;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Gempa 6,3 SR Guncang Selandia Baru, Gedung Ambruk!  (Read 653 times)

ai_lov

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5.126
  • aiiii... aww!!
Gempa 6,3 SR Guncang Selandia Baru, Gedung Ambruk!
« on: February 22, 2011, 02:55:23 pm »

Gempa Selandia Baru Tewaskan 65 Orang

Selasa, 22 Februari 2011, 13:47 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, CHRISTCHURCH, NEW ZEALAND - Kota Chirstchurhc, di New Zealand, Selasa (22/2) diguncang gempa dahsyat yang memporak-porandakan bangunan yang ada di kota tersebut. Setidaknya 65 orang meninggalkan dunia, karena gempa yang melanda New Zealand untuk kali kedua itu.

"Ini hanya adegan kehancuran," ujar Perdana Menteri Selandia Baru John Kery usai memantau wilayah gempa beberapa jam setelah kejadian. Ia mengatakan, korban jiwa dari gempa tersebut berjumlah 65 orang dan kemungkinan akan bertambah. "Ini kemungkinan merupakan hari yang gelap bagi New Zealand," katanya.

Gempa tersebut mengguncang kota terbesar kedua di sore hari yang sibuk kerja dan lebih dekat ke pusat kota daripada gempa bumi besar yang merusak Christchurch pada September tahun lalu, tetapi tidak menyebabkan kematian ketika melanda sebelum fajar di akhir pekan.

Pihak kepolisian mengatakan dalam berbagai laporannya bahwa sekitar 350 ribu bangunan rusak akibat gempa tersebut. Gempa juga menghancurkan puncak mencara batu di gereja Katedral Christchurch, yang reruntuhannya berserakan hingga lapangan di pusat kota. Polisi juga melaporkan dua bis tertimpa bangunan yang runtuh.

Rekaman Video menunjukkan beberapa bangunan runtuh dan menimpa penduduk setempat dengan dinding yang telah runtuh di jalanan, penuh dengan pecahan batu-bata dan beton. Trotoar dan jalan retak dan pecah, dan beberapa penduduk yang selamat terpana, menangis dan menjerit, sementara warga lainnya berkeliaran di jalan-jalan dan sirene terdengar.

Beberapa lainnya membantu para korban yang bergelimangan darah dengan menggenggam luka, dan kendaraan pribadi lainnya yang dijalankan pada tandu darurat karpet kuno atau bit dari puing-puing.

Walikota Christchurch Bob Parker mengumumkan keadaan darurat dan meminta penduduk setempat untuk mengungsi ke pusat kota. Pasukan dikerahkan untuk membantu penduduk setempat agar keluar dari wilayah bencana, ujar Wakil PM Bill English. "Tidak akan membuat kesalahan tentang itu - ini akan menjadi hari yang sangat gelap untuk kota ini," ungkap Parker ketika ditanya tentang kemungkinan penduduk setempat yang meninggal.

Bandar Udara setempat juga ditutup dan Rumah Sakit Christchurch dengan berani melakukan berbagai penyelamaatan sebelum dianggap aman dan para pasien dapat dipulangkan. Jaringan telepon terputus, saluran pipa meledak dan menggenangi jalan-jalan, beberapa mobil yang di parkir di jalan terkubur di bawah reruntuhan.

Beberapa orang yang terjebak di dalam gedung perkantoran dan pemadam kebakaran menaiki sebuah tangga ekstensi untuk menyelamatkan orang-orang yang terjebak. Sebuah derek mengangkat para pekerja penyelamat yang berada di atap gedung. Gumpalan asap abu-abu membumbung ke udara di beberapa titik di sekitar kota, yang terlihat dari bekas reruntuhan bangunan.



Semoga tidak bertambah lagi korban jiwa.

!

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 273
Re: Gempa 6,3 SR Guncang Selandia Baru, Gedung Ambruk!
« Reply #1 on: February 23, 2011, 03:46:36 pm »


INILAH.COM, Sydney – Gempa berskala 6,3 SR di Selandia Baru berdampak sangat meluas dan menghancurkan wilayah-wilayah yang dekat dengan titik pusat. Mengapa sangat merusak?

Seorang dosen di University of Canterbury Earth Sciences Professor John Townend menyatakan kepada Radio New Zealand, peristiwa gempa Selasa (22/2) ini terhubung dengan gempa sebelumnya pada 4 September 2010 lalu.

“Gempa susulan tidak berakhir begitu saja dan salah satunya memang bisa menjadi sebuah gempa yang besar,” ujarnya.

Salah satu kota yang paling parah terkena dampaknya adalah Christchurch. Komposisi kota ini adalah lumpur, pasir dan kerikil dengan tabel air di bagian bawahnya. Saat terjadi gempa bumi, air naik dan bercampur dengan pasir.

Berita sebelumnya menyebutkan, titik pusat gempa berjarak 40 km dari Christchurch. Namun