Lautan Indonesia

GAYA HIDUP => Pendidikan (Sekolah) => Kampus => Topic started by: Keizo_aditya on December 08, 2012, 08:39:17 pm

Title: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on December 08, 2012, 08:39:17 pm
Waw Asik nih ikutan SNMPTN ga dikenakan biaya lg alias GRATIS
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on December 11, 2012, 06:34:27 pm
Info terbaru: SNMPTN tulis dihapus dan cuma ada SNMPTN undangan ama Jalur Mandiri yg konon katanya mahal. Jd buat angkatan sebelumny yg mau ikutan tes harus di Jalur Mandiri ini
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: y0eel on December 11, 2012, 06:53:28 pm
Ga pernah ikut SNMPTN, pas jaman saia masuk adanya PMDK dan saia dpt pmdk jd pas masuk kuliah ga di tes dan langsung diterima [lovestruck]
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on December 11, 2012, 07:04:09 pm
PMDK (penerimaan mahasiswa ??) :p


Cara dapet PMDK dulu gimana??
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: y0eel on December 12, 2012, 12:18:23 am
Lupa kepanjangannya ;D
cara dpetin PMDK harus  nomer 3 besar nilai tertinggi ujian Un di sekolah kita...jadi berdasarkan rekomendasi dari sekolah kita bisa d terima di kampus :D
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on December 12, 2012, 08:40:03 am
Kalo sekarang tu namanya Jalur Undangan hehe. Kudu diliat nilai raport dulu
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: y0eel on December 12, 2012, 03:07:47 pm
Iya itu maksudnya jalur undangan.. :D
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: FansBolly on December 13, 2012, 06:03:52 am
PMDK pke nilai Raport...
tidak semua sekolahn.. bisa ikut PMDK.. biasnya hnya sekolah yg sudah terakreditasi..

kalau yg dri pelosok... kyanya gak bisa ikut PMDK...
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: y0eel on December 13, 2012, 04:06:45 pm
Sekolahku dulu termasuk pelosok dan bukan sekolah fav tp hamdalahnya saia dan tmn2 dpat PMDK [lovestruck]
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: DulceMaria Sayang Suneo on December 13, 2012, 08:10:28 pm
Sekolahku dulu termasuk pelosok dan bukan sekolah fav tp hamdalahnya saia dan tmn2 dpat PMDK [lovestruck]
berarti sudah terkreditasi..

yg pelosok biasanya agak susah masuk univ negri favorite...dgn menggunkn PMDK.
kcuali jika dia test lwat snmptn tulis..
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on December 14, 2012, 12:32:18 pm
dulu udah ada juga ya SNMPTN TULIS
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: y0eel on December 14, 2012, 12:41:13 pm
Sekolahku dulu keknya belum teakreditasi deh tp hamdalah bs masuk univ negeri melalui pmdk :D, jaman dulu pan beda dg jaman sekarang yg susah masuknya xixi...
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on December 14, 2012, 01:20:21 pm
ah engga juga..http://lautanindonesia.com/forum/Smileys/Emo/smiley.gif asal ada duit pasti jln..  disekolah ku kmaren yg dpt undangan harus nyetor 500 ribu buat cuci raport [hmpfh] eh gatauny yg lwt undgn cuma 4 0rang dr 40 an org yg dpt tuh undangan [worried]

trs katanya kmaren tuh pas SNMPTN ada yg ngejual kunci jawaban tp harus nyetor minimal 15 jutaan lah..
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Cipto.Dipmar on December 14, 2012, 04:41:25 pm
Baru tau SNMPTN ada kunci segala....................
yg tulis diilangin ya.........
undangan ketat bgt..........
dr SMA ku ada 54 yg lolos undangan
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: y0eel on December 14, 2012, 04:54:24 pm
Tetap beda dg yg jadul, dulu saia ga bayar apa2 dg arti kata 0 persen :D
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on December 14, 2012, 05:17:41 pm
waw cip.. lolos gak dirimu undangan?? iya emang ketat diliat dr peringkat dulu dr seluruhkelas IA/IS

aku thn kmaren gk lulus ;D

info baru jalur masuk PTN
-SNMPTN 2013 tetap ada tp khusus undangan
-SMBPTN (ini ank tahun 2012/2011 BOLEH IKUTAN)
-JALUR MANDIRI
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on December 14, 2012, 05:19:19 pm
Tetap beda dg yg jadul, dulu saia ga bayar apa2 dg arti kata 0 persen :D
Sekarang udah selesai dong ya kuliahnya [biggrin]
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Cipto.Dipmar on December 14, 2012, 06:26:02 pm
aku kan tahun depan.......
ngarepnya SNMPTN tulis............

SNBPTN singkatan dr apa???
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on December 14, 2012, 06:55:15 pm
aku kan tahun depan.......
ngarepnya SNMPTN tulis............

