;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Permainan Batik Lukis  (Read 204 times)

gizikita

  • Kelasi
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
    • gizikita.net
Permainan Batik Lukis
« on: November 20, 2016, 04:40:29 pm »

Siapa yg tidak mengetahui dengan satu diantara karya seni serta warisan budaya Indonesia ini? Ya, pada artikel kesempatan ini kita bakal mengulas segalanya mengenai motif batik sederhana, terutama motif batik di Indonesia yang begitu bermacam.

Di jaman saat ini, telah tidak asing untuk kita lihat beberapa orang menggunakan baju dengan motif batik-batik khas Indonesia. Bahkan juga, saat ini motif batik bukan sekedar digunakan untuk aktivitas serta acara yang resmi saja, namun juga sudah jadi pola hidup (life style) keseharian.

Dari mulai orangtua sampai anak-anak, kebanyakan orang pas untuk memakai warisan budaya turun temurun ini. Bersamaan perubahan jaman, batik juga bukan sekedar dipakai untuk baju resmi saja (baju, gaun, dan lain-lain) , namun beberapa barang lain banyak juga yang dipadukan serta dipadupadankan dengan keeksotisan dari batik.

Misalnya, saat ini telah kerap kita jumpai beberapa produk tas, jaket, kaos, sampai sepatu yang di buat dari corak serta motif batik Indonesia.

Kurang lebih, dari demikian banyak motif batik yang ada di Indonesia, apa sajakah motif batik yang populer serta paling popular? Nah, artikel kesempatan ini kita bakal mengulas daftar motif batik dari beragam daerah di Indonesia dan motif batik yang gampang untuk digambar dan di buat.

Penasaran? Baca artikel ini hingga usai ya.

A. Pengertian Batik

Sesungguhnya, apakah itu batik? Di bagian awal kita sudah menyinggung sedikit kalau batik adalah satu diantara karya seni serta budaya Indonesia yang selalu dilestarikan dengan cara turun temurun. Yang dilestarikan bukan sekedar product pada akhirnya, yakni batik, namun sistem pelaksanaan dan arti dari motif batik juga diwariskan dengan cara turun temurun.

Kata batik, di ambil dari bhs Jawa, yakni dari kata ‘tik’ yang bermakna titik. ‘Tik’ juga mempunyai arti matik, yakni kata kerja yang artinya bikin titik. Dari kata itu berkembanglah arti ‘batik’ yang di kenal sampai saat ini.

Lantas, mengutip dari Wikipedia, batik adalah kain bergambar yang membuatnya dikerjakan dengan cara spesial lewat cara menuliskan atau menerakan malam (lilin) pada kain itu. Kemudian, pemrosesan setelah itu diolah lewat cara spesifik. Beberapa cara itu yang bikin semasing motif batik mempunyai kekhasannya semasing.

B. Tehnik Membatik

Berdasar pada tehnik langkah membuatnya, batik bisa dibagi jadi tiga (3) type, yakni :

1. Tehnik Batik Cap

Yang pertama yaitu tehnik batik cap. Sesuai sama namanya, tehnik ini dikerjakan lewat cara pengecapan. Jadi, kain-kain yang bakal diberikan motif batik dibuat dari cap yang terbuat dari tembaga. Sistem pelaksanaan dengan tehnik ini dapat mengonsumsi saat hingga 2-3 hari.

2. Tehnik Batik Lukis

Tehnik yang ke-2 yaitu tehnik batik lukis. Tehnik ini dikerjakan lewat cara segera menggambarkan motif batik pada kain putih yang bakal kita untuk jadikan kain batik.

3. Tehnik Batuk Tulis

Tehnik yang paling akhir ada tehnik batik catat. Tehnik ini adalah tehnik lewat cara pelaksanaan yang paling lama dibanding dengan dua tehnik terlebih dulu. Saat pelaksanaan batik catat dapat meraih dua sampai tiga bln..

Hal semacam ini dikarenakan pembuatan corak serta motif batik dikerjakan dengan memakai tangan (manual) .

C. Motif Batik Tradisional Indonesia

1. Motif Batik Jepara

Batik Jepara juga dikenal dengan nama batik Kartini. Batik Jepara populer bakal dua type motifnya, yakni motif lama serta motif baru.

Ciri khas dari batik Jepara motif lama yakni mempunyai pola-pola dengan corak warna coklat serta putih. Diluar itu unsur-unsur fauna serta flora seperti daun ulir hijau juga begitu kental dalam motif lama batik Jepara.

Sedang untuk motif baru batik Jepara ciri khasnya yaitu batik catat yang mempunyai macam yang beragam macam.

2. Motif Batik Cirebon

Batik Cirebon mempunyai satu diantara type motif batik yang begitu populer, yakni motif batik Mega Mendung. Satu diantara ciri dari motif batik ini yaitu pola yang berupa seperti awan serta di beri warna biru tua, hijau tua, merah tua, serta warna gelap yang lain.

Mirip contoh gambar batik diatas, pola awan pada batik Mega Mendung di beri gabungan warna gradasi biru kehijauan dengan latar berwarna biru tua.

3. Motif Batik Kediri

Batik yang ketiga yaitu batik Kediri. Diliat dari satu diantara contoh gambar Kediri diatas, dapat kita saksikan kalau motif batik Kediri ini terbagi dalam kumpulan pola berupa tanaman.

Walau demikian, kita dapat juga lihat type motif yang lain dari batik Kediri ini dengan motif yang terbagi dalam kumpulan bulatan kecil yang salin membuat pola.

Batik Kediri ini termasuk juga kedalam daftar batik yang dapat kita pakai baik dalam acara resmi ataupun acara yg tidak resmi.

4. Motif Batik Malang

Motif batik yang setelah itu yaitu batik Malang. Umumnya motif batik Malang mempunyai pola yang berupa tanaman/flora ataupun simbol-simbol kota Malang yang berupa candi ataupun lambang kota yang lain.

Batik Malang juga populer dengan warna motifnya yang tidaklah terlalu gelap. Gabungan warna biru yang digabung dengan warna putih serta merah jadi satu diantara ciri khas dari batik Malang ini.

5. Motif Batik Kudus

Motif batik yang ke lima yaitu motif batik yang datang dari lokasi Kudus. Bila diliat dengan saksama, motif batik Kudus adalah paduan dari motif-motif batik daerah yang lain.

Beberapa daerah itu yaitu Pekalongan, Solo, serta Yogyakarta. Kenapa motif batik Kudus dapat terbentuk dari paduan motif batik tiga kota tadi? Lantaran pada jaman dulu, sangat banyak beberapa pedagang yang membawa batik-batik dari Pekalongan, Solo, serta Yogyakarta untuk di jual di kota Kudus.

Hingga tak heran bila batik Kudus ini mempunyai motif batik khas yang disebut kombinasi dari batik Pekalongan, batik Solo, serta batik Yogyakarta.
Logged
Pages: [1]   Go Up