;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1] 2 3 4   Go Down

Author Topic: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?  (Read 4871 times)

Benodhi

  • Chingu
  • **
  • Keong: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 1.888
  • I'm Your Worst Nightmare
    • JOYFUL JOY SEEKER
Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« on: September 25, 2009, 03:03:21 pm »

Dear all,

Kira2 hal apa aja sih yang mendorong kalian untuk menulis sebuah karya pertama kali?
Masih inget gak apa yang kalian tulis waktu itu dan kenapa kalian menulis karya itu?
Apa yang membuat kalian masih menjadi penulis hingga sekarang ini?
Kira2 hal2 positif apa yang telah kalian dapatkan selama kalian menulis?
Imajinasi yang lebih terasah, fokus yang lebih tajam atau apa gitu (kalo uang sih jangan diomongin lagi yah  [hmpfh] [hmpfh] [hmpfh])
Aku rasa sekian dulu pertanyaannya


Salam penuh cinta











Benodhi
« Last Edit: September 25, 2009, 03:19:41 pm by Benodhi »
Logged
GATAL DI KEPALA, GARUK - GARUK DI PANTAT
by
Ajahn Brahm

juunishi master

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.720
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #1 on: September 25, 2009, 06:45:14 pm »

Kira2 hal apa aja sih yang mendorong kalian untuk menulis sebuah karya pertama kali?
Ngg, apa yah, terasa ada kebutuhan penyaluran emosi ke suatu media. Waktu itu sih gitu.

Quote
Masih inget gak apa yang kalian tulis waktu itu dan kenapa kalian menulis karya itu?
Cerita ngaco semi-animorphs semi entah apalagi, tokoh2nya di-starring ama temen2 gw. Wkwkwkwk. Alasan kenapa waktu itu nulis, sbnrnya jahat juga sih, semacam gerakan sentimen bawah tanah ke salah satu temen gw--gw jadiin tokoh penjahat dia.

Quote
Apa yang membuat kalian masih menjadi penulis hingga sekarang ini?
Ngerasa gw bisa menulis semenjak merasa hasil tulisan gw diterima ama temen2 gw waktu dulu.

Quote
Kira2 hal2 positif apa yang telah kalian dapatkan selama kalian menulis?
Belajar soal logika dan hal2 yg membentuk baik buruknya tulisan, kalo gw mah.

Hehe.
Logged
"Boku wa... koko ni iru!"

elthewynn

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.079
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #2 on: September 25, 2009, 07:28:12 pm »

coba jawab juga aah~

Quote
Kira2 hal apa aja sih yang mendorong kalian untuk menulis sebuah karya pertama kali?

jujur aja, aq nulis pertama kali gara2 bosen hidup
bosen sama dunia yg gitu2 aja, bosen lyat muka yg itu2 aja, bosen sekolah, bosen lyat guru, bosen segala macam bosen numpuk dalam seminggu penuh pas aq masi SD (ni anak masi kecil aja uda ga bener, kwkwkw)
hasilnya aq nulis pas guru lagi sibuk ngoceh di depan kelas, hehehe
nyiptain dunia baru yang begitu indahnyaa~

Quote
Masih inget gak apa yang kalian tulis waktu itu dan kenapa kalian menulis karya itu?

inget banget dulu ntu bikin cerita horor (dulu kan booming buku2 Goosebumps tuh?)
cerita temen2 sekelas dibantai sama pembunuh berkepala labu, dst, dst

Quote
Apa yang membuat kalian masih menjadi penulis hingga sekarang ini?

sederhana aja, karena aq suka nulis ;D
uda ga bisa lepas, nyandu kali ye?

Quote
Kira2 hal2 positif apa yang telah kalian dapatkan selama kalian menulis?

hal positif?
apa yah, banyak dah
jadi tau banyak informasi, tau cara menjabarkan sesuatu lewat tulisan...
Logged

Benodhi

  • Chingu
  • **
  • Keong: 2
  • Offline Offline
  • Posts: 1.888
  • I'm Your Worst Nightmare
    • JOYFUL JOY SEEKER
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #3 on: September 25, 2009, 07:40:28 pm »

Ikutan juga ahh  [hmpfh] [hmpfh] [hmpfh]
Gak seru kalo TS gak ikutan juga  ;D ;D ;D

Kira2 hal apa aja sih yang mendorong kalian untuk menulis sebuah karya pertama kali?