SNBPTN singkatan dr apa???
oia hehe.. tp kok udah tau 56 org yg dpt? yg punya thn kemaren maksudnya ya.. SELEKSI MASUK BERSAMA PERGURUAN TINGGI NEGERI
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: FansBolly on December 14, 2012, 07:46:51 pm
Baru tau SNMPTN ada kunci segala....................
yg tulis diilangin ya.........
undangan ketat bgt..........
dr SMA ku ada 54 yg lolos undangan
gak mungkin deh, klau ampe ada kunci.. ???
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: FansBolly on December 14, 2012, 07:52:58 pm
Sekolahku dulu keknya belum teakreditasi deh tp hamdalah bs masuk univ negeri melalui pmdk :D, jaman dulu pan beda dg jaman sekarang yg susah masuknya xixi...
mustahil..
emng taun brapa??

skolh kmu bruya ?

yg mengikuti PMDK minimal
Akreditasi C , 10% siswa terbaik dikelasnya
akreditasi B, dan hnya 25% siswa terbaik dikelasnya dari sekolah tersebut yg boleh ikut.
Akreditasi A, 50% siswa terbaik dikelasnya yg boleh ikut
RSBI . 75% siswa terbaik dikelasnya
Akselerasi 100% semuanya.
setelah itu baru disaring oleh masing univ.yg jadi tujuannya..
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: DulceMaria Sayang Suneo on December 14, 2012, 07:59:07 pm
Sekolahku dulu keknya belum teakreditasi deh tp hamdalah bs masuk univ negeri melalui pmdk :D, jaman dulu pan beda dg jaman sekarang yg susah masuknya xixi...

kayanya gak mungkin bisa ikut deh...
emng waktu taun berapa ??

saringan juga dilihat dari Akreditasi sekolah tsb..
beda loh... nilai 80 dari sekolah yg akreditasi A dengan Nilai 90 dari sekolah Akreditasinya B..
kemungkinan besar Pihak Univ. akan memilih yg akreditasinya A.
yg sudah di Akreditasi aja, masih dipertimbangkan apalgi yg belum... ??? ???
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Cipto.Dipmar on December 14, 2012, 08:57:28 pm
bukannya RSBI yang 75% ya
terakreditasi A 50 %
#cmiiw
klo akselerasi emg 100%
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: y0eel on December 14, 2012, 10:00:46 pm
Iya saia udah lulus kul taun 2009 :D
pas merantau ke jogja memang dpt hambatan dr kampus dg jalur pmdknya, karna kami cuma bawa surat keterangan pmdk dr sekolah tp setelah d upayakan akhirnya lolos dan ga d bebani biaya...hmmm tp saia ga tau aturan 80 persen dan bla blanya :D, tp krn saia dr MAPK kul di iain yg satu jalur jd ga begt berat aturannya....tp saiang ikut jalur pmdk ga bs milih jurusan tp pihak kampus yg menentukan ..hmmm
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: FansBolly on December 15, 2012, 05:22:14 am
bukannya RSBI yang 75% ya
terakreditasi A 50 %
#cmiiw
klo akselerasi emg 100%
koReksi, RSBI lupa...
bru ngeh... [biggrin]
soalnya sekolah Ku Akreditasinya A, kbtulan saya masuk klas SBI jadi yg ikut 75%
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: FansBolly on December 15, 2012, 05:26:45 am
Iya saia udah lulus kul taun 2009 :D
pas merantau ke jogja memang dpt hambatan dr kampus dg jalur pmdknya, karna kami cuma bawa surat keterangan pmdk dr sekolah tp setelah d upayakan akhirnya lolos dan ga d bebani biaya...hmmm tp saia ga tau aturan 80 persen dan bla blanya :D, tp krn saia dr MAPK kul di iain yg satu jalur jd ga begt berat aturannya....tp saiang ikut jalur pmdk ga bs milih jurusan tp pihak kampus yg menentukan ..hmmm
wah.. berarti dah lama juga yah.. ;D
alhamdulillah bisa masuk,... taun skarang pasti lebih berat..  :o
itu lulus kuliah atau lulus skolah...
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Telenovelania on December 15, 2012, 05:47:02 am
PMDK macam2...

dulu teman ku daptr ke UNIV.negri di UIN..
dia pke jalur PMDK(nilai rapot).
Bukan jalur PMDK SNMPTN(Jalur PMDK nilai Rapot saringan seluruh indonesia/undangan).

kalau masuk jalur PMDK SNMPTN/Undangan mungkin gak diterima,.. karena sekolah nya blum terakreditasi.

mungkin mba yoell, kya teman aku kali..
jalur PMDK nya bukan yg snmptn.

kalaw negri, misalnya kya di UIN tadi, meski UIN juga ada jalur PMDK snmptnnya.
atau Poltekes, POLBAN,, PMDK nya gak ada hubungannya ama Snmptn.

