;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1] 2 3 4 5 ... 9   Go Down

Author Topic: Tata cara membuat novel yang benar?  (Read 46964 times)

fanny_21

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 405
Tata cara membuat novel yang benar?
« on: September 30, 2009, 03:01:16 am »

All mau nanya nih...
Gimana sih format novel yang bener??
Kalo A4, marginnya berapa??
1 bab biasanya berapa lembar c??
Boleh gak tiap bab tuh beda2 panjangnya??

Itu dulu deh...
 [thumbsup]
Logged

Luna_TR

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.154
    • http://novelku.com
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #1 on: September 30, 2009, 06:45:58 am »

Emang ada ya cara bikin novel yang bener? baru tau tuh..... :-)

Nulis novel itu bukan matematika. Nggak ada teori yang pasti. Tapi kalo mo tau juga, yang umum dipake tuh rata2 pake format A4, 1,5-2 spasi, huruf bebas asal bisa dibaca (tapi lebih baik pake huruf standar aja kayak Arial atau Times New Roman). Margin dll itu standar aja yang ada di MS Word. Tapi format ini juga nggak baku kok, bisa disesuaikan sesuai kebutuhan, dan sikon.

Sebelumnya lo harus tau dulu, untuk apa sih sebuah novel dibagi dalam Bab2? Kenapa nggak terus aja tanpa ada pembagian? Setiap Bab biasanya berisi satu adegan cerita. satu adegan dalalm novel itu bisa panjang, bisa pendek. Jadi tergantung adegan yang ditulis, itulah panjang 1 Bab, bukan tergantung halaman. ada Bab yang panjang (sampe 10 halaman) tapi ada juga yang pendek (1 halaman).

Saran gw sih, kalo nulis gak usah pikirin format tulisan atau tetek bengeknya. Tulis aja dulu apa yang ada dipikiran lo, gak usah mikir yang lain. Kalo lupa format2 yang diatas, pake aja format standar MS WORD (Gw juga dari dulu nulis selalu pake format standar MS Word, gak pernah dirubah2). Itu udah cukup kalo mo dikirim ke penerbit. Penerbit juga nggak terlalu kaku soal format kok. Bagi mereka yang penting isi ceritanya, bisa dibaca dan tampilannya rapi (maksudnya gak berantakan susunan kata2nya), jadi kalo berbeda dikit dengan apa yang mereka tentukan, gak masalah. apalagi kalo ceritanya bener2 bagus dan layak terbit, mereka gak peduli soal format teknis...

Selamat menulis
Logged

fanny_21

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 405
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #2 on: September 30, 2009, 11:16:58 am »

Hahaha, maklum pemula :D
Tp Luna, baru tadi g ambil novel g dr GPU. bis kelamaan n mau g format. Dan ternyata astaga...
Uda lama tuh novel g ngetem di GPU. Tp kayaknya cumA di baca 3 lembar pertama doank. Ckckckc.
Ktny c bhs g dah bgs, cuman ceritanya krg logis ktnya :'(
Biz mang cerita novel tuh mesti logis ya?
Mesti diceritain gt dari awal kenapa dari A bisa jadi Z?
Ga seru donk...
Heran, masa baru baca 3 lembar pertama udah memutuskan novel g ga layak terbit [annoyed]
Untung aja udah g tarik sebelum ditolak, kalo ga nangis konghu g. wkwkwk
krm ke mana ge ya? g c lg ngetik ulang. Hahaha.
U biasa krm kemana? GPU ya?
Logged

juliettehasagun

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 118
  • My Bleeding Romeo
    • Personal Blog
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #3 on: October 15, 2009, 12:44:59 pm »

Hahaha, maklum pemula :D
Tp Luna, baru tadi g ambil novel g dr GPU. bis kelamaan n mau g format. Dan ternyata astaga...
Uda lama tuh novel g ngetem di GPU. Tp kayaknya cumA di baca 3 lembar pertama doank. Ckckckc.
Ktny c bhs g dah bgs, cuman ceritanya krg logis ktnya :'(
Biz mang cerita novel tuh mesti logis ya?
Mesti diceritain gt dari awal kenapa dari A bisa jadi Z?
Ga seru donk...
Heran, masa baru baca 3 lembar pertama udah memutuskan novel g ga layak terbit [annoyed]
Untung aja udah g tarik sebelum ditolak, kalo ga nangis konghu g. wkwkwk
krm ke mana ge ya? g c lg ngetik ulang. Hahaha.
U biasa krm kemana? GPU ya?