Waktu itu gara2 doyan ma Goosebumps, Animorphs, novel2 geto deh dan juga Digimon n Pokemon
I want to live in my own fantasy world with so many strange creatures and powerful human!!!  ;D ;D ;D

Masih inget gak apa yang kalian tulis waktu itu dan kenapa kalian menulis karya itu?

Terinspirasi dari sana, gue buat cerita2 fantasy serba ngaco dari segi deskripsi, alur cerita dan lain sebagainya  [hmpfh] [hmpfh] [hmpfh]
Yang starring juga temen2 SMP gue (kayaknya kebanyakan pada temen2 sendiri yah untuk karya pertama gitu)
Dan sampai sekarang, setelah mengalami modifikasi bertahun2, konsep ceritanya makin lama makin terbentuk (syukur lah)


Apa yang membuat kalian masih menjadi penulis hingga sekarang ini?

Karena belum ada yang menerbitkan cerita gue itu  ;D ;D ;D
Gue harus terus berusaha untuk memperbaikinya hingga suatu saat nanti selesai dan gue sangat yakin untuk mengirimkannya ke penerbit

Kira2 hal2 positif apa yang telah kalian dapatkan selama kalian menulis?

Logika gue semakin terasah, kemampuan untuk merangkai kata semakin bertambah
Sensitivitas terhadap kondisi lingkungan juga semakin meningkat
Gue juga jadi orang yang bisa berpikir out of the box untuk membentuk rangkaian kata2 yang tidak biasa digunakan sehingga menjadi terdengar sebuah kalimat yang masuk akal dan berarti
Imajinasi jangan ditanya lagi, semakian liar setiap malemnya (bis dapet inspirasinya sebulm tidur melulu sih  [hmpfh] [hmpfh] [hmpfh])
Logged
GATAL DI KEPALA, GARUK - GARUK DI PANTAT
by
Ajahn Brahm

mikochin

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 580
  • twin sista
    • Kandang Mikochin
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #4 on: September 26, 2009, 08:51:02 am »

Karena aku punya koleksi majalah Bobo dari umur 4 taun gitu, jadi cerpen2 yg kubaca jauh banyak dibanding temen yg baca mulai sd, akhirnya cerpen2 yg menarik dan masi kuingat, kutulis ulang pas pelajaran kosong (ato mbosenin :P) trus ditunjukin k temen.

lama2 bosen dan aku keabisan cerita yang diingat, dan beraniin diri buat bikin sendiri.
[winner] [winner]

itu kira2 pas kelas 2 sd.
Logged

WongF

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 196
    • Fenny Loves to Write
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #5 on: September 26, 2009, 11:41:13 pm »

Kira2 hal apa aja sih yang mendorong kalian untuk menulis sebuah karya pertama kali?
Masih inget gak apa yang kalian tulis waktu itu dan kenapa kalian menulis karya itu?
Apa yang membuat kalian masih menjadi penulis hingga sekarang ini?
Kira2 hal2 positif apa yang telah kalian dapatkan selama kalian menulis?
Imajinasi yang lebih terasah, fokus yang lebih tajam atau apa gitu (kalo uang sih jangan diomongin lagi yah  [hmpfh] [hmpfh] [hmpfh])
Aku rasa sekian dulu pertanyaannya

mmm.... i think just loved writing.. that's all...
awalnya nulis, gw nggak kepikiran sama sekali dapet royalti dsb2... gw cuma pingin nulis.. waktu itu gw masih kelas 5 SD dh. temen bae gw ada yang suka nulis, dan berawal dari ikut2an, lama2 gw jg jadi kecanduan.
hal positifnyaaa.. apa ya? berhubung bagi gw nulis itu seperti sebuah kebutuhan, jadi kalau nulis rasanya puass  [lovestruck]
Logged
OFFICIAL AUTHOR BLOG: <a href="http://fennywongjournal.blogspot.com">Fenny Loves to Write</a>

vegaslas

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 43
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #6 on: September 27, 2009, 06:51:37 am »

Kira2 hal apa aja sih yang mendorong kalian untuk menulis sebuah karya pertama kali?

