;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Yuk! Bersihkan Interior Mobil Agar Tetap Bersih Dan Harum  (Read 77 times)

TikasAwij

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 7
Yuk! Bersihkan Interior Mobil Agar Tetap Bersih Dan Harum
« on: August 11, 2017, 11:24:07 am »



Setiap bagian mobil, sangat penting untuk mendapatkan perawatan dan dijaga kebersihannya. Karena selain untuk membuat penumpangnya merasa nyaman, juga untuk mencegah kerusakan dini pada kendaraan bermotor kita. Namun, karena membutuhkan kesabaran dan ketelatenan ekstra, tidak jarang para pemilik mobil yang mengabaikan dan memilih untuk merawat bagian yang mudah dibersihkan saja.

Oleh karena itu, bagi Anda para pemilik mobil, luangkanlah sebagian dari waktu Anda untuk merawat dan membersihkan interior mobil kesayangan Anda agar tetap bersih dan harum dengan mengetahui beberapa tips sederhana berikut ini:


PLAFON

Salah satu dari bagian interior mobil yang juga sering terlewatkan saat membersihkan dan memberikan perawatan adalah langit-langit mobil atau plafon. Padahal bagian ini merupakan salah satu bagian yang sangat mudah sebagai tempat bersarangnya kotoran dan debu.

Bersihkan bagian langit-langit mobil ini menggunakan kain yang tidak terlalu basah dengan cara menggosoknya. Yang perlu Anda perhatikan adalah jangan sampai plafonnya terlalu basah saat menggosoknya, cukup di lap saja, karena lapisan luar plafon terbuat dari bahan sejenis kain wool yang bila terkena air akan menjadi lembap dan jika tidak dikeringkan hingga benar-benar kering maka bisa menimbulkan bau tidak sedap dan juga jamur. Beragam material yang berlapis-lapis dari langit-langit mobil ini membutuhkan perawatan khusus.

Oleh karena itu, setelah mengosoknya dengan kain basah, lap plafon tersebut dengan menggunakan kain kering yang bersih hingga benar-benar kering. Saat proses pengeringan, sebaiknya hindari penggunaan vacuum cleaner karena bisa menyedot kontur plafon yang akhirnya mengakibatkan konturnya bergelombang.


DASHBOARD

Salah satu interior mobil yang paling mudah terlihat kusam dan kotor adalah dashboard dan konsol. Karena bagian ini merupakan bagian yang mudah terkena paparan sinar matahari, terutama jika ketika Anda berkendara dengan kaca pintu yang terbuka atau parkir dengan kaca pintu yang juga terbuka saat siang hari.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di permukaan dashboard adalah dengan menggunakan kemoceng. Setelah itu gunakan kuas kecil untuk membersihkan debu dan kotoran di bagian-bagian yang sulit terjangkau, seperti lipatan di pojok dashboard atau blower AC. Kemudian Anda bisa melanjutkannya dengan menggunakan air hangat bersih atau cairan pembersih khusus dengan cara menggosok permukaan dashboard secara merata. Saat menggosok, usahakan jangan terlalu keras saat menekannya, karena bisa membuat permukaan dashboard baret. Setelah dirasa bersih, lap bagian-bagian yang basah tersebut dengan kain khusus agar kering sehingga tidak sampai meninggalkan flek di permukaan dashboard.

Setelah kering, Anda bisa mengoleskan cairan anti UV untuk memberikan perlindungan dan mengkilapkan permukaan dashboard dan konsol sekaligus untuk menjaganya dari kelembapan. Jika Anda hendak memarkir mobil, sebaiknya cari tempat yang teduh, tutup semua kaca pintu untuk meminimalisir dari terkena paparan sinar matahari dan debu. Dan jika Anda hendak memarkir mobil dan meninggalkannya untuk jangka waktu yang lama, sebaiknya gunakan tutup atau pelindung mobil.


JOK

Salah satu bagian interior mobil yang bisa mempengaruhi penampilan dan kenyamanan penumpangnya adalah jok. Namun sayangnya, bagian yang satu ini justru sering terlewatkan kebersihannya karena jarang mendapatkan perawatan.

Salah satu “cara” simpel yang seringkali digunakan oleh para pemilik mobil untuk menjaga keawetan jok mobilnya adalah melapisinya dengan menggunakan seat cover atau pelapis jok dengan bahan yang terbuat dari beludru dan kulit asli maupun imitasi. Namun yang juga perlu Anda perhatikan bahwa pelapis jok juga memerlukan perawatan yang tepat agar kondisinya tetap terjaga.


KARPET

Di bagian ini biasanya paling banyak menumpuk berbagai jenis kotoran, seperti tanah, pasir, dan kotoran lainnya. Hal ini dikarenakan karpet berfungsi sebagai alas kaki bagi para penumpangnya.
Karpet mobil ini biasanya dilapisi oleh alas kaki dari bahan yang terbuat dari karet. Alas kaki tersebut merupakan bagian yang paling mudah dibersihkan karena bisa dilepas atau dikeluarkan. Anda cukup mencuci bagian ini dengan sabun lalu disikat, kemudian keringkan.

Sedangkan untuk karpet mobil, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner yang bisa menyedot debu dan kotoran halus lainnya hingga benar-benar bersih. Tetapi yang perlu Anda perhatikan adalah jika karpet mobil tersebut basah hingga menyisakan noda atau terkena lumpur, maka proses pencuciannya harus secara menyeluruh. Dan sebagai solusi yang tepat Anda bisa memanfaatkan salon mobil untuk mengatasi hal ini.


PENGHARUM KABIN MOBIL

Setelah interior mobil dirasa bersih, kini saatnya Anda menggunakan pengharum ruangan khusus mobil. Anda bisa menempatkannya dengan cara digantung atau ditempel di permukaan dashboard. Pilihlah pengharum yang sesuai dengan aroma yang tidak terlalu menusuk dan menyengat karena justru bisa menimbulkan efek pusing sehingga bisa mengganggu konsentrasi Anda saat mengemudi. Kabin mobil yang bersih dan harum tentu saja akan membuat para penumpangnya merasa lebih nyaman selama perjalanan.


Itulah beberapa tips dan panduan yang bisa Anda lakukan dalam melakukan perawatan dan perbaikan mobil dan kendaraan bermotor terbaik Anda. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu agar kabin mobil Anda tetap bersih dan harum.
Logged
Pages: [1]   Go Up