;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Cara Menghitung Investasi Saham  (Read 275 times)

tipsku

  • Kelasi
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
Cara Menghitung Investasi Saham
« on: October 26, 2017, 10:45:23 am »

Investasi saham, sering bukanlah dipandang jadi investasi tapi relatif permainan berbau spekulasi. Kesan saham yang dapat buat orang cepat kaya atau dapat bangkrut tidak dapat terlepas dari type investasi ini. Walau sebenarnya sejatinya tidak sekian. Saham ada kalkulasinya, baik cara menghitung keuntungan ataupun resikonya.

Baiknya pilih satu alternatif investasi dengan pertimbangan masak serta janganlah cuma karna tergiur akhirnya. Dalam investasi ada rumusan baku : potensi imbal hasil satu investasi senantiasa berbanding lurus dengan resikonya. Alternatif investasi yang agresif (miliki return tinggi) sekalian memiliki kandungan resiko yang relatif tinggi, begitu juga demikian sebaliknya.

Langkah Mengelola Resiko Investasi Saham

Dalam investasi saham, satu hal mendasar yang perlu untuk diketahui yaitu langkah menghitung dan mengelola resiko saham. Terdapat banyak persyaratan yang perlu dipahami seperti berikut ini :

Awas, Jauhi Jebakan Rasio Risk/Reward

Kontrol manajemen resiko dalam investasi saham adalah aksi yang pas serta mesti dipahami dengan baik. Dalam menganalisa resiko umumnya ada dua pendekatan yakni analisis teknikal serta fundamental dengan contoh rasio resiko di bawah ini :

Contoh Cara Mengelola Rasio Risk/Reward yaitu Seperti Tersebut Ini :

Ada banyak hal yang butuh dipahami sebelumnya investasi saham yakni :

Mengerti prospektus saham dari perusahaan yang diincar

Harga saham murah belum juga pasti baik untuk ada, begitu juga sebaliknya

Beli saham waktu murah belum juga pasti aksi yang pas, umumnya investor profesional tidak mempersoalkan beli waktu mahal sepanjang bis jual dengan lebih mahal.

Akan tetapi, Apakah Aksi Itu Pas?

Dengan rumus Anda belum juga pasti mengaplikasikan rencana rasio risk-reward hingga resiko kerugian yang mungkin berlangsung belum juga termonitor seutuhnya. Bagaimana caranya mengatasinya? Di bawah ini tahapannya :

1. Hindari memutuskan investasi berdasar pada insting, namun hitung rasio risk/reward dapat dikerjakan dengan objektif.

2. Setiap orang miliki tolerasi dalam ambil resiko yang berlainan, cocokkan saja dengan sendiri. Anda mungkin saja sukai bungee jumping, namun orang yang lain mungkin saja takut untuk cobanya.

3. Prinsipnya resiko tidak bisa dijauhi, terlebih bila bermain di investasi saham. Resiko cuma dapat dikendalikan. Pemahaman juga akan usaha sistem serta resiko yang pas buat Anda dapat memperoleh imbal balik maksimum dengan resiko termonitor.

Contoh Perhitungan serta Jebakan Rasio Risk/Reward

Umpamanya saja ada orang yg tidak di kenal memohon utang sebesar Rp500, 000 serta menyebutkan juga akan membayar Anda Rp600, 000 kurun waktu dua minggu. Lihat kesempatan ini, Anda mungkin memutuskan dengan hitung seperti berikut :

• Anda mungkin saja menampik dengan argumen belum juga mengenalnya dengan baik

• Anda terima karna orang itu menyebutkan juga akan membayar Rp1, 5 juta dalam dua minggu

• Pinjaman Rp500, 000 yang punya potensi jadi bertambah Rp1juta jadi Rp1, 5 juta dalam dua minggu itu adalah risk/reward dengan rasio potensi untung : resiko rugi=2 : 1 yang umumnya buat investor mulai tertarik.

• Rasio 2 : 1 ini sangat mungkin investor untuk melipatgandakan dana yang dipunyainya lewat investasi.

Saham masuk kelompok investasi dengan return paling baik juga resiko paling besar juga. Jadi tips umumnya investor lihat gerakan Indeks Harga Saham Paduan (IHSG), jadi basic memutuskan. Anda dapat check kalau mulai sejak th. 2002 juga sampai saat ini, IHSG sudah naik sejumlah 1. 344, 55% sepanjang 14 th. dari 424, 9 jadi 5. 742, yang apabila dirata-rata per tahunnya dapat beberapa 89%, pasti ini adalah tanda investasi yang menarik.

Perhitungan Rasio Risk/Reward

Rasio resiko pada imbal balik butuh dipahami investor dengan baik. Umumnya perbandingan pada laba di banding imbal balik yaitu rumusan yang baku. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut ini

Rumus Mengkalkulasi Rasio Laba/Imbal Balik

Andi beli saham dengan harga 3000 serta di jual kembali dengan harga 3500 hingga memperoleh laba 500. Bila Andi beli 100 lembar saham jadi laba yang didapat yaitu Rp50. 000 sedang rasio laba/imbal baliknya yaitu :

• Rasio 50. 000/300. 000=0, 16

• Investor juga akan memperhitungkan rasio imbal balik serta resiko jadi bahan untuk memutuskan investasi.

Langkah Gampang Kontrol Investasi Saham supaya Menguntungkan

Untuk meminimalisir resiko dalam investasi saham, mengerti dahulu beberapa langkah hitung risk/reward di bawah ini :

• Pilihlah saham dengan fundamental bagus

• Jangan menempatkan semuanya investasi kita dalam satu type saja

• Jika bermain saham, belilah apa yang di ketahui serta pahamilah apa yang juga akan dibeli

• Pakai prinsip basic trading yakni beli rendah jual saat tinggi

• Latih pengalaman dari mulai harga saham yang murah

Kekurangan langkah diatas yaitu perlu saat yang lama, tetapi keuntungannya, Anda juga akan makin cermat dalam investasi saham hingga resiko lebih termonitor.
Logged
Pages: [1]   Go Up