Karena gw terinspirasi banget oleh Raditya si penulis Kambing Jantan yg pernah terima penghargaan the best blogger atau apalah. Jadi gw awalnya juga nulis cerita gw di blog gw (untung ga dibajak orang laen ;D.). lama2 gw tawarin ke penerbit2 dan sempat ditolak beberapa penerbit, ampe ada juga penerbit di Jl. Kartini, Jakarta, yg ampe NGILANGIN karya gw tsb. Ceritanya, stlah gw krm, trus beberapa bulan kemudian karena ga ada kabar gitu, gw tlp, dan mereka kayak ga tau apa2 karena orang yg dulu nanganin naskah gw udah keluar kerja. Damn!!! [ranting] Akhirnya untunglah ada salah 1 penerbit yg mau nerbitin karya gw, dan sekarang udah masuk cetakan ke-2 :D [lovestruck]

Masih inget gak apa yang kalian tulis waktu itu dan kenapa kalian menulis karya itu?

Karya horor, hasil dari imajinasi gw, dan ada juga yg mantan temen gw yg suka jatuhin gw di depan umum gw jadiin korban pembunuhan SUPER SADIS oleh SETAN di cerita gw tsb  ;D. Nama korbannya pun asli nama mantan temen gw tsb ;D


Apa yang membuat kalian masih menjadi penulis hingga sekarang ini?

Terus terang, gw skarang rada ragu buat nerusin jadi penulis karena:
1. royalti yg diterima kurang gede ;D
2. Gw pernah ngalamin masalah distribusi yg kurang baik dari buku gw tsb, dan gw ampe SEKARANG ga tau harus koordinasi ama siapa atao gimana nyelesaikan masalah distribusi buku gw tsb :-[

Kira2 hal2 positif apa yang telah kalian dapatkan selama kalian menulis?
Imajinasi yang lebih terasah, fokus yang lebih tajam atau apa gitu (kalo uang sih jangan diomongin lagi yah  [hmpfh] [hmpfh] [hmpfh])

...hmmm... yg jelas gw ada kepuasan dan kebanggaan karena akhirnya karya gw bisa diterbitkan dan cukup digemari masyarakat luas, trus gw dapet duit juga.. ;). Kalo bahasa gw sih kayaknya masih ga bagus2 amat bhs Indo gw..hehehehe...


Nice Thread! [thumbsup]











Benodhi
Logged

Erdyon

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 22
    • Aestera Forum
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #7 on: September 27, 2009, 03:39:25 pm »

Dear all,

Kira2 hal apa aja sih yang mendorong kalian untuk menulis sebuah karya pertama kali?

Dulu awalnya malah ga suka nulis, walaupun pas masih sekolah suka gambar2 bikin komik (emang sih, ada unsur bikin ceritanya). Kepancing niatnya dulu ketika di sebuah forum ada yang bikin cerita kolaborasi. Post2nya dikit2, masih berupa script dialog doang, dan ceritanya juga ancur2an ga karuan gitu deh.  [hmpfh] Tapi gara-gara itu, minat nulis jadi tumbuh....

Quote
Masih inget gak apa yang kalian tulis waktu itu dan kenapa kalian menulis karya itu?

Seperti udah disebutin di atas, karyanya karya bersama. Ceritanya sih tentang sebuah universitas di dunia fantasi yang ada unsur magic2nya gitu deh. Kenapa ikutan nulis, awalnya beneran sekedar ikut2an doang. Just for fun.

Quote
Apa yang membuat kalian masih menjadi penulis hingga sekarang ini?

Udah sempet berhenti selama 3 tahun-an. Sekarang baru niat nulis lagi. Jadi kayaknya agak susah jawab pertanyaan satu ini... ^^;

Quote
Kira2 hal2 positif apa yang telah kalian dapatkan selama kalian menulis?
Imajinasi yang lebih terasah, fokus yang lebih tajam atau apa gitu (kalo uang sih jangan diomongin lagi yah  [hmpfh] [hmpfh] [hmpfh])
Aku rasa sekian dulu pertanyaannya

Apa ya. Kebanyakan cerita yang gue buat itu adalah cerita kolaborasi. Manfaat yang gue terima adalah :
1. Belajar untuk bekerja sama. Karena ceritanya milik bersama-sama, belajar nahan ego dan memahami kehendak penulis lain itu jadi sangat penting.
2. Pastinya bikin imajinasi lebih terasah.
Logged
Aestera Forum - World of Dreams
http://www.aestera.net/forum
Tempat penulisan novel kolaborasi, novel non kolaborasi, puisi, dan sarana diskusi hobi-hobi lainnya.

kurobalap

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 609
  • Aku ingin menggantikan sinar bintang!!!
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #8 on: October 01, 2009, 06:41:35 pm »

Wkwkwkwk, pertanyaan nostalgia, menarik  [thumbsup]

Quote
Kira2 hal apa aja sih yang mendorong kalian untuk menulis sebuah karya pertama kali?

