;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Ini Dia Penjelasannya  (Read 80 times)

santilub

  • Kelasi
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Ini Dia Penjelasannya
« on: October 15, 2017, 06:26:06 pm »



Beberapa orang masih banyak yang mempertanyakan masalah bolehkah ibu hamil makan mie instan. Mengingat mie instan adalah makanan cepat saji yang praktis dikonsumsi saat sedang lapar. Bahkan di Tiongkok mie instan menjadi salah satu makanan pokok. Namun demikian, mengonsumsi mie cepat saji memang memiliki dampak baik dan buruk, termasuk bagi ibu hamil. Bahkan orang yang sedang tidak hamil pun dianjurkan supaya tidak sering mengonsumsi mie instan karena banyak mengandung zat kimia.

Apa Sebenarnya Kandungan dari Mie Instan Itu?

Sebenarnya zat-zat apa saja yang ada di dalam mie instan? Dikutip dari situs kesehatan Dedaunan.com, dalam satu kemasan mie instan, umumnya ada beberapa bumbu seperti bubuk cabai, minyak, garam, dan sayuran kering. Namun yang perlu Anda ketahui adalah rasa gurih dan nikmat pada mie instan berasal dari natrium karbonat, kalium karbonat, dan monosodium glutamate sebagai penguat rasa. Sedangkan untuk membuat mie menjadi kenyal, digunakan zat natrium polifosfat.

Jika Anda melihat di bagian belakang kemasan, mie instan sebenarnya mengandung beberapa zat gizi juga seperti vitamin A, B1, B6, C, B12, karbohidrat, lemak serat, zat besi, kalsium, dan asam folat. Lalu bukankah zat-zat tersebut juga dibutuhkan oleh ibu hamil? Benar. Tapi ibu hamil juga memerlukan gizi dan nutrisi tambahan dari sumber lain yang alami seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sebagainya.

Jadi, Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Mie Instan?

Pertanyaannya, bolehkah ibu hamil makan mie instan? Sebenarnya boleh saja, namun jumlah atau porsi makan mie instan juga perlu dikontrol. Jangan sampai terlalu sering karena mie juga mengandung zat-zat kimia yang tidak baik dampaknya untuk kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Ibu hamil membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan harian ibu dan janin. Selain dengan mengonsumsi buah dan sayuran, ibu hamil juga dianjurkan mengonsumsi makanan sehat lain seperti daging, ikan, susu, dan makanan lainnya.

Bagi Anda para ibu hamil yang ingin mengonsumsi mie instan, sebaiknya jangan lebih dari tiga kali seminggu. Ada pula beberapa tips yang perlu Anda perhatikan supaya zat-zat berbahaya yang terkandung dalam mie instan tidak sepenuhnya masuk ke dalam tubuh. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan saat membuat mie instan untuk ibu hamil.

1. Rebus mie instan menggunakan air yang lebih banyak dari biasanya. Kalau biasa usahakan dua kali lebih banyak dari takaran air pada petunjuk pembuatan. Setelah mie matang, buang airnya rebusannya.

2. Siapkan air panas di mangkok, lalu segera letakkan mie di mangkok tersebut supaya rasa khas mie tidak hilang.

3. Supaya nutrisi dan gizinya lebih banyak, ibu hamil juga dianjurkan untuk menambahkan beberapa bahan alami lain seperti sayuran, telur, tomat, mentimun, ayam, dan sebagainya. Selain rasanya lebih lezat, ibu juga bisa mengurangi efek negatif dari konsumsi mie instan.

4. Usahakan jangan menggunakan wadah yang terbuat dari plastik. Sebisa mungkin pindahkan ke mangkok atau piring supaya tidak ada risiko lain, karena apabila plastik meleleh karena suhu panas mie, dampaknya bisa berbahaya untuk kesehatan.

Sekarang giliran Anda yang mempertimbangkan dampak baik dan buruk mengonsumsi mie instan untuk diri Anda dan janin di dalam kandungan. Anda harus ingat, bahwa saat hamil bukan hanya kesehatan diri sendiri saja yang harus diperhatikan, tapi juga kesehatan dan keselamatan janin. Jadi kesimpulannya, bolehkah ibu hamil makan mie instan? Sekali lagi, boleh-boleh saja asalkan tidak berlebihan.

Selengkapnya tentang topik ini bisa dibaca di http://dedaunan.com/bolehkah-ibu-hamil-makan-mie-instan-ini-penjelasan-selengkapnya/
Logged
Pages: [1]   Go Up