Kedengerannya jahat, ya. Tapi gue sebagai pembaca juga gitu, kok. Kalau halaman awal-awal udah gagal menarik perhatian gue, gue nggak mau nerusin baca alias gue gak akan beli.

Yup. Cerita harus logis. Bukan berarti harus dimulai dari A terus Z. Kamu bisa aja mulai dari R, terus flashback ke C. Jalan terus kemudian flashback lagi ke A, dstnya. Yang gak gak logis misalnya tokoh utamanya kesulitan duit mendadak ia ketemu prajurit tua yang sedang sekarat. Eh ternyata prajurit itu punya harta karun. Eh ternyata lagi prajurit itu ayahnya yang hilang. Please deh. :p 


Logged
Tentang Buku dan Cerita Misteri Indonesia Jejak Darah
Twitter: @deetopia
Personal Blog: Deetopia

fanny_21

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 405
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #4 on: October 16, 2009, 03:27:14 pm »

Hahaha. Iy c. Tp kan tega nian gt... Hhehe. Seenggaknya bc dl gt, ngasih tau yg mana yg salah kan enak. hahaha. mksd nya ga logis itu dia ga ngerti cerita g sbnrnya gmn. hahaha.
Logged

juunishi master

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.720
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #5 on: October 16, 2009, 09:47:38 pm »

Heran, masa baru baca 3 lembar pertama udah memutuskan novel g ga layak terbit [annoyed]

Dr mana ketahuannya dia cuma baca tiga lembar pertama? ???

Hehe.
Logged
"Boku wa... koko ni iru!"

fanny_21

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 405
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #6 on: October 18, 2009, 10:40:55 am »

Hahah. nebak c.
pertama, komentar dia cuman sampe 3 lembar pertama novel g.
kedua, novel g kan dibagi 3 rangkap. n tiga2nya masih bersih, kinclong, gda cacat sedikit pun.
ketiga, kalo dia mang baca ampe habis, dia pasti ngerti ceritanya gimana dan gak bakal komentar di awalnya.
(Hypotesis banget [hmpfh])

yah dari ketiga pemikiran itu lah g menyadari dia hanya membaca 3 lembar pertama. hahaha
Logged

juliettehasagun

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 118
  • My Bleeding Romeo
    • Personal Blog
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #7 on: October 19, 2009, 10:34:27 am »

Hahaha. Iy c. Tp kan tega nian gt... Hhehe. Seenggaknya bc dl gt, ngasih tau yg mana yg salah kan enak. hahaha. mksd nya ga logis itu dia ga ngerti cerita g sbnrnya gmn. hahaha.

Hihihi..... tanya dwong gak logisnya di mana.
Logged
Tentang Buku dan Cerita Misteri Indonesia Jejak Darah
Twitter: @deetopia
Personal Blog: Deetopia

fanny_21

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 405
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #8 on: October 20, 2009, 09:32:19 am »

@juliette: wkt g tanya, dia ga ngasih jawaban. cuman cengar-cengir. hahaha
Logged

juunishi master

  • Chingu
  • **
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1.720
Re: Tata cara membuat novel yang benar?
« Reply #9 on: October 20, 2009, 09:58:37 am »

@juliette: wkt g tanya, dia ga ngasih jawaban. cuman cengar-cengir. hahaha
Kalo masih penasaran dgn naskahmu, kyknya orang2 di sini gak keberatan deh kalo jadi proofreader buat naskahmu. Kamu pernah ngasih naskahmu ke proofreader buat dibaca dan dikomentarin sblm dikirim ke GPU kemarin ini?

Hehe.
Logged
"Boku wa... koko ni iru!"
Pages: [1] 2 3 4 5 ... 9   Go Up