Lautan Indonesia

H O B I => Permainan Klasik => Topic started by: benzzz on February 22, 2008, 03:07:55 pm

Title: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: benzzz on February 22, 2008, 03:07:55 pm
from hernawan.web.id
(http://img144.imageshack.us/img144/5425/mainguliresizedn4.jpg)
Sebenarnya tulisan ini sudah lama di bagian draft, daripada nggak ada apa-apanya, lebih baik saya publish saja sambil saya benahi pelan-pelan.Sewaktu saya kecil dan masih duduk di bangku SD (Sekolah Dasar Negeri), saya sering sekali bermain bersama teman-teman sebaya saya di lapangan maupun halaman rumah yang waktu itu masih luas. apa saja yang kami mainkan? salah satu permainan yang kami gemari waktu itu adalah bermain kelereng, (atau guli kami menyebutnya) yang dalam bahasa inggris disebut sebagai marble.

Apa saja nama atau jenis permainan yang dapat kami mainkan dengan kelereng-kelereng tersebut? nama-nama permainan dengan kelereng yang masih saya ingat diantaranya adalah: PAL, Oles, Naga atau Apollo dan Tapo’ Lari (Tapo’ adalah bahasa melayu Pontianak yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah sembunyi. jadi kalau betapo’ artinya bersembunyi)

main PAL, dimainkan oleh beberapa anak, minimal dimainkan oleh 2 orang, di atas tanah yang lembut (tidak kering). di atas tanah itu dibuat gambar dan garis yang terdiri dari 2 buah tanda yang menyerupai huruf N dan garis panjang sebagai pembatas (yang disebut sebagai PAL)

Main Oles, dimainkan oleh minimal 2 orang anak, diatas tanah. Diatas Tanah dibuat sebuah lingkaran yang luasnya dapat dikehendaki oleh pemain sesuka hati. Namun rata-rata jari-jari lingkaran yang biasa digunakan sekitar 30-50 CM. di tengah-tengah lingkaran itu di letakkan beberapa buah kelereng hasil taruhan atau pasangan setiap pemain. jika yang bermain 3 orang, dan pasangan atau taruhannya 4 buah kelereng, maka jumlah di tengah lingkaran itu adalah 3×4=12 buah kelereng.
Cara bermain Oles. dalam permainan oles ini setiap anak diberi kesempatan satu kali setiap sesi.
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: by2 on March 18, 2008, 12:43:07 pm
wessss...
gw jg jago nih maen gundu dlu pas kecil...
gk pk modal pulang2 bisa bawa banyak...  ;D ;D ;D
cm modal ngutang doank pdhl...  ;D ;D ;D
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: hatake kakashi on March 19, 2008, 11:18:14 am
waaahh...klo aku agak susah maen yg ginian...bukan tipe sniper... ;D ;D
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: by2 on March 19, 2008, 05:09:00 pm
susah np...?!
org cuma sentil gundunya doank koQ...

ya...emg c butuh skill dikit supaya tepat sasaran juga...  ;) ;)
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: hatake kakashi on March 24, 2008, 10:21:42 am
makanya...klo maen gundu sering meleset...kalah mulu :'(
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: by2 on March 24, 2008, 03:20:41 pm
hahahha...

blajar sini ma gw... :P  ;D ;D
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: hatake kakashi on March 25, 2008, 12:40:35 pm
wahh..mank km bisa yah...keren...keknya ada tekniknya tersendri kan caranya nembak??
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: by2 on March 28, 2008, 05:21:15 pm
ya bisa lah...

ya...tergantung u nya juga...

kan tiap org beda2 cara nembaknya...
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: kngdrft on April 05, 2008, 05:08:06 pm
ada yang namanya maenan bdaman. tetep maen kelereng tapi lebih next level
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: malinda_putri on April 05, 2008, 08:11:45 pm
dulu pernah nyoba maen ma anak-anak co (ngikut kakak) hasilnya kalah mulu hiks...  :'(
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: on April 07, 2008, 08:58:42 pm
Kyaaaaaa~ KELERENG~! Aku suka banget!!! Udah bulet, enak banget disentilnya. XD~ Puas deh kalau udah tepat sasaran. :) Kalau menang kelereng lawan jadi milik pribadi... Gyahahahah~

Tapi dulu entah kenapa aku kok senang nglempar tu para kelereng ke genteng ya? -_-a Glundung...glundung..... Abis gitu naik genteng ngambil... XD

