;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: 1 [2] 3 4 5   Go Down

Author Topic: Hati2 buat yg mau jadi penulis  (Read 8141 times)

juliettehasagun

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 118
  • My Bleeding Romeo
    • Personal Blog
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #10 on: November 30, 2009, 03:43:11 pm »

Aku ngerti perasaan TS, apalagi kalau masih baru gitu semangat nulis tinggi, semangat nerima duit lebih tinggi lagi.  [biggrin]
Saranku, kalau emang butuh duit cepat, mending minta sistem beli putus aja. Jadi duit diterima dengan cepat dan jelas. Tapi ya mungkin jumlah duitnya nggak sebesar royalti. mungkin. nanti tinggal nego aja berapa kemampuan penerbit dan maunya penulis. oh, ya. kalau misalnya emang lagi butuh duit banget, sebenarnya bisa kok minta ke penerbit untuk uang muka. ntar dipotong dari royalti. tapi sekali lagi, itu tergantung gimana nego sama penerbit aja.

sebagai gambaran, aku pernah ngejual naskahku dalam bentuk beli putus, bukan karena aku yang minta gitu, tapi dari penerbitnya minta gitu. aku sih gak masalah karena emang yang aku kejar bukan duit, tapi eksisnya aku sebagai penulis. now, i'm working on new titles for them. masih gak tahu bentuknya royalti atau beli putus.  :P

en btw, proses penerbitannya juga makan waktu lama... mungkin karena bukan penerbit besar kali ya. dari naskah masuk, nunggu keputusan sampai oke terbit (tapi belum kontrak), makan waktu satu taon.  ;D tapi aku sih cuek aja, soalnya sambil nunggu, aku bawa nulis naskah lain. kalau nunggu sampai jelas-jelas terbit, bisa lumutan deh.  [hammer] hehehehe.. malah curhat  :o
Logged
Tentang Buku dan Cerita Misteri Indonesia Jejak Darah
Twitter: @deetopia
Personal Blog: Deetopia

KuRa2

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2.713
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #11 on: November 30, 2009, 05:15:12 pm »

aih, masuk ke forum ini lagi akhirnya...
membaca postingan TS kok aku merasa ada yang bikin aku ngerasa gimana gitu...kok kayaknya nulis itu dijadikan sesuatu untuk ngejar materil...

bukannya mau munafik, aku juga mau lah kalo dari nulis bisa sampe beli laptop seperti kata Mas Luna, tapi kan semua juga butuh proses yang nggak gampang.
Jadi penulis memang susah. Ada yang bilang gitu ke aku. Butuh perjuangan ditolak, nggak tidur berapa malem cuma buat ngejar naskah kelar, badan pegel" apalagi kalo kena writer's block. Tapi semua itu kan bisa dinikmati. Dan memang harus sabar juga.

Jadi kalo kamu emang cuma mau cari duit dari nulis, tapi pemikirannya kayak gitu, aku sih nyaranin mending kamu kerja aja kantoran, gajinya lumayan, pasti dapet tiap bulan, bisa aja naik juga kalo pangkat naik.

hehehe, cuma sekedar pemikiran aja
kalo aku sih nulis ya karena pengen nulis
sukur-sukur kalo bisa dapet duit dari sana....
tapi bukan berarti nggak mau berusaha ke sana...

berjuang aja deh bro

bonmedo

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 75
    • Xar & Vichattan at Adhika Pustaka
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #12 on: November 30, 2009, 06:30:32 pm »

Menulis sama aja koq kaya kerjaan lain. Semuanya mulai dari bawah, perlu modal usaha, ntah itu materil atau spiritual, dan sperti kerjaan2 yg lain, semua dimulainya kecil dan dengan usaha dan kerja keras yg berkesinambungan lama2 akan menjadi besar. Dan, sama juga seperti usaha dan pekerjaan yg lain, anda bisa sukses ataupun gagal total. Tinggal tergantung seberapa banyak kamu mau mengorbankan diri untuk ini.

rd_Villam

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 962
  • I'm just a dreamer.
    • A Wond'rous World Where I'd Like To Be
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #13 on: November 30, 2009, 09:31:07 pm »

ya, mari berhati-hati.
dan ya, kalo kapok, ya mending berenti aja daripada makan ati...
maybe it's not your passion. that's all.  :)

Eternia Dragon

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 280
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #14 on: December 01, 2009, 09:18:30 am »

Koreksi Villam...

Maybe it's not your dream at all...

