;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: 1 2 3 4 5 [6] 7 8 9 10 ... 33   Go Down

Author Topic: Belajar Bahasa Jepang Dasar Memakai Buku Minna  (Read 107991 times)

y4y4h

  • Tomodachi
  • ****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 4.008
  • 5x10..together forever
Re: BELAJAR BHS JEPANG DASAR MEMAKAI BUKU MINNA NO NIHONGO
« Reply #50 on: January 23, 2009, 09:35:53 am »

minnasan..
hajimemashite
yayah desu
yoroshiku onegaishimasu

botuna-sen..mampir aja ni
rame jg ya ternyata yg mau belajar nihongo

yosh minna...ganbarimasho...!
Logged
A.RA.SHI....A.RA.SHI...mY Dream

akayas-chan

  • Chingu
  • **
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 1.413
  • minna..!!!panggil saya 'aya' dong!!!sayaka-chan de
Re: BELAJAR BHS JEPANG DASAR MEMAKAI BUKU MINNA NO NIHONGO
« Reply #51 on: January 23, 2009, 10:02:26 pm »

konichiwa minnasan..
ogenki desuka??

@akayas-chan
hajimemashite.. korekaramo yoroshiku ne...
hai.. mine de ii yo
ayachan to yonde ii desuka??


uun!!genki desu..mine-chan mo genki desu ka??
sore de ii yo..asal jangan panggil saya 'aka' ajah.. :) :)

yoosh..minna!!nihon-go wo benkyoshimasu!!dengan senseinya adalah botuna-sen.. ;D ;D
Logged

yaa~~ha~~!!kono futari wa honto kawaii >@< the lovely guardians!! [thumbsup] [thumbsup]
8096

botuna

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 198
  • Minasan! Nihongo, gambaro.. \\(^0^)//
Re: BELAJAR BHS JEPANG DASAR MEMAKAI BUKU MINNA NO NIHONGO
« Reply #52 on: January 24, 2009, 07:04:54 pm »

@y4y4h-san, irasshai!.. y4y4h-san mo ganbarimashou ne..!!

yoosh..minna!!nihon-go wo benkyoshimasu!!dengan senseinya adalah botuna-sen.. ;D ;D
hehe.. Aya-chan, kalo bentuk ajakan, pake ~mashou..lho! tokorode, ooen-shite kurete, arigatou ne! (Btw, trimakasih atas dukungannya!)

Wah! Para anggota di sini pada saling memberi semangat, ya! Saling mengajak belajar Nihongo.. Aku jadi makin semangat juga, nih! Dan, jadi ingin melontarkan pertanyaan yg tentu aja msh berhubungan dgn ini, hehehe...

Dlm Nihongo, basically, ada 2 cara utk mengajak, yaitu: ~masenka & ~mashou. Mis:
A: Ashita depaato e ikimasenka?
B: Ee, ii desune! Ikimashou!

Ada yg bs menjelaskan perbedaan dari kedua bentuk ini?

« Last Edit: January 24, 2009, 07:55:24 pm by botuna »
Logged

akayas-chan

  • Chingu
  • **
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 1.413
  • minna..!!!panggil saya 'aya' dong!!!sayaka-chan de
Re: BELAJAR BHS JEPANG DASAR MEMAKAI BUKU MINNA NO NIHONGO
« Reply #53 on: January 25, 2009, 02:46:32 pm »

sayaa~~!!saya~~!!tapi coba coba yaah.. ;D ;D

kalo yang '-masenka' itu ngajaknya belom sepenuhnya yakin,maksudnya sekalian nanya
terus yang '-mashou' itu ngajaknya udah beneran yakin, dan sekalian untuk menegaskan(sama aja yah bukannya?) :P :P

misalkan :
A : nee..ashita hiteki ga hajimeru yo,renshuu o ikimasenka?(hoi!besok ada pertandingan,dateng latihan nggak?)
B : mochiron desu yo! renshuu o ikimashou!(pasti lah..ayo dateng latihan)

kayak gitu bukan??nyontek pola botuna-sen sih.. :P :P
cuman buat perbanyak ingatan kata doang ;D ;D
trus kalo penggunaannya ada yang salah tolong dibetulin yaah..onegaishimasu minna! ;) ;)
Logged

yaa~~ha~~!!kono futari wa honto kawaii >@< the lovely guardians!! [thumbsup] [thumbsup]
8096

botuna

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 198
  • Minasan! Nihongo, gambaro.. \\(^0^)//
Re: BELAJAR BHS JEPANG DASAR MEMAKAI BUKU MINNA NO NIHONGO
« Reply #54 on: January 26, 2009, 11:01:28 am »

Aya-chan, hehe.. penjelasan yg cukup unik, tp betul kok! omedetou!! Selamat, ya!!
Jadi, '~masenka' itu dipakai waktu pertama kali mengajak, tp orang yg diajak belum tentu mau, lho! Shg, '~masenka' diterjemahkan: 'tdk mau ~'. Terus, '~mashou' dipakai utk mengajak memulai kegiatannya stl orang yg diajak tsb memang mau / memang sama2 tahu ttg suatu kegiatan yg akan dikerjakan. Mis. seorang sensei yg mengajak siswanya utk memulai pelajaran. Saat sensei tsb masuk kelas, dia pasti tidak akan berkata: 'hajimemasenka!' tp pasti berkata: 'hajimemashou' krn mereka berkumpul di kelas tsb memang utk belajar, & senseinya hanya memberi aba2 utk memulai kelas tsb.

