;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Desain Meja Staff di Negara Jepang, Konsep Minimal dengan Hasil Maksimal (Part 1  (Read 18 times)

ayashas

  • Kelasi
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 3

Seperti yang kita ketahui, Jepang terkenal dengan pekerjanya yang sangat tekun dan ulet. Mereka selalu mengerjakan setiap pekerjaan yang mereka hadapi dengan bersungguh-sungguh. Selain itu, karya di bidang animasi juga banyak dihasilkan dari Negeri Matahari Terbit ini. Para mangaka—istilah untuk animator manga di Jepang—memiliki meja staff yang memiliki konsep minimalis, mengingat kebanyakan dari rumah di sana memang berukuran tidak terlalu besar karena tingginya harga tanah di Jepang. Bagaimana perbedaan meja staff antara para mangaka ini dengan meja staff pegawai pada umumnya? Artikel berikut akan mengulas bentuk meja staff di Jepang yang minimalis untuk mengoptimalkan ruangan yang sempit.
Mangaka hanya membutuhkan meja yang cukup luas
Asisten dari mangaka di Jepang dituntut untuk berkerja berkelompok untuk meningkatkan efisiensi waktu. Maka, mereka hampir tidak membutuhkan kehadiran partisi pada tiap mejanya. Beberapa meja staff bahkan tidak memiliki kursi dan berukuran sangat rendah seperti coffee table. Konsep meja seperti ini memang mencerminkan ciri khas Jepang sejak dahulu yang banyak menggunakan furnitur dengan kaki rendah hingga kasur yang menempel dengan lantai.
Meja kerja yang luas diletakkan di tengah ruangan, dapat menampung lebih banyak kertas untuk dibagi sesuai tugas masing-masing asisten. Mereka dituntut untuk berkerja cepat karena deadline yang biasanya cukup dekat, meja tanpa partisi dan berukuran besar akan memudahkan untuk penyerahan berkas antar asisten untuk melakukan finishing dari karya manga.
Logged
Pages: [1]   Go Up