atau PMDK yg biasa dipke univ.swasta dalam PMB..
klau di sawsta PMDK nya biasnya ditentuin nilainya, misalnya nilai rapot rata2 75 udah dipastikan masuk, gak ada saingan lagi.
kalau NEGRI , misalnya Nilai Rata2 75 Harus bersaing lagi..
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: ArjunaMencariCinta on December 15, 2012, 08:24:37 am
emg prbedaan SMPTN PMDK sma bidik misi itu apha?
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: ArjunaMencariCinta on December 15, 2012, 08:26:29 am
krn gw kmrn ikt bidik misi bt thn dpan dan itu br prses di dta
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: ArjunaMencariCinta on December 15, 2012, 08:28:56 am
Dari sklh dan smga bsa lo"S #Amin :)
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: y0eel on December 15, 2012, 11:44:53 am
Nah seperti yang d katakan telenovelania, iya meby saia seperti jalur sm kyak temannya...[biggrin]
Saia lulus taun 2009 itu lulus kuliah bukan lulus sekolah ;D ;D
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Cipto.Dipmar on December 15, 2012, 03:16:42 pm
bidik misi kita dibayar............... ;D ;D
enak ya minimal 750rb sebulan klo anggota keluarga banyak bisa smpe 2jt sebulan
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Cipto.Dipmar on December 15, 2012, 03:19:42 pm
@tele jelas bgt yg rata" 75 bersaing lg lah di negeri kkm tinggi" ;D ;D
btw jalur undangan katanya diliat dr nilai mapel yang di UNkan
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: @dwikipedia26 on December 19, 2012, 12:29:33 pm
gw juga sempet kaget dengan berita ini
secara udah tinggal beberapa bulan lagi UN dan dapet kabar yang masih simpang siur
tapi sekolah gw udah dapet title SMK RSBI plus udah ada kerjasama langsung sama universitas nya
Dan karena program pendidikan nya 4 tahun jadi gk terlalu panik kalo gk dapet undangan
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on December 19, 2012, 01:04:29 pm
Dwiki kelas 3 jg yah sama kyk icip??


Aku ikut lg ah tahun depan.. Ajang coba coba aja :p
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Cipto.Dipmar on December 19, 2012, 07:32:08 pm
aku kan tahun depan.......
ngarepnya SNMPTN tulis............

SNBPTN singkatan dr apa???
oia hehe.. tp kok udah tau 56 org yg dpt? yg punya thn kemaren maksudnya ya.. SELEKSI MASUK BERSAMA PERGURUAN TINGGI NEGERI

saya kan update........ seebenarnya di kelas X saya dpt selebaran ttg JALUR UNDANGAN gitu entah darimana datangnya dan di selebaran itu atas nama BK
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Cipto.Dipmar on December 19, 2012, 07:34:29 pm
Dwiki kelas 3 jg yah sama kyk icip??


Aku ikut lg ah tahun depan.. Ajang coba coba aja :p

saya masih kelas XI  [hmpfh] [hmpfh] [hmpfh]
tp dari kelas IX selalu ngikutin perkembangan SNMPTN
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on December 19, 2012, 09:37:45 pm
ohh ahahaa  mian  ;D

blajar yg rajin cip biar raportny bagus trus dpt undangan
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Cipto.Dipmar on December 19, 2012, 10:02:31 pm
semoga aja dr smt 3 konsistennya

jujur aku lebih enak yg tulis.....
klo yg tulis ada essay nya gk??
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on December 19, 2012, 10:07:59 pm
engga.. choise smua.. ada sekitar 70an soalny dlm waktu 2jam laa
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Cipto.Dipmar on December 19, 2012, 10:27:42 pm
nah ada tuh TPA 55 soal dikasih waktu brp??
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on December 19, 2012, 11:37:51 pm
1jam-an.. trus lanjut soal tes kemampuan dasar.. b.indo,b.inggris.. besoknya baru tes ipa/ips
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Cipto.Dipmar on December 20, 2012, 06:18:45 am
TKD soalnya ttg ap aja?? trus brp soal???
klo BIng sm Indo 15 soal
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Telenovelania on December 20, 2012, 03:43:00 pm
@tele jelas bgt yg rata" 75 bersaing lg lah di negeri kkm tinggi" ;D ;D
btw jalur undangan katanya diliat dr nilai mapel yang di UNkan
gak semua KKM negri tinggi,..
sekolah gue swasta.. KKM nya diatas 70.. mlhan ada Sekolh negri yg kkm nya masih 65 padhl dah SN.

katanya 40% pke nilai UN...
60% NILai raport..
menurut gue ini terlalu instan masuk ke universitas Negri dgn cara sperti ini, aplgi UN bnyak bocoran [devil] ditambah Nilai rapot bisa di manipulasi [annoyed]

tpi terserahlah, gue juga gak bkaln ikutan.. [biggrin]
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Cipto.Dipmar on December 21, 2012, 11:41:36 pm
bukannya kebalik yaaaaa
60% UN 40% rapot [hmpfh] [hmpfh]
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: y0eel on January 01, 2013, 08:14:28 am
Ho'oh harusnya Un 60 % dan Rapor 40 % , tp perasaan metode ini bnyak rekasayanya, sekolah2 bnyak yg sengaja meninggikan nilai2 raport siswanya agar tercapainya 100 persen siswanya lulus ;D
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Cipto.Dipmar on January 01, 2013, 12:44:46 pm
itu bgt....... apalagi semester 5

@keizo di rapot SMA mu ada gini gk ??
Pengetahuan Praktik Sikap
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on January 01, 2013, 01:04:43 pm
Ada cip.. Di raport SMA biasanya 1 pelajaran ada 3 atau 4 kategori nilai gitu
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Cipto.Dipmar on January 01, 2013, 06:23:45 pm
klo undangan semuanya dipke atau Pengetahuannya doang???
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on January 01, 2013, 09:22:21 pm
kan pertama harus stabil dulu nilainya dr semester 3  trus di semester 5 harus dpt ranking dulu.. buat berpeluang mndapatkan tiket jlr undangan :)

yg diliat nilai pengetahuan doang..


tp sistem 2013 kayaknya bakal berubah
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Cipto.Dipmar on January 01, 2013, 09:28:58 pm
semoga sistemnya sama yaaaa...........

seneng cuma pengetahuannya doangg yg diambil
semoga sama ah....... #pray
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on January 01, 2013, 09:32:51 pm
katanya tahun ini jalur undangannya bebas ga brdasarkan kuota lg :D
jd siapapun boleh ikut asal di rekomendasikan ama pihak sekolah


asik kaannn
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: DulceMaria Sayang Suneo on January 01, 2013, 10:00:40 pm
Ho'oh harusnya Un 60 % dan Rapor 40 % , tp perasaan metode ini bnyak rekasayanya, sekolah2 bnyak yg sengaja meninggikan nilai2 raport siswanya agar tercapainya 100 persen siswanya lulus ;D
betul bgt...

