;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: 1 [2] 3 4 5 6 ... 23   Go Down

Author Topic: belajar pemrograman dengan c++ (lanjutan:D)  (Read 49002 times)

setya5785

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 6.496
    • Setya5785's Daily Rants
Re: belajar pemrograman dengan c++ (lanjutan:D)
« Reply #10 on: November 22, 2007, 05:15:30 pm »

IDe yang bagus apa yah ?
da saran tri ?
mo coba2 maen c++ juga :D

mastery

  • Global Moderator
  • Senior Sailor
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 26.138
Re: belajar pemrograman dengan c++ (lanjutan:D)
« Reply #11 on: November 22, 2007, 08:32:36 pm »

salam kenal................

wah kbetulan ada tread belajar program, aku juga lagi belajar programming.
klo aku belajarnya pake pascal, apa bahasa pascal sekarang masi digunain ya ???
trus kelebihannya bahsa C++ dibandingin yang lain tu apa sich??


welcome... salam kenal juga :)

Pascal masih digunakan kog, terutama dalam "bentuk" Delphi

sebenarnya membandingkan kekurangan & kelebihan bahasa² pemrograman akan bersifat subyektif dan sangat bergantung pada domain di mana bahasa pemrograman tersebut digunakan... misalnya bahasa Assembler sangat cocok diterapkan dalam pembuatan driver dan aplikasi² embeded, namun akan sangat tidak cocok untuk web meski sebagai modul CGI... jadi sebaiknya kita menghindari perdebatan kelebihan bahasa pemrograman ini dibanding bahasa pemrograman itu dan sebaliknya, tetapi bagaimana kita menguasai suatu bahasa pemrograman secara mendalam sehingga kita bisa memanfaatkannya untuk membuat suatu aplikasi yg tepat-guna dan berperforma tinggi 8)

mastery

  • Global Moderator
  • Senior Sailor
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 26.138
Re: belajar pemrograman dengan c++ (lanjutan:D)
« Reply #12 on: November 27, 2007, 12:44:43 am »


...

btw, pertanyaan ku ga dijawab, cari sdk buat C++ ma IDE-nya ? yang bagus apa dan dimana ?

...


seingatku, dulu di forum yg lama (FI jg) aku - Arie - ama kamu, kan bahas Visual Studio/Visual C++ 2005 Express, Compiler+IDE gratis dari Microsoft, blom dapat CD-nya tah?? minta ke Arie aja ;)

anyway, sekarang udah muncul versi barunya loh: Visual Studio/Visual C++ 2008 Express

cek di sini:
Visual Studio 2008 Express --> http://www.microsoft.com/express/
Visual C++ 2008 Express --> http://www.microsoft.com/express/vc/

met download & ngehabisin bandwidth (ukuran iso-nya hampir 900 MB boo) ;D

setya5785

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 6.496
    • Setya5785's Daily Rants
Re: belajar pemrograman dengan c++ (lanjutan:D)
« Reply #13 on: November 27, 2007, 08:45:44 am »

lupa :D

ehm.... nyedot bandwith kampus ja ah ^_^

makasih....

riot

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 445
Re: belajar pemrograman dengan c++ (lanjutan:D)
« Reply #14 on: December 01, 2007, 04:18:28 pm »

ad ayang mo gw tanyain nih...
Code: [Select]
// vectors: overloading operators example
#include <iostream>
using namespace std;

class CVector {
  public:
    int x,y;
    CVector () {};
    CVector (int,int);
    CVector operator + (CVector);
};

CVector::CVector (int a, int b) {
  x = a;
  y = b;
}

CVector CVector::operator+ (CVector param) {
  CVector temp;
  temp.x = x + param.x; //bagaimana bisa diketahui bahwa
  temp.y = y + param.y; //x dan y disini adalah a.x dan a.y ?
  return (temp);
}

int main () {
  CVector a (3,1);
  CVector b (1,2);
  CVector c;
  c = a + b;
  cout << c.x << "," << c.y;
  return 0;
}
Logged
"For while comets move in very eccentric orbs in all manner of positions, blind fate could never make all the planets move one and the same way in orbs concentric..."
[Sir Isaac Newton]

mastery

  • Global Moderator
  • Senior Sailor
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 26.138
Re: belajar pemrograman dengan c++ (lanjutan:D)
« Reply #15 on: December 02, 2007, 12:21:33 am »

ad ayang mo gw tanyain nih...
Code: [Select]
// vectors: overloading operators example
#include <iostream>
using namespace std;

class CVector {
  public:
    int x,y;
    CVector () {};
    CVector (int,int);
    CVector operator + (CVector);
};

CVector::CVector (int a, int b) {
  x = a;
  y = b;
}

CVector CVector::operator+ (CVector param) {
  CVector temp;
  temp.x = x + param.x; //bagaimana bisa diketahui bahwa
  temp.y = y + param.y; //x dan y disini adalah a.x dan a.y ?
  return (temp);
}

int main () {
  CVector a (3,1);
  CVector b (1,2);
  CVector c;
  c = a + b;
  cout << c.x << "," << c.y;
  return 0;
}


pertanyaannya yg biru ini ya??

