Daerah Bahasa Jawa. Dan jujur, walau itu bahasa yang aku gunakan sehari-hari, justru nilai terendah ada pada mata pelajaran tersebut. Kalau bahasa Inggris bisa dapet nilai 100, bahasa Jawa paling pol cuma 70 bo!

Kenapa? karena bahasa Jawa yang digunakan dalam buku paket yang menjadi acuan adalah bahasa Jawa daerah Jawa tengahan, bukan Jawa Timuran. (baru nyadar aku ;D)

Banyak kata dalam buku tersebut yang ndak kami (saya dan teman2 SD) pahami, misalnya: kaca (halaman), ukara (kalimat), dan beberapa kata lain yang aku sudah lupa :D. Atau mungkin tahu artinya tapi jaraaaaaang menggunakannya, seperti tembung, pitakon, dan lagi2, lupa beberapa kata lain :D.

Persamaanya: ada bahasa Indonesia baku yang kita mengerti tapi ndak mungkin diucapkan dalam percakapan sehari2. Atau bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik dan benar tapi malah disingkat dalam percakapan langsungnya. Begitu pula bahasa Jawa.

Nah, yang tadi kamu tanyain itu sama saja dengan bahasa Indonesia yang baku atau bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik dan benar. Jadi, sangat jarang hal yang kamu tanyain tadi muncul di percakapan langsung sehari-hari masyarakat Jawa. hehehe.

Tapi, aku akan mencoba menjawab semampu saya:
Untuk pi: itu bukanya malah "membedakan" ya? Maksudnya, membuat kata kerja menjadi kata benda. Misal: takon (bertanya)+pi- = pitakon. Dalam kalimat: isi pitakon iki (isi pertanyaan ini). Jadi pitakon berubah menjadi kata benda (S) dari kata kerja takon.
Tapi aku masih bingung juga ki. Butuh contoh lain. hehehe. Soalnyaaaa...di Jawa Timur, lagi-lagi, jarang bgd menggunakan afiks pi- ;D

Kalau untuk imbuhan, lebih tepatnya sisipan -in- ...
Di Jatim, masyarakatnya amat sangat jarang menggunakan sisipan -in- untuk mengutarakan bentuk pasif. Kebanyakan dari mereka, termasuk aku menggunakan bentuk di-.
Mungkin sisipan -in- hanya untuk kata2 tertentu dan salah satu fungsinya unuk keindahan, lagi2 ini dari sudut pandang penutur bahasa Jawa Timur lho ya....
Kenapa? karena aku baru tahu penggunaan sisipan -in- itu justru dalam tembang (lagu) Jawa, seperti sinorot cahyaning mbulan, bukan disorot cahyaning mbulan.
Jadi intinya... apa yaaa..hehehe..,bingung juga... sisipan -in- dan sisipan lain itu memang bisa digunakan, tapi mungkin dalam konteks tertentu, seperti lagu atau bahasa tulis. Kalau percakapan langsung, kebanyakan menggunakan di-.
Yah,,,bagiamana yaaa.... Sepertoi bahasa Indonesia ragam baku mungkin yang hanya bisa dugunakan untuk bahasa tulis dan justru aneh untuk bahasa lisan :D.

Sering2 bicara dengan orang Jawa saja, Al. Biar cepat terbiasa :D

Bdw, Al ni asli mana ya?Sekarang tinggal di mana?

nb: sorry kebanyakan kata "Jawa Timurnya". Hal ini hanya sebagai penekanan bahwa jawaban tadi ditulis oleh orang asli Jawa Timur. Soalnya, bahasa Jawa itu luas dan ragamnya bejibun tea'...
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: sassy_rahma on May 11, 2010, 09:54:15 am
jujur saya yg org jawa jadi puyeng baca penjelasan panda [biggrin]
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: Vesuvius on May 28, 2010, 04:42:25 pm
aq tambah mumet aliasa pusing baca penjelasannya si panda
 :D :D :D :D
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: Vesuvius on May 28, 2010, 05:02:27 pm
aq tambah mumet aliasa pusing baca penjelasannya si panda
 :D :D :D :D
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: saiful_alami on February 12, 2014, 08:46:45 pm
aq tambah mumet aliasa pusing baca penjelasannya si panda
 :D :D :D :D

pada karo enyong mbake, enyong pada mumete maca pituture mbak panda  [sleep]
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: y0eel on February 19, 2014, 10:27:23 pm
Mumet, ra mudeng..
Kulo bhs jawa biasanya sekarep e dewe aka campur2 [hmpfh]
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: Monox D. I-Fly on November 22, 2015, 11:46:20 pm
Bisa jelasin:

3. Bagaimana cara baca imbuhan -ake, dan -aken?

plg yg bisa kujawab yg no 3
ake dipake sama temen
aken dipake sama org yg lbh tua /dihormati

Perasaan yang ditanyakan di nomor 3 itu cara bacanya deh, bukan waktu penggunaannya.
Imbuhan -ake dibaca dengan huruf e seperti pada kata enak, sedangkan imbuhan -aken dibaca dengan huruf e seperti pada kata emak.
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: chesire on June 02, 2016, 10:56:53 am
maren ada yang ngucapin sugeng riyadi pas saiah ultah
padahal dia kalo ngomong sama eyangnya 'injih injih'
hm.... keknya ga ada sih

sugeng tanggap warsa
doang nemunya....
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: intansrirahayu on December 21, 2016, 10:16:02 am
kalo artinya tresno karo koe apaan ya??
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: Savanna_11 on December 21, 2016, 10:38:30 am
Tresno karo kue = aku cinta kamu
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: intansrirahayu on December 28, 2016, 10:09:12 am
Tresno karo kue = aku cinta kamu

Hehehe baru tau. banyak yang bilang kaya gitu ke aku soalnya.
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: y0eel on January 04, 2017, 04:10:37 pm
Mpun 8 taon ing jogja rung ngerti boso jowo  [hmpfh], ajarin dong [hmpfh]
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: Monox D. I-Fly on August 07, 2017, 09:12:25 pm
Mpun 8 taon ing jogja rung ngerti boso jowo  [hmpfh], ajarin dong [hmpfh]

lha asalmu ki ngendi emang?
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: Dhanang on December 28, 2017, 10:32:21 am
Koq sepi...
Do neng endi iki ?
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: Monox D. I-Fly on December 28, 2017, 08:35:32 pm
Koq sepi...
Do neng endi iki ?

Ical
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: y0eel on January 09, 2018, 08:03:48 pm
Mpun 8 taon ing jogja rung ngerti boso jowo  [hmpfh], ajarin dong [hmpfh]

lha asalmu ki ngendi emang?
sumatera  ;D
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: Monox D. I-Fly on January 14, 2018, 03:43:36 pm
Mpun 8 taon ing jogja rung ngerti boso jowo  [hmpfh], ajarin dong [hmpfh]

lha asalmu ki ngendi emang?
sumatera  ;D

Woalah... Yo pantes...
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: jibril on February 14, 2018, 01:07:50 am
piye kabare? kulo saiki apik2 wae
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: Monox D. I-Fly on February 14, 2018, 06:35:51 am
Alhamdulillah ijik urip~~~
Title: Re: Ajarin Bahasa Jawa
Post by: y0eel on April 24, 2018, 07:44:07 pm
salam kangen jogja piye kabare? [hmpfh]