Mau balas dendam sama, err... jgn dibicarakan deh, ntar gw dikutuk jadi batu  :D

Quote
Masih inget gak apa yang kalian tulis waktu itu dan kenapa kalian menulis karya itu?

Ancient: The Promise from the Past, sekarang lagi tunggu respon dari penerbit

Quote
Apa yang membuat kalian masih menjadi penulis hingga sekarang ini?

ga tahu, mungkin karena aku bisa membuat orang mengerti "apa yang kumaksud". Soalnya rata-rata orang pada salah paham mulu sih... Yup, abnormal kali ya gw ini ;D

Quote
Kira2 hal2 positif apa yang telah kalian dapatkan selama kalian menulis?

yg pasti gw jadi orang paling misterius di kampus, dan paling aneh, dengan gaya bicara yg buat orang sampe "ngowoh". Yah, kadang ga enak juga sih, sekali aku bicara, entah kenapa orang2 di sekelilingku langsung diam untuk mendengarkan. Kayak mau dengerin berita bencana alam di TV =="

Logged
It is the official blog of my novel entitled "Ancient: The Promise From The Past". You can read it for free :)

juliettehasagun

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 118
  • My Bleeding Romeo
    • Personal Blog
Re: Apa yang Memulai Kalian Menjadi Penulis?
« Reply #9 on: October 15, 2009, 11:14:14 am »

Dear all,

Kira2 hal apa aja sih yang mendorong kalian untuk menulis sebuah karya pertama kali? 

waktu itu kelas 5 SD di Semarang, disuruh guru untuk ikut lomba ngarang. Padahal gue pengennya ikut lomba nggambar. Nggak menang, sih. Tapi dipuji guru, katanya "lebih bagus daripada tulisannya wakil kelas 6"  ;D Anak SD digituin booooo...... alhasil jadinya seneeeng banget en jadi belajar-belajar nulis gitu deh.

Quote
Masih inget gak apa yang kalian tulis waktu itu dan kenapa kalian menulis karya itu?

Something tentang desaku.......  ;D

Quote
Apa yang membuat kalian masih menjadi penulis hingga sekarang ini?

banyak hal, sih.
1. gue emang suka nulis, en rasanya itu satu-satunya kemampuan gue yang rada-rada di atas orang kebanyakan, selain kemampuan untuk cepat jatuh tidur dalam angkot, macet sekalipun.... eh itu bukan kemampuan yang bisa dibanggakan, ya :p

2. Sekitar dua tahun yang lalu, temen gue datang en bilang, cerpen gue bagus banget en bikin dia nangis. Gue kaget ngedengerinnya. Ternyata, gue bisa ya memengaruhi orang secara emosional. Terus juga waktu nulis cerita bersambung di sebuah forum, banyak yang suka... yah emang nggak banyak buanget buanget sey, tapi ini membangun semacam kesadaran di gue. Kenapa gak gue menulis untuk menguasai dunia... eh salah, maksudnya memengaruhi pemikiran orang banyak jadi baik, dong...

So at least, kalau gue meninggal, Insya Allah tulisan gue jadi legacy gue. Syukur-syukur dapat nobel deh. :p *ngarep*

3. The money is not bad lah..... syukur-syukur kalau bisa nyamain Rowling. (Amiiiinn *ayo bacaain ‘Amin’, dong!)


Quote

Kira2 hal2 positif apa yang telah kalian dapatkan selama kalian menulis?
Imajinasi yang lebih terasah, fokus yang lebih tajam atau apa gitu (kalo uang sih jangan diomongin lagi yah  [hmpfh] [hmpfh] [hmpfh])
Aku rasa sekian dulu pertanyaannya


Salam penuh cinta

Gue gatel kalau ngeliat tulisan yang jelek. Pengennya gue hajar aja. Secara bahasa, gue juga jadi lebih sensitif. Gue sekarang lebih banyak nulis cerita anak-anak en remaja, jadi gue rasa, gue lebih care pada dunia anak-anak gitu sekaligus gue lebih suka baca cerita anak-anak daripada cerita orang tua.

*padahal jadi ibu2 aja belum*

Love to you tooo










Benodhi
[/quote]
« Last Edit: October 15, 2009, 11:29:24 am by juliettehasagun »
Logged
Tentang Buku dan Cerita Misteri Indonesia Jejak Darah
Twitter: @deetopia
Personal Blog: Deetopia
Pages: [1] 2 3 4   Go Up