CVector CVector::operator+ (CVector param) {
  CVector temp;
  temp.x = x + param.x; //bagaimana bisa diketahui bahwa
  temp.y = y + param.y; //x dan y disini adalah a.x dan a.y ?
  return (temp);
}




jawabannya ada di definisi overloading operator itu sendiri... jelasnya:

untuk CVector a, b, c, operasi c = a + b diartikan sebagai c = a.operator+ (b);

artinya, b adalah param, a adalah object utama, so...

CVector CVector::operator+ (CVector param) {
  CVector temp;
  temp.x = x + param.x; //bagaimana bisa diketahui bahwa
  temp.y = y + param.y; //x dan y disini adalah a.x dan a.y ?
  return (temp);
}


temp = c, param = b, so jelas x & y = member dari a ;)

ruudra

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 13
Re: belajar pemrograman dengan c++ (lanjutan:D)
« Reply #16 on: December 04, 2007, 01:45:09 pm »

mamya dong.........

sebenernya kita menghitung kompleksitas algoritma untuk apa sih? apa hanya ingin lebih efisien??

trus sebuah program/aplikasi tu dibuatnya pake bahasa pemrograman,
nah klo bahasa pemrograman dibuatnya pake apa dong??

gpp kan yach, nanya hal2 yang dasar banget, soalnya aku masih pemula banget sih???
Logged

mastery

  • Global Moderator
  • Senior Sailor
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 26.138
Re: belajar pemrograman dengan c++ (lanjutan:D)
« Reply #17 on: December 04, 2007, 02:11:48 pm »

met bergabung ruu ;)

well, salah satu tujuannya seh emang untuk menemukan alternatif algoritma yg lebih efisien (tentu setelah kita mengetahui karakteristik algoritma kita)... tapi bukan itu aja, melakukan assesment terhadap kompleksitas algoritma juga membantu kita untuk memprediksi bagaimana performa algoritma/program kita untuk kelompok data dan proses tertentu, sehingga kita bisa "prepare" untuk berbagai kondisi yg kira² membuat program kita "KO"

...

hmm... bahasa pemrograman sebenarnya adalah "dialek" yg ditujukan untuk menyampaikan bahasa manusia ke bahasa mesin. Dalam praktiknya, penerjemah "dialek" ini lah yg membuat program yg sebenarnya dan penerjemah ini dinamakan Compiler... Compiler sendiri ada banyak jenisnya, misal untuk bahasa/dialek C/C++ tuh ada Microsoft C/C++, Microsoft Visual C/C++, Borland C/C++, GCC, dll... jadi intinya, compiler adalah produk/aplikasi/program, sedangkan bahasa pemrograman adalah rule/aturan/dialek.

sekarang pertanyaannya, compiler² ini dibuat pakai apa?... ya pakai compiler lain donk.

nah, compiler ini bisa saja compiler yg menerapkan dialek C, C++, Java, dll :)

riot

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 445
Re: belajar pemrograman dengan c++ (lanjutan:D)
« Reply #18 on: December 04, 2007, 09:24:38 pm »

Quote
temp = c, param = b, so jelas x & y = member dari a
oh ya, gw lupa. aksesnya kan pake a, jadinya x dan y emang member dari a (dasar...)
ternyata gw ngga merhatiin kali klo ada tred telematika dipindahin ke sini... :)
« Last Edit: December 04, 2007, 09:26:10 pm by riot »
Logged
"For while comets move in very eccentric orbs in all manner of positions, blind fate could never make all the planets move one and the same way in orbs concentric..."
[Sir Isaac Newton]

mastery

  • Global Moderator
  • Senior Sailor
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 26.138
Re: belajar pemrograman dengan c++ (lanjutan:D)
« Reply #19 on: December 04, 2007, 10:18:42 pm »

ini memang Telematika riot...

cuma ganti nama aja kog ;)
Pages: 1 [2] 3 4 5 6 ... 23   Go Up