;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Bentuk Mainan Inovativ Untuk Belajar Matematika  (Read 46 times)

tipsku

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 14
Bentuk Mainan Inovativ Untuk Belajar Matematika
« on: January 29, 2018, 05:26:03 pm »

Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan serta Pengetahuan Pendidikan (FKIP) Kampus Muhammadiyah Surabaya (UMS) mengajarkan siswa SD Muhammadiyah 18 Surabaya pelajaran matematika lewat media inovasi permainan, Senin (11/12/2017).

Mahasiswa itu tergabung dalam Relawan Matematika Asik (Rematika). Mereka membawa 12 media inovasi evaluasi matematika untuk dipraktikkan ke siswa SD.

simak juga : volume tabung

Anggota Rematika, Sinta Dwi Purnama serta Ianatus Zuhrufa mahasiswa semester III buat permainan untuk media evaluasi matematika yang diberi nama Merangka (Menara Perang Matematika).

Sinta menerangkan, Merangka bermaterikan mengkalkulasi volume serta luas permukaan bangun ruangan. Ada tujuh bangun ruangan yang jadikan contoh dalam permainan ini, diantaranya kubus, balok, prisma, limas, tabung, bola, serta kerucut.

“Permainannya serupa dengan ular tangga, tetapi memiliki bentuk dimodifikasi berupa piramida, ” kata dia.

related : rumus keliling lingkaran

Ada 64 kotak yang disusun dari angka paling kecil sampai paling besar hingga membuat piramida. Setiap kotak ini di beri warna berlainan sesuai sama warna yang ada pada dadu permainan. Dengan enam bagian dadu, jadi ada enam warna berlainan, yaitu biru, oranye, hijau, kuning, merah, serta ungu.

“Prinsipnya jalan naik, bukanlah maju. Pemain dapat tempati kotak asal dapat menjawab pertanyaan di setiap kotak, ” katanya.

Sinta mengungkap, berdasarkan hasil penelitian, siswa SD seringkali menjumpai masalah menghapal rumus bangun ruangan. Dengan permainan Merangka diinginkan jadi fasilitas evaluasi yang gampang serta mengasyikkan.

beraita terkait : rumus luas lingkaran

Sesaat guru Kelas V SD Muhammadiyah 18 Surabaya Ahmad Barizi menyebutkan, sejumlah 99 siswa kelas 5 ymencoba inovasi evaluasi ini. Karya mahasiswa itu pertama kalinya diuji-coba ke siswa.

“Kerja sama juga dengan UMS tetaplah berkaitan serta ini baru perjumpaan. Kelak bila guru SD Muhammadiyah 18 ingin pinjam media evaluasi tinggal datang ke universitas. Terlebih tempatnya dekat, ” katanya.
Logged
Pages: [1]   Go Up