Begitu kata abah Coelho di Alchemist
Logged

akire

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2.606
  • bweee.....
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #15 on: December 09, 2009, 12:58:36 pm »

ada satu yg perlu TS ketahui :

Kalo mau cari duit dan jd kaya, JANGAN JADI PENULIS!!!

emg byk penulis yg bs kaya dg royalti buku, tp liat dunk bro usaha mreka sebelum berhasil, dan liat jg mutu tulisan mreka....

dulu awal2 aku mau bikin buku, aku slalu teringat kisah penulis sukses yg tulisannya ditolak sama 25-an penerbit (klo aku udh stres tuh).

so,menulis itu hobi, efek sampingnya bisa ngasilin duit,tp klo msh pemula (apalagi blm prnh bikin buku) jgn berpikir dulu soal "Aku Bisa Kaya Dengan Menulis"........menulis itu dr keinginan menuangkan ide di otak, nuangin imajinasi ke dlm tulisan, bukan 'cari uang'....ok?
Logged

rd_Villam

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 962
  • I'm just a dreamer.
    • A Wond'rous World Where I'd Like To Be
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #16 on: December 09, 2009, 05:20:37 pm »

sebenernya gak ada salahnya kok seorang pemula berpikir soal 'aku bisa kaya dengan menulis'. itu hak kok. itu mimpi, dan segala sesuatu memang dimulai dari mimpi. nyang penting kemudian gimana niat dan usahanya, dan sejauh mana ketahanannya terhadap cobaan. (halah... lebay...)

Eternia Dragon

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 280
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #17 on: December 10, 2009, 01:01:56 am »

Yup, jujurnya kadang aku juga mimpi jadi JK Rowling. Uhuy tuh mbok kaya banget cuma gara-gara nulis bocah kacamata yang ngalahin penyihir kaliber superman botak. Gua rela ngirim ke ratusan penerbit asal bisa jadi kaya gitu.

Tapi emang ga segampang itu mewujudkan mimpi. Lagian legend tiap orang ga sama. Tapi mimpiin JK Rowling lagi mandi duit, hoho, itu bensin buat nafsu nulis gue.
Logged

akire

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2.606
  • bweee.....
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #18 on: December 10, 2009, 03:47:43 pm »

emg ga ada salahnya berpikir jadi kaya dg cara menulis.
takutnya tuh ntar kayak si TS, begitu apa yang diharapin gak sesuai kenyataan (royalti yg mnurut TS terlalu minim) terus jgn2 mlh males menulis lg. Padahal mungkin sebenarnya tulisannya bagus.

klo penulis, apalagi pemula terlalu berharap dg honor besar, ntar kalo gak kesampaian kan kecewa, kasian juga.

jadi klo mau bikin buku/jadi penulis, opstimislah tapi juga pesimislah dalam satu watu, dg harapan ketika berhasil anda akan bersyukur tapi ketika gagal itu datang anda tidak akan terlalu kecewa.

terlalu berpikir tentang uang sebenrnya juga tidak terlalu baik bkn?  [hmpfh]
Logged

vegaslas

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 43
Re: Hati2 buat yg mau jadi penulis
« Reply #19 on: December 12, 2009, 07:17:44 am »

masalah utamanya yg bikin gw bete, karena gw ngerasa pas mereka butuh naskah, mereka ngejar2 gw (sms & tlp), tapi pas gw mau ambil hak gw yg mereka tawarkan (mereka di surat perjanjian ada tertulis bahwa gw  bisa dapet DP, mungkin semacam upah nulis gitulah), susahnya setengah mampus. Mereka janjikan 1 minggu. Nyatanya setelah 4 minggu ga ada kabar SAMA SEKALI. Tiap gw sms utk minta kejelasan, dibales pun ga!!! Tapi giliran mereka minta naskah, mereka telepon terus2an!!!

Gw tau, ga semua penerbit kayak gini, ini cuman kebetulan aja yg gw temuin kayak gini.

Setelah semua pengalaman gw yg kurang enak dgn mereka, gw rasa berat kalo gw harus ngorbanin waktu gw dengan nulis secara mereka ga menghargai jerih payah gw, setidaknya memberi jawaban atas pertanyaan2 gw.

Yg gw bikin bete juga, hampir setiap gw sms, hampir PASTI GA ADA JAWABAN. Setelah gw tlp, baru mereka bilang, " baru mau dibales nih!"

Apa tiap2 musti gw tlp dulu baru mereka TERPAKSA ngasih jawaban ke gw???

thanks buat dukungan semua temen2, dan gw salut buat Luna TR, karena ga banyak pengarang Indonesia yang berkualitas kayak dia dan bisa idup nyaman dari menulis.

Karena gw tumpuan hidup keluarga gw, dgn terpaksa gw ga akan ngandelin dari nulis lagi.
Logged
Pages: 1 [2] 3 4 5   Go Up