UN aplgi... bocoran dmna2?? [hammer]
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on January 01, 2013, 10:03:28 pm
klo ga ada bocoran dijamin banyak yg gak lulus.. yg malu ntar daerah ama sekolahnya ;D
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Cipto.Dipmar on January 02, 2013, 02:11:08 pm
@keizo iya jalur undangan tanpa kuota klo dr kampusnya tetep ada kuotanya

dulu pas UASBN gk ada yg namanya bocoran eh pas UN bocoran mana tuh betul 90% sarap..... mbok disalah-salahinn gitu tuh bocoran yaaaa
kasian gue yg dah belajar mati"an demi UN ehhh tak taunya
klo gitu mending gk usah belajar 3 thn di SMP diibaratkan
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: y0eel on January 04, 2013, 01:36:01 pm
Barusan ikut sosialisasi Un katanya snptn ga berpengaruh sekolahnya sudah akreditasi apa belum dan berapa persen yg mendaftarkan ....
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on January 04, 2013, 07:40:10 pm
iya mbak @yoel  tp ntar diseleksi lg ama pihak PTNnya 

daaaannn UMBPTN HANYA DIKHUSUSKAN BUAT ANAK 2011&2012 doang   

yeyelalala ;D ;D
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: y0eel on January 05, 2013, 04:07:56 pm
Ga berlaku untuk tahun pelajaran 2012/2013 kah?
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on January 05, 2013, 04:43:15 pm
Berlaku dong yg tamatan tahun ajaran 2011 dan 2012

Yg lulusan thn 2013 cuma bisa ikut SNMPTN undangan. Ama Jalur Mandiri

Gitu sih info trbarunya
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: mari_aaa on January 21, 2013, 07:08:44 pm
halo mau tanya2 dong, rencana mau ikut SNMPTN 2013 tp aku lulus tahun 2011...
persyaratan'a apa aja?
oya kalo lulusan th 2011/2012 istilahnya udah beda ya bkn SNMPTN tapi UMBPTN?? bedanya apa sih ma SNMPTN? -makasih-
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on January 22, 2013, 01:04:30 am
Quote from: mari_aaa [link=topic=119128.msg6259341#msg6259341 date=1358770124
halo mau tanya2 dong, rencana mau ikut SNMPTN 2013 tp aku lulus tahun 2011...
persyaratan'a apa aja?
oya kalo lulusan th 2011/2012 istilahnya udah beda ya bkn SNMPTN tapi UMBPTN?? bedanya apa sih ma SNMPTN? -makasih-
haloow mari_aaa

Lulusan 2011-2012, Masih Bisa Lho ikut SBMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 tak lagi menjadi nama untuk ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri secara tertulis. Namun, pemerintah tetap akan menyelenggarakan ujian tulis melalui tahapan lain yang diberi nama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

SNMPTN hanya akan mengakomodasi kesempatan untuk lulusan tahun 2013. Ujian tertulis SBMPTN menjadi satu-satunya kesempatan kepada para lulusan SMA/SMK/MA pada tahun 2011 dan 2012 yang ingin masuk PTN.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, ujian tulis tetap akan diselenggarakan dengan kuota minimal 30 persen dari keseluruhan. Pelaksanaan ujian tulis ini juga menyesuaikan dengan jadwal SNMPTN yang pendaftarannya baru dibuka pada Februari mendatang.

"Ujian tulisnya nanti sendiri dan kuotanya hanya sekitar 30 persen. Ini fungsinya juga untuk anak-anak yang lulus tahun lalu, tetapi belum berhasil masuk PTN, bisa coba lagi di ujian tulis," kata Nuh di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, Rabu (12/12/2012).

Namun, untuk ujian tulis ini, calon peserta tetap akan dikenai biaya pendaftaran yang besarannya mencapai ratusan ribu bergantung pada jurusan yang dipilih saat ujian. Pelaksanaannya sendiri diperkirakan antara bulan Juni atau Juli 2013 serentak di seluruh Indonesia.

"Rencananya itu Juni atau Juli. Yang pasti setelah pengumuman SNMPTN keluar, akan dilanjutkan dengan ujian tulis ini," ujar Nuh.

Selain dua metode seleksi ini, masing-masing PTN juga diberi hak untuk menyelenggarakan ujian mandiri dengan daya tampung hanya 10 persen dari keseluruhan. Namun, umumnya tidak semua PTN akan mengadakan ujian mandiri, terutama jika dengan dua seleksi sebelumnya jumlah kuota sudah terpenuhi. Salah satu PTN ternama yang sudah pasti tidak akan menggelar ujian mandiri adalah Institut Teknologi Bandung (ITB).