BTT. :P

Oh ya, yang biasa kalian pakai main tu yang kelereng ukuran sedang ya? Kalau kelereng mini dan raksasa sih gak kubuat untuk main, tapi untuk koleksi. Kelereng.....lucu; bulet, warna-warni, ada yang bening ada yang enggak... Jadi pengen beli lagi... Masih ada kan ya...?
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: jimi_simard on April 18, 2008, 03:12:14 pm
maen gundu make yg biasa, yg warnanya putih itu gacoan gw ;D
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: lili_faiti on April 20, 2008, 02:51:41 pm
waktu kecil sering main,main sentilan,lumayan jago loh gw :D,dulu pernah ngobok got,buat cari gundu  :P
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: dragons_air on April 20, 2008, 06:41:37 pm
waduh,maen yg ini,gw jagony banget.. ;D

mau hujan mau panas,mau lawan preman ato ibu2 skalian,mau maen sndirian ato banyakan,dolo doyan banget.. :D

gw menang terus mpe,kelereng drumah numpuk banget,tak bagi2in ma sodara..

*sombon.. ;D
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: jimi_simard on April 20, 2008, 06:46:27 pm
hayuk dah kita duel,,maen yg apolo ya,,
kan asik tuh,,skalinya kena puncaknya, langsung dapet smua tuh ;D
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: dragons_air on April 20, 2008, 06:55:08 pm
apolo nyang kek gimana ya?

perasaan dkampung gw,kaga ada pmaenan kelereng namany apolo.. ;D
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: frozenb on May 16, 2008, 08:46:56 pm
enak pas maen nembak kena kelereng lawan...
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: Oricca on May 16, 2008, 11:51:20 pm
Waktu kecil sering maen, tapi buat ngaco aja...
Soalnya cewek sih...
Jadi maennya sama cewek juga...
Kalo ngelawan cowok, udah pasti dibantai dah... :'(
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: dragons_air on May 19, 2008, 10:41:34 am
gw jagoanny loh...

*bangga...

gimana ga jago, dlatih tiap hari... 8) ;D

mau pake klereng yg gede ato yg kecil...
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: topi SD on May 19, 2008, 11:20:57 am
ah..aq ga gitu pinter maen ini..'anehnya gw selalu menang (berarti tmen2 gw yang bego)

tapi setelaha q menang dan berhak mengambil kelereng2 itu..
pasti milih yang bagus2 warnanya bt dikoleksi..
tapi klo diminta ogah..walopun aq kalah ;D
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: dragons_air on May 19, 2008, 11:24:57 am
dasar wanita licik... :P ;D

cwe maen kelereng cuma koleksi.... [thumbsdown]

dolo malah jagoan gw kelkereng yg bnyk bonyoknya...
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: topi SD on May 19, 2008, 11:32:37 am
iyah..kan kelereng bagus2...
warna2nya itu loh..
pokoknya kalo yang kalah ngasi aq kelereng jelek ga terima mpe meraung2 ;D
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: dragons_air on May 19, 2008, 11:34:56 am
ribet mang maen sm cwe... ;D ;D

biar cweny ga ukut maen, maenny pas panas2an aja tengah hari, takut item dy... ;D
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: topi SD on May 19, 2008, 11:48:47 am
pake payung..
lagian..klo gada gw yang ikutan maen gundu..gaseru..
secara mereka bego2 semua ;D
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: dragons_air on May 21, 2008, 11:13:50 am
jah, ribet amat pake payung... ;D ;D

mana ada seh cwo yg ga bis maen klereng...

dpertanyakan tuch... ;D
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: topi SD on May 21, 2008, 11:50:27 am
bisa2na sih bisa..
tapi pada maen tembak aja..
gak pake strategi (baca : licik)  ;D

duh..klo maen kelerng jari telunjukku sakit)
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: dragons_air on May 22, 2008, 08:32:20 am
eh, kek malah tembakanny pake jari tengah, yg pake telunjuk mlah jarang banget...
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: topi SD on May 22, 2008, 10:34:56 am
pake jari tengah gak nendang..;D
secara telunjuk gw lebih lihai 8)
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: renace on May 22, 2008, 08:24:52 pm
lah gw malah make tangan kiri tuh nyentilna, pdhl gw bukan kidal
tp lbhg maknyus make tangan kiri ;D
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: FG_girl on May 23, 2008, 03:41:22 pm
pada jago maen kelereng yaa...
gw demen tapi ngk lihai..
alhasil sering kalah.... hehhee...
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: dragons_air on May 23, 2008, 08:38:01 pm
Ada lo pmainan klereng bt cwe kek koleks ato maen tebak2an,dolo suka maen ma ibu2,menang gw;D
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: FG_girl on May 24, 2008, 09:14:00 am
lebih seru maen kelereng sama cowo.. :-[ :-[
tebak2an ngk seru...ga ada tantangannya..
walaupun sering kalah klo maen sama cowo ..tapi puas..hehehehe
kalah dgn terhormat...--apa coba..hehhe
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: dragons_air on May 24, 2008, 01:11:05 pm
Jah,kl cwe tanding ma cwo malah d mortaliti,citek nendangny..