A : nee..ashita hiteki ga hajimeru yo,renshuu o ikimasenka?(hoi!besok ada pertandingan,dateng latihan nggak?)
B : mochiron desu yo! renshuu o ikimashou!(pasti lah..ayo dateng latihan)
Hm.. 'hiteki' wa nandesuka? Hajimete kikimashita... Apa tuh 'hiteki'? Baru pertama kali ini saya mendengar kata itu, lho! 'pertandingan' wa Nihongo de 'shiai' desu. Kemudian, kita hrs berhati2 ttg pemakaian kata hajimeru (memulai) & hajimaru (mulai). Mis. jugyou O hajimeru (memulai pelajaran), jugyou GA hajimaru (pelajaran dimulai). Perhatikan pemakaian partikelnya. Kemudian lagi.. hehe.. renshuu o ikimasu juga kurang tepat. Untuk kata 'ikimasu' biasanya memakai partikel 'e', mis. depaato e ikimasu. Tp klo mau bilang 'pergi latihan' mjd: renshuu NI ikimasu. (Lihat buku Minna bab 13)
Kemudian, satu lagi yg membuat saya bingung adalah: besok kan pertandingannya mau dimulai, ttp kok kenapa pergi utk berlatih? Bukannya, pergi utk melihat pertandingan itu, hehe.. iya, kan? Aya-chan...
Jadi, kalimat di atas, menjadi:
A: Nee..! Ashita shiai ga hajimarimasu yo! Mi ni ikimasenka?
    (Hey! Besok pertandingannya dimulai, lho! Nggak mau pergi nonton?)
B: Mochiron desuyo! Ikimashou!
    (Pasti lah! Ayo pergi!)

P.S.: Dlm berkomunikasi dgn Nihonjin, hanya ada satu aturan yg kita ga boleh lupa, yaitu kita hrs berbahasa Jepang yg baik & benar, supaya mereka betul2 paham dgn Nihongo kita, dgn apa yg kita maksudkan. Semua ini dapat kita capai bila kita paham dgn baik apa yg tertulis di buku Minna no Nihongo.

Aya-chan, e-book wa mou yomimashitaka?
Logged

akayas-chan

  • Chingu
  • **
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 1.413
  • minna..!!!panggil saya 'aya' dong!!!sayaka-chan de
Re: BELAJAR BHS JEPANG DASAR MEMAKAI BUKU MINNA NO NIHONGO
« Reply #55 on: January 29, 2009, 07:14:00 pm »



A : nee..ashita hiteki ga hajimeru yo,renshuu o ikimasenka?(hoi!besok ada pertandingan,dateng latihan nggak?)
B : mochiron desu yo! renshuu o ikimashou!(pasti lah..ayo dateng latihan)
Hm.. 'hiteki' wa nandesuka? Hajimete kikimashita... Apa tuh 'hiteki'? Baru pertama kali ini saya mendengar kata itu, lho! 'pertandingan' wa Nihongo de 'shiai' desu. Kemudian, kita hrs berhati2 ttg pemakaian kata hajimeru (memulai) & hajimaru (mulai). Mis. jugyou O hajimeru (memulai pelajaran), jugyou GA hajimaru (pelajaran dimulai). Perhatikan pemakaian partikelnya. Kemudian lagi.. hehe.. renshuu o ikimasu juga kurang tepat. Untuk kata 'ikimasu' biasanya memakai partikel 'e', mis. depaato e ikimasu. Tp klo mau bilang 'pergi latihan' mjd: renshuu NI ikimasu. (Lihat buku Minna bab 13)
Kemudian, satu lagi yg membuat saya bingung adalah: besok kan pertandingannya mau dimulai, ttp kok kenapa pergi utk berlatih? Bukannya, pergi utk melihat pertandingan itu, hehe.. iya, kan? Aya-chan...
Jadi, kalimat di atas, menjadi:
A: Nee..! Ashita shiai ga hajimarimasu yo! Mi ni ikimasenka?
    (Hey! Besok pertandingannya dimulai, lho! Nggak mau pergi nonton?)
B: Mochiron desuyo! Ikimashou!
    (Pasti lah! Ayo pergi!)

P.S.: Dlm berkomunikasi dgn Nihonjin, hanya ada satu aturan yg kita ga boleh lupa, yaitu kita hrs berbahasa Jepang yg baik & benar, supaya mereka betul2 paham dgn Nihongo kita, dgn apa yg kita maksudkan. Semua ini dapat kita capai bila kita paham dgn baik apa yg tertulis di buku Minna no Nihongo.