Sumber : kompas.com
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: mari_aaa on January 22, 2013, 02:25:20 pm
makasih @Keizo_aditya  :)

oh jadi SBMPTN dilaksanakan stlh SNMPTN, oiya tentang ujian'a jenis soal2nya berarti beda ya ma SNMPTN? kira2 susahan yg mana?  [worried]
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on January 22, 2013, 05:13:35 pm
sama aja sih. IPA/IPS/CAMPURAN

kalo soal Tes Potensi Akademik blm tau ada apa enggak :) tu soal cukup pake nalar aja jawabnya
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: eglyan on January 29, 2013, 11:54:54 am
katanya tahun ini jalur undangannya bebas ga brdasarkan kuota lg :D
jd siapapun boleh ikut asal di rekomendasikan ama pihak sekolah


asik kaannn

dulu pas jaman saya masih pake quota, paling banyak cuman 5 orang saja, itupun gak semua keterima

yang saya bold, berarti bisa ditukar2 isi raportnya dong.

jaman saya aja, ada beberapa sekolah yang tukar2 isi raport, buat naikin nilainya, supaya sesuai dengan keinginan kampusnya

Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on February 01, 2013, 05:46:02 pm
Ngedongkrak nilai ya?? Klo ketauan bahaya tuh
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: @dwikipedia26 on February 04, 2013, 09:30:05 pm
Ngedongkrak nilai ya?? Klo ketauan bahaya tuh
emang bisa? cara nya gimana tuh
jadi penasaran cari info yang akurat aja dah wkwkwk siapa tau bisa
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on February 04, 2013, 10:00:38 pm
ya di ubah total nilai raport kita sama pihak sekolah :P
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: noviaryftz on February 06, 2013, 11:28:44 pm
Buat lulusan 2013 berarti lebih mementingkan nilai raport sama UN dong ya?
Padahal nilai yang (menurutku) 'adil' ya nilai snmptn, nggak ada bocoran, nggak ada manipulasi, seluruh Indonesia.

Untung waktu angkatanku masih snmptn, meskipun lulusan baru & lulusan lama harus bersaing, tapi menurutku itu lebih baik, tes masuknya sama. Toh waktu udah kuliah ngga dibedakan lulusan kapan.
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: whatea on February 07, 2013, 08:43:03 am
Soal rekayasa nilai rapot emg bnr ada. Di DKI 8 SMA (2 diantaranya negeri) kena black list. Siswanya gak blh daftar SNMPTN jalur undangan. Klo utk nasional ada 20 SMA. Mrk ketahuan 'meninggikan' nilai raport. Meski kepala Dinas Pendidikan DKI blg itu 'kesalahan' saat input nilai. Yg jls ada ratusan siswa gak bs daftar.
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on February 07, 2013, 12:48:39 pm
rugi bgt ya gk bisa daftar snmptn undangan
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: whatea on February 07, 2013, 12:54:35 pm
Ya iyalah. Seluruh indonesia ada 20. Berarti ada bbrp kota yg 'bersih' di kotamu gmn kei? Ada desas desus sekolah yg msk black list gak? Coz nama2 sekolahnya dirahasiakan. Mau gak mau muridnya pake jalur biasa tuh! Ato lgsg ikt ujian yg diadain universitasnya
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on February 07, 2013, 01:01:06 pm
di sekolah ku tahun kmarin sih trmasuk pake sistem gitu "dongkrak nilai=CUCI RAPORT" trus bayar ke guru 500 ribu  #bukakartu ;D

ada sih.. tp gk dikasi tau skolah yg mana

jalur biasa sama jalur mandiri kuotanya dikiiit bgt tahun ini.. diprioritaskan yg Undangan
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: whatea on February 07, 2013, 09:31:33 pm
Tetep aja jalur mandiri diprioritaskan. Dulu wktu awal diberlakukan sempet dpt cibiran kan mrk byr dgn ujian yg (ktnya) gak sesulit SNMPTN atau UMB. Tdnya gw kira gak bkl ada yg msk jurusan gw taunya buanyak bgt. Pd khilaf tuh bocah2 milih jur gw LOL gw seangkatan aja nyusut mulu tiap thn ampe tinggal ber9 satu angkatan.
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on February 07, 2013, 09:45:22 pm
hah kok bisa?? emang di fak apa @wat??


yg Undangan kuotanya gede 60% tahun 2013 ini :)

Jalur Mandiri emang lebih gampang "lolos"  biayanya jg "lebih mahal"

Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: whatea on February 08, 2013, 06:10:09 am
Wk wk wk ada deh! Klo gw sebut biasanya pd ketawa trus nanya 'mau jd apa?' pdhal gw msk jur itu dgn alasan yg idealis bgt gak ada hubnya dgn nantinya mau kerja apa, mklm dulu msh berjiwa muda gak mikir yg brt2, ish org2 sk berpikir dangkal. Emg klo lulus kul hkm bkl jd hakim, pengacara, jaksa ato notaris doang? Ada jg yg lulusan hukum jd kontraktor jd CS di bank dll. Kuliah bkn utk cri kerja. Tp bekal di masyarakat. Dgn kul pikiran kita makin tbk, pengetahuan mkin luas dan pengalaman (ikt ormas dll) makin meningkat. Gak semua dokter jd dokter dan gak semua insinyur jd arsitek tgtg minat, keahlian dan keberuntungan kita. Nih yg mau ikt SNMPTN gw saranin jgn pilih jurusan cm krn jur itu kelihatan keren. Ukur kemampuan kira2 bs msk dimn. Rata2 kul semester awal msh umum so klo gak bs msk ke jur impian msh bs cb thn dpn, nilai yg didpt bs ditransfer (klo msk univ yg sm klo antar univ gak bs chuy beda standar)
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: eglyan on February 08, 2013, 04:27:56 pm
Wk wk wk ada deh! Klo gw sebut biasanya pd ketawa trus nanya 'mau jd apa?' pdhal gw msk jur itu dgn alasan yg idealis bgt gak ada hubnya dgn nantinya mau kerja apa, mklm dulu msh berjiwa muda gak mikir yg brt2, ish org2 sk berpikir dangkal. Emg klo lulus kul hkm bkl jd hakim, pengacara, jaksa ato notaris doang? Ada jg yg lulusan hukum jd kontraktor jd CS di bank dll. Kuliah bkn utk cri kerja. Tp bekal di masyarakat. Dgn kul pikiran kita makin tbk, pengetahuan mkin luas dan pengalaman (ikt ormas dll) makin meningkat. Gak semua dokter jd dokter dan gak semua insinyur jd arsitek tgtg minat, keahlian dan keberuntungan kita. Nih yg mau ikt SNMPTN gw saranin jgn pilih jurusan cm krn jur itu kelihatan keren. Ukur kemampuan kira2 bs msk dimn. Rata2 kul semester awal msh umum so klo gak bs msk ke jur impian msh bs cb thn dpn, nilai yg didpt bs ditransfer (klo msk univ yg sm klo antar univ gak bs chuy beda standar)

sama seperti sepupu saya, jurusan kepustakaan, semua keluarga udah bilang, itu jurusan apa, ntra mau kerja dimana

eh malah dia yang cepat dapat kerja, karena memang sedikit peminat, dan tiap taon pns butuk jurusan arsip dan kepustakaan,
nah jurusan saya dan adek saja, susahnya minta ampun dapat kerja, padahal jurusannya, bagi banyak orang sudah wah, tapi susah juga dpt kerja, karena banyak kali yah ;D ;D ;D apalgi kalau gak ada skill lain
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on February 08, 2013, 05:00:38 pm
Iya yg penting disesuaikan minatnya apa trus prospek kedepannya gimana..
Meski ada jg yg udh kerja yg gk ada hubungannya samasekali dgn gelarnya
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: whatea on February 11, 2013, 07:03:13 am
Makanya gw blg tgtg keberuntungan jg. Gak munafik ya. Koneksi tuh petg kyk jur kedokteran, klo ortu ato kerabat gak ada yg berprofesi dokter pasti susah wktu cri kerja ato mlh mau lanjut spesialis. Dulu wktu gw ngelmr kerja utk posisi CS aja saingan gw 'wah' semua. Dr jur hukum, ekonomi, hub internasional ampe Mipa jg ada. Ya jls aja klh saing:) mrk jg rata2 dr univ negri. @eglyan, yup jur kepustakaan emg dulu di UI cm dikit peminatnya tp skrg membludak ampe 40lbh.
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: eglyan on February 11, 2013, 03:55:49 pm
Makanya gw blg tgtg keberuntungan jg. Gak munafik ya. Koneksi tuh petg kyk jur kedokteran, klo ortu ato kerabat gak ada yg berprofesi dokter pasti susah wktu cri kerja ato mlh mau lanjut spesialis. Dulu wktu gw ngelmr kerja utk posisi CS aja saingan gw 'wah' semua. Dr jur hukum, ekonomi, hub internasional ampe Mipa jg ada. Ya jls aja klh saing:) mrk jg rata2 dr univ negri. @eglyan, yup jur kepustakaan emg dulu di UI cm dikit peminatnya tp skrg membludak ampe 40lbh.

koneksi memang penting

sudah jadi rahasia umum,di beberapa daerah, sebelum ikut tes kita sudah daftar, sekalian dengan nominal uangnya, dijanjiin berapa, tapi kalau ada yang lain yang ingin juga dan kasih lebih, kita bisa kalah

bahkan biasanya didaerah tersebut tidak butuh jurusan itu, tiba2 muncul, baiknya gak usah daftar, soalnya udah ada nama yang lulus

seperti teman, di tanyain sama senior2 ditempat kerjanya, bayar berapa? padahal teman saya itu lulus murni, tapi mereka tetap gak percaya, soalnya sebelum2nya kebanyakan bayar.

Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: mari_aaa on February 13, 2013, 06:18:39 pm
SBMPTN 2013

Posted on06 January 2013. Tags: SBMPTN 2013


SBMPTN merupakan akronim dari Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi SBMPTN menggunakan tes tertulis dan tes ketrampilan sebagai sistem penilaian. Teknis SBMPTN baru akan dirumuskan oleh tim panitia Ad Hoc SNMPTN pusat pada Januari 2013 dan baru akan disosialisasikan pada bulan Februari 2013. Dan sistem tes mandiri akan diberikan pada masing-masing PTN. Pada tahun ini, PTN wajib menerima minimal 60% peserta didiknya melalui SNMPTN. Sedangkan sisanya, terserah dari masing-masing PTN, dapat melalui SBMPTN maupun ujian Mandiri.

