;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1] 2   Go Down

Author Topic: Gimana cara bikin outline cerita?  (Read 4579 times)

vegaslas

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 43
Gimana cara bikin outline cerita?
« on: August 05, 2009, 07:49:37 pm »

Aku mau tanya nih:
1. apkh outline cerita itu = daftar isi?
2. Apkah outline cerita itu = daftar isi + penjelasan2 singkat tiap bab dan sub-bab?

3. Gimana contoh singkatnya outline cerita? Dikiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit aja... pleaseeeeeeee [lovestruck].. soalnya aku ga ada gambaran sama sekali nih....

thank you ya.... :D
Logged

Luna_TR

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.154
    • http://novelku.com
Re: Gimana cara bikin outline cerita?
« Reply #1 on: August 05, 2009, 09:53:09 pm »

kamu pernah dapet pelajaran mengarang dari SD kan? Nah apa aja yan diajakan diitu? Pernah diajarin kan tentang Kerangka Karangan (pasti pernah)? Outline ya kata lain dari Kerangka Karangan, dan beda dengan daftar isi

Nulis tuh ngak perlu segala macam teori. Pokoknya kamu ada ide, Tulis! Nggak perlu bingung dengan macam2 istilah dalam menulis. Atau kalo kamu butuh pedoman, pake aja pelajaran mengarang waktu sekolah. Nggak usah terlalu pusing dengan segala macam aturan/istilah dalam menulis. Nggak usah hapalin aturan tentang format tulisan, spasi, dll. kalo gak inget pake aja format standar di Ms Word. Mo pake outline/kerangka karangan dulu atau langsung ke cerita gak masalah, yang penting hasilnya.

Terus terang, gw ak pernah pake outline waktu nulis, langsung tulis ceritanya. sedang temen gw sesama penulis selalu bikin outlinenya dulu, tapi sama sekali nggak masalah. Mana gaya menulis yang nyaman buat kita aja, jangan meniru gaya orang lain kalo itu nggak cocok untuk kita.

Ngerti kan maksudnya intinya?
Logged

sakurazaki90

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 162
    • Sakurazaki's Corner
Re: Gimana cara bikin outline cerita?
« Reply #2 on: August 06, 2009, 04:16:24 pm »

Outline cerita sebenarnya mirip ringkasan cerita kok. Isinya ga usah terlalu mendetail, cukup inti2nya aja.

COntoh:

- Tini tukang jamu, sehari2 keliling kampung buat dagang jamunya
- Ketemu pangeran dr negeri far2 away
- mereka berantem karena suatu & berbagai hal
- akhirnya musuhan
- Tini curhat ke temennya soal si pangeran
- besoknya Tini diganggu preman
- pangeran dateng selametin Tini
- tumbuh benih2 cinta
dan seterusnya

zangetsuichigo13

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 61
Re: Gimana cara bikin outline cerita?
« Reply #3 on: August 14, 2009, 03:10:48 pm »

Outline cerita sebenarnya mirip ringkasan cerita kok. Isinya ga usah terlalu mendetail, cukup inti2nya aja.

COntoh:

- Tini tukang jamu, sehari2 keliling kampung buat dagang jamunya
- Ketemu pangeran dr negeri far2 away
- mereka berantem karena suatu & berbagai hal
- akhirnya musuhan
- Tini curhat ke temennya soal si pangeran
- besoknya Tini diganggu preman
- pangeran dateng selametin Tini
- tumbuh benih2 cinta
dan seterusnya

yup. aku kalo bikin cerita kadang bikin outline juga. aku pernah tanya sama salah satu pengarang yang cukup punya nama di fanfiction.net, cara nulis cerita yang bagus buat pemula. katanya, bikin outline, singkat aja, trus gambarkan sesuatu itu, baik baunya, rupanya,dll, dalam bentuk tulisan.
dia juga kasih tahu cara ngatasin writer block. tulis outline singkat. itulah!

mikochin

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 580
  • twin sista
    • Kandang Mikochin
Re: Gimana cara bikin outline cerita?
« Reply #4 on: August 14, 2009, 08:08:41 pm »

aku juga kadang2 mesti bikin outline dulu. abisny kadang2 inspirasi datang tiba2 gitu, trus kan nggak bisa langsung ditulis semuanya, jadi aku tuangin lewat outline gitu.
outline yg aku buat sih, yg poin2 juga kayak yg dicontohin sakura.
pokoknya buat aku sih outline bukan prosedur standar nulis, tapi lebih supaya aku nggak kehilangan ide yg udah terpikir sebelumnya.
Logged

ino2cent

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.404
  • SO HAPPY I COULD DIE
Re: Gimana cara bikin outline cerita?
« Reply #5 on: November 26, 2009, 10:11:26 pm »

gue sih pasti bikin outline. outline itu kayak peta udara, jadi kita bisa jalan-jalan di atas cerita yang akan kita jadikan novel dan ngeliat mana aja yang masih butuh perbaikan. selain itu, gue orangnya lupaan sih.... jadi semua2nya harus dicatet  :P
Logged


P I L L O W   T A L K
novel terbaru christian simamora, rilis JANUARI 2010

bilher

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 6
    • Toyota Production System
Re: Gimana cara bikin outline cerita?
« Reply #6 on: November 27, 2009, 12:29:25 pm »

ooo.... outline itu jadi membuat sebuah cerita jadi sistematis gitu tho :D

Eternia Dragon

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 280
Re: Gimana cara bikin outline cerita?
« Reply #7 on: November 27, 2009, 05:08:11 pm »

Yup, aku selalu nulis novel panjang. So outline is a must. Ga usah terstruktur, minimal ada corat-coretnya. Jadi fungsinya sebagai reminder. Soalnya kadang-kadang ide yang muncul itu ada di bab terakhir misalnya, sementara yang ditulis baru bab-bab awal. Jelas ide yang melayang liar itu perlu ditangkap dan ditulis. Dan masuklah ke dalam outline.
Logged

shiennyms

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 66
    • Ther Melian
Re: Gimana cara bikin outline cerita?
« Reply #8 on: November 28, 2009, 08:36:36 pm »

Learning how to write outline is very important, I learn a lot from this link http://www.charlottedillon.com/synopsis.html it's in English though  ;D
Logged
"A conniving thief and a devout knight, embarks on their journeys. As they cross path, who will fall? and who will rise as a hero?"

Became a fan of Ther Melian:
http://www.facebook.com/pages/TherMelian/240372134401?ref=mf
Ther Melian gallery : http://shiennyms.deviantart.com/gallery/#Ther-Melian

shii

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 59
  • .....
    • my official blog
Re: Gimana cara bikin outline cerita?
« Reply #9 on: November 29, 2009, 10:03:09 am »

saya sih ga pernah bikin outline pas nulis cerita.. semuanya ngalir apa adanya..
kecuali ya... kalo misalnya ada ide tiba2 buat bagian tengah ato akhir cerita.. padahal baru mengawali cerita.. (kayak yang eternia dragon bilang)... saya tulis aja idenya... siapa tau tar bisa dipake..
Logged
sedang memikirkan.. mau buat siggy apa, ya..
Pages: [1] 2   Go Up