*sok;D
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: Joey4fun on May 25, 2008, 01:49:32 pm
dulu gw ga jago2 amat maen gundu. tapi lumayan buat maenan kampung
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: kyuutaro on July 16, 2008, 11:51:43 am
Game ini didaerah gw disebut TALE....
ngga tau kenapa kalo maen sering menang diawal-awal, tapi ujung2nya kalah juga.
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: by2 on July 23, 2008, 05:09:16 pm
di daerah mn tuh..??

hehehe..ksian amt awl2nya doank menang..
klo gw mlh sebaliknya..
tnpa modal bs menang bnyk..
mlh gw jual ntr hsl menangnya..
he..
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: Carlyle on August 11, 2008, 10:56:30 am
pas kecil bisa main gundu.... mainnya pinjem gundunya kk gue  ;D tapi kalo kalah suka diomelin... kan kalo kalah gundunya berkurang jumlahnya  [hammer]
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: mizz min-u on August 15, 2008, 03:52:55 pm
pas kecil bisa main gundu.... mainnya pinjem gundunya kk gue  ;D tapi kalo kalah suka diomelin... kan kalo kalah gundunya berkurang jumlahnya  [hammer]

sama :P

kk gw tuh ngoleksi kelereng, trus klo pas lagi pingin maen tinggal minjem...
kadang maen ama kk juga, tp seringnya kalah  :'(
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: shiro-chan on September 11, 2008, 03:20:02 pm
~ aku suka warna warni kelereng yang terbuat dari beling terus di dalamnya ada isi yang lingkaran itu  ~  
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: andrikeren on July 06, 2009, 06:10:54 am
Wah, elah main gundu. Gundu favorit dlu yg keemasan gtu. Pasti klo mainin tu dlu hoki bener.

Klo nembak pasti kena.  [rollingeyes]
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: kenzo_hanako on July 07, 2009, 11:19:53 pm
Weiii... dirumah masih ada banyak gundu   [biggrin]
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: chibiusa-chan on July 20, 2009, 12:10:38 am
dulu suka main kelereng ame ketagihan
pas kelas 5 dah jarang main
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: blue_sсorpion on July 22, 2009, 01:38:25 am
suka main gundu skarang juga masih, kekanakan bgt ya......... ;D ;D ;D
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: yanuarchandra86 on July 25, 2009, 09:01:43 am
sulu ada yg kleren bening ma yg klereng susu ada jg klereng emas, yg klereng susu sering dijadiin buat pegangan main [thumbsup]
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: sasharlino.luverz on July 30, 2009, 02:54:02 pm
dulu wktu SD, gw sama temen2 gw sering main gundu...
Sampe ngoleksi gundu yang gede2..
Haha
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: andrikeren on August 03, 2009, 05:39:32 am
Huyuuuuhhhh ... ada klonce ya bluek ...  [hmpfh]

@Sas : Mang gundu yang gede, segede apa?  [rollingeyes]
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: arlin81 on August 12, 2009, 11:25:29 pm
Ikuut...
dl waktu kecil gw suka maen kelereng,sering menang jg,maen ma anak2 co ce,bangga rasax pulang maen bw kelereng 1 plastik.syg anak2 skrg ud jrg yg maen kelereng,pdhl seru.
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: duwixASL on December 22, 2011, 10:23:55 am
slalu mnang law main klereng, smpe2 klereng yg mnang ane jualin ke tmn2  [hmpfh] [hmpfh] [hmpfh]
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: Girl_Dragon on December 31, 2011, 07:28:49 pm
wah ..jaman2 aq SD noh maen ginian ..karna sering menang makanya jadi nagih ...n aq cewek sendiri waktu itu soalnya cewek lain pada seneng main lompat tali
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: BIDADARI 2 on November 08, 2014, 03:29:46 am
Ditempat gue lg musim kelereng. Pengen ikutan malu ama umur. Haha
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: y0eel on September 12, 2015, 06:58:43 pm
Main kelereng lubang asik juga
Waktu kecil pernah kalah dan kena hukuman ampe nangis gegara ga masuk2 lubang [hmpfh]
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: melody91 on January 08, 2016, 04:42:57 pm
dlu ane punya 1 ember heheheh
Title: Re: KELERENG / GULI / MARBLE
Post by: paradise.island on March 07, 2016, 01:29:38 pm
Ditempat gue lg musim kelereng. Pengen ikutan malu ama umur. Haha
wkwkwk
main aja gabung sama anak kecil