Sebagaimana diketahui bahwa ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) secara resmi dihapus. Dampak dari penghapusan terhadap sekolah tentu saja ada. Sekolah-sekolah yang mengetahui atau menyadari bahwa siswa-siswinya kurang kompeten, akan mendongkrak nilai- nilai anak didiknya agar bisa mendapatkan kesempatan SNMPTN undangan. Jalur undangan SNMPTN merupakan mekanisme SNMPTN berdasarkan penjaringan prestasi akademik, tanpa ujian tulis, yang ditujukan kepada SLTA atau sederajat.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan menggantikan Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) jalur tulis, karena UU 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi mengatur seleksi yang bersifat nasional harus ditanggung pemerintah (gratis).

“Kalau namanya tetap SNMPTN jalur tulis, maka harus ditanggung pemerintah, karena itu namanya diubah menjadi SBMPTN untuk menyesuaikan dengan UU PT itu,” kata anggota Tim Humas Panitia Pusat SNMPTN 2013, Dr Dra Ismaini Zain MSi, di Surabaya, Jumat.

Didampingi stafnya Drs Imam Syafii, Ismaini yang juga Kepala Badan Akademik ITS itu menjelaskan cara masuk PTN akan tetap melalui tiga pintu yakni SNMPTN (jalur undangan / prestasi), SBMPTN (jalur tulis), dan jalur mandiri atau kemitraan.

“Pemerintah sudah mematok jalur SNMPTN sebanyak 50 persen dari kuota PTN yang bersangkutan, lalu jalur SBMPTN 30 persen dan jalur mandiri 20 persen. Jadi, caranya tetap sama, namun ada penyesuaian dengan UU PT Nomor 12/2012,” katanya.

Untuk jalur SNMPTN, katanya, biaya tes akan digratiskan pemerintah, namun biayanya belum ditentukan. Tahun lalu, biaya tes jurusan IPA atau IPS Rp150.000 per anak dan biaya tes jurusan IPC (campuran ikut IPA dan IPS) sebesar Rp175.000 per anak.

“Khusus SNMPTN hanya bisa diikuti siswa SMA lulusan terbaru (2013) dan menggunakan UN sebagai salah satu pertimbangan selain rapor sejak kelas 10 hingga 12 dan prestasi lain, sedangan SBMPTN dan jalur mandiri tidak menggunakan UN, namun murni hasil tes,” katanya.

Cara pendaftaran jalur SNMPTN adalah dilakukan secara kolektif oleh kepala sekolah. “Tahun ini, kami akan menyosialisasikan cara baru melalui PDSS atau pangkalan data sekolah siswa. Nantinya, sekolah memasukkan nilai siswa sejak kelas 10 hingga 12, sehingga data akan terekam dan saat pendaftaran secara kolektif tidak perlu memasukkan data lagi,” katanya.

Untuk jalur SBMPTN, katanya, peserta diharuskan membayar biaya tes dan pelaksana akan dilakukan secara regional oleh kepanitian yang dibentuk beberapa PTN terdekat. “Untuk tes ini, siswa dari dua angkatan sebelumnya (2011 dan 2012) bisa mengikutnya, lalu tes ketrampilan untuk jurusan tertentu akan dilaksanakan bersamaan dengan tes SBMPTN,” katanya.

Jalur terakhir yakni jalur mandiri, katanya, seleksi dan biaya diserahkan sepenuhnya kepada PTN yang bersangkutan. “Tapi, maksimal harus 20 persen siswa dan tidak boleh melebihi itu. Pihak PTN bisa juga melakukan kemitraan dengan pemerintah daerah, kementerian, atau kalangan swasta,” katanya.

Ia menambahkan pendaftaran SNMPTN akan dimulai 1 Februari hingga 8 Maret 2013, seleksi pada 9 Maret hingga 27 Mei 2013, pengumuman 28 Mei 2013, dan pendaftaran ulang pada 11-12 Juni.

“Untuk kepentingan SNMPTN itu, PDSS akan dimulai 17 Desember 2012 hingga 8 Februari 2013, sedangkan pendaftaran dan seleksi SBMPTN masih menunggu keputusan panitia pusat dan lokal,” katanya.

http://sbmptn.web.id/sbmptn-2013.html#more-5
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: ArjunaMencariCinta on March 14, 2013, 07:00:15 am
Untuk bidik misi melalui jalur SNMPTN sdh di tutup hari senin kmrn jam 6 sore...