Aya-chan, e-book wa mou yomimashitaka?

hiyahahahahahaha....yahari saya masih cengo ama yang ginian..cuman bisa ngedenger doang niih..ngomongnya kacau balau.. :D :D :D :D
'hitteki'(maap salah ketik) itu saya liat dari kamus saya botuna-sen...abis kata pertamanya 'hitteki' yah saya pake deh..kamus saya menyesatkan nih.. [hammer] [hammer]

itu(yang dibold) juga saya nggak ngerti botuna-sen..abis saya waktu dulu mau ada pertandingan malahan suruh latihan yang giat daripada ngeliat pertandingannya...nggak ngerti deh jalan pikir pengajar saya.. :D :D

ano..e-booknya bari saya baca ampe bab3 botuna-sen..masih dasar banget..nggak sempet waktunya sih(maklum..kompi dipake ganti2an).. :-[ :-[
Logged

yaa~~ha~~!!kono futari wa honto kawaii >@< the lovely guardians!! [thumbsup] [thumbsup]
8096

botuna

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 198
  • Minasan! Nihongo, gambaro.. \\(^0^)//
TEST #1 (bab 1~2), sono 1
« Reply #56 on: February 01, 2009, 11:44:08 pm »

Minasan, sambil nunggu yg lain, ini ada soal utk bab 1 & bab 2 buku minna no nihongo.
Silakan memilih satu jawaban yang betul. Selamat mencoba!  :)

1.ミラーさんは (a.エンジニア b.イギリス c.パワーでんき)じゃ ありません。
2.わたしは (a.びょういん b.ぎんこういん c.しゃいん)です。
3.あの ひとは (a.なん b.なんさい c.だれ)ですか。
  ・・・ワットさんです。
4.(a.おねがいします b.しつれいです c.ちがいます)が、おなまえは?
  ・・・たかはしです。
5.それは じしょですか。
  ・・・はい、 (a.これ b.それ c.あれ)は じしょです。
6.シュミットさんは (a.どなた b.おいくつ c.なん)ですか。
  ・・・はたちです。
7.わたしは さくらだいがくの (a.せんせい b.きょうし c.いしゃ)です。
8.さとうさんは がくせいですか。
  ・・・いいえ、(a.わたし b.あなた c.さとう)は 学生じゃ ありません。
9.あの かたは どなたですか。
  ・・・(a.グプタさん b.テレサちゃん c.やまだ)です。
10.これは (a.けんきゅうしゃ b.てちょう c.マリアさん)です。

Bagi yg blm bisa baca kana, boleh ngerjain soal ini sambil lihat tabel. Ga dosa, kok!  [biggrin] ;D
« Last Edit: February 02, 2009, 10:21:11 pm by botuna »
Logged

akayas-chan

  • Chingu
  • **
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 1.413
  • minna..!!!panggil saya 'aya' dong!!!sayaka-chan de

heeeem...botuna sen..ini buat dijawab di sini yaah??
kalo buat dijawab di sini boleh deh saya jawab.. ;D ;D

1) ミラーさんは(パワーでんき)じゃ ありません。
2) わたしは(びょういん)です。
3) あの ひとは(だれ)ですか。
  ・・・ワットさんです。
4) (しつれいです)が、おなまえは?
  ・・・たかはしです。
5) それは じしょですか。
  ・・・はい、(それ)は じしょです。
6) シュミットさんは(どなた)ですか。
  ・・・はたちです。(yang ini ngasal..nggak ngerti @.@)
7) わたしは さくらだいがくの(せんせい)です。
8) さとうさんは がくせいですか。
  ・・・いいえ、(さとう)は 学生じゃ ありません。
9) あの かたは どなたですか。
  ・・・(やまだ)です。(kayaknya ini semuanya juga bisa ya..saya pilih yang ini aja deh.. :-\ )
10)  これは (マリアさん)です。(masih ragu sih..mudah2an aja bener..:-\ )


oiya minna..kalo ada yang mau ngerjain soal yang dikasih ama botuna-sen juga jangan baca jawaban saya yaaah..biar jawabannya pake usaha minna-san sendiri.. ;) ;)
Logged

yaa~~ha~~!!kono futari wa honto kawaii >@< the lovely guardians!! [thumbsup] [thumbsup]
8096

amaguri

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 9.249
  • Sukoshi demo hito ni yaku ni tachitai

Maaf kalo salah tred.

Mau nanya, kalo buku yg dipake untuk ngajar bahasa Indonesia buat orang jepang biasanya apa ya?
Carinya dimana?

Need helep nih!

Kalo ada yg tau mohon pecerahannya.

4649
Logged

botuna

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 198
  • Minasan! Nihongo, gambaro.. \\(^0^)//

Hehe.. yg lain pasti ga bisa nyontek jawabannya Aya-chan, soalnya memang ga ada isinya, alias kosong! ???
Aya-chan, apa gw ga salah lihat, nih! Aya-chan sama sekali ga jawab apa-apa, lho! Cuma ada tanda kurung kosong aja! Apa mungkin ini yg terlihat dari komputerku saja, ya? Jadi bingung.. ???
Logged
Pages: 1 2 3 4 5 [6] 7 8 9 10 ... 33   Go Up