Oh iya mau tanya kan saya SNMPTN ambil jurusan ilmu hukum dan manajemen itu klu menurut kalian yg sudah kuliah gmn y ke depannya... :)
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: noviaryftz on March 18, 2013, 10:58:49 am
Makanya gw blg tgtg keberuntungan jg. Gak munafik ya. Koneksi tuh petg kyk jur kedokteran, klo ortu ato kerabat gak ada yg berprofesi dokter pasti susah wktu cri kerja ato mlh mau lanjut spesialis. Dulu wktu gw ngelmr kerja utk posisi CS aja saingan gw 'wah' semua. Dr jur hukum, ekonomi, hub internasional ampe Mipa jg ada. Ya jls aja klh saing:) mrk jg rata2 dr univ negri. @eglyan, yup jur kepustakaan emg dulu di UI cm dikit peminatnya tp skrg membludak ampe 40lbh.

posisi CS itu apa ya?
belum begitu ngeh tentang dunia kerja.
Customer service??

emang sih kita kuliah itu nggak semua makul bener-bener menjurus ke jurusan yang diambil.
contohnya saya statistika, tapi yang dibahas ada tentang asuransi, bisnis dan industri, ekonomi, dll. jadi ya nanti bersaingnya sama beberapa jurusan lain juga karena kami juga mempelajari itu.

kalo soal koneksi, menurut saya itu amat merugikan orang-orang yang pinter, cerdas, berbakat, tapi kurang koneksi  [hmpfh]
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on March 18, 2013, 12:30:26 pm
Arjuna: gw jg ambil hukum baru semester 2..
Ya kedepannya bisa kerja dimana aja.. Kan nt ada jurusan"nya
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: y0eel on March 20, 2013, 05:27:05 am
Jujur saia kerja ga sesuai jurusan tp agak sesuai dg ilmu2 pas d dapat waktu2 tsanawiyah & aliyah :D
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: ArjunaMencariCinta on March 21, 2013, 05:19:43 pm
Arjuna: gw jg ambil hukum baru semester 2..
Ya kedepannya bisa kerja dimana aja.. Kan nt ada jurusan"nya

Mksdnya kerja dimana aja gmn kei?

Emg huhum di bagi apa aja.... setau gw kan perdata ama pidana aj....

Bnr g nih.... :D :D
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on March 21, 2013, 05:33:55 pm
Arjuna: gw jg ambil hukum baru semester 2..
Ya kedepannya bisa kerja dimana aja.. Kan nt ada jurusan"nya

Mksdnya kerja dimana aja gmn kei?

Emg huhum di bagi apa aja.... setau gw kan perdata ama pidana aj....

Bnr g nih.... :D :D
Ya jd hakim,pengacara,notaris,jaksa trus ada jg yg kerja di perusahaan" sama di kantor pemerintah..
 Banyaak.. Ada tata negara,administrasi negara,pidana,perdata,internasional
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: bagus wira on January 14, 2014, 12:30:43 pm
Ga lolos jalur snmptn, dari semua temen2 smk gue yg daftar gk sampe 20 orang dan yg keterima pun cuma 1 orang itupun gk dia ambil krn jurusannya ga sesuai [worried]
Gue udh nyoba2 buat masuk ptn tapi gagal trus, jalur sbmptn juga gagal gue akui waktu itu gue down bgt dan persiapan gk matang [worried]
Jalur mandiri juga gue jalanin, persiapan udh matang bgt tapi hasilnya ttp aja gagal. Mau daftar D3 yg penting di ptn juga males krn gue maunya S1, gak ada pilihan lain gue milih pts drpd harus nunggu tahun depan [worried]
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on January 14, 2014, 01:34:02 pm
Gak nyoba lg gus tahun ini? Pendaftaran SBMPTN dibuka mulai bulan dpn setauku
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: bagus wira on January 14, 2014, 01:59:20 pm
Mau nyoba. Pgn bgt. Tapi umur gue juga gk mendukung, udh 19thn [worried] terus gue juga ga tega liat ortu yg biayai kuliah gue ini yg mahal bgt.
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on January 14, 2014, 02:47:51 pm
Bkn diliat dr umur gus klo mau ikut tes kita bisa ikut 3x . Contohny angkatan 2013 bisa tiga kali ikut maksimal 2013,2014,2015


Iya sih swasta mmg lebih mahal
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: bagus wira on January 14, 2014, 03:29:10 pm
Iya tau sih. Cuma ntar kalau lulus kan yg lain pada lulus sekitar umur 21-22thn gue umur 23thn sendiri kan malu [hmpfh]

Swasta mahalnya gak pandang bulu hmpfhhh
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on January 14, 2014, 08:44:32 pm
gk apalah setahun dua tahun doang sih..
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: bagus wira on January 14, 2014, 09:14:05 pm
Tapi ntar harus ospek (lagi) dong ya [hmpfh]
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on January 14, 2014, 11:09:58 pm
Tapi ntar harus ospek (lagi) dong ya [hmpfh]

Gak harus sih kalo ikut ospek itu mnurut gw. Gak ngaruh jg sm study kita di kampus
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: bagus wira on April 20, 2014, 03:51:47 am
Gak nyoba lg gus tahun ini? Pendaftaran SBMPTN dibuka mulai bulan dpn setauku
Gue ikut (lagi) tahun ini, moga2 keterima ya [hmpfh]
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: Keizo_aditya on April 20, 2014, 07:22:53 am
Iya gus..tanggal 12 mei ini kan mulai daftar ?
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: bagus wira on April 20, 2014, 11:53:22 am
iya 12 mei, moga aja lolos gk muluk2 di its deh, soalnya denger2 kota gue udh di blacklist sama its gara2 dulu banyak yg diterima di its tapi gk di masukin lol
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: @dwikipedia26 on May 15, 2014, 08:41:47 am
Tahun 2014 siapa nih selain gw yang ikut sbmptn
Title: Re: ALL ABOUT SNMPTN 2013
Post by: MissAzalea on July 27, 2014, 12:22:17 am
Adakah yg lolos snmptn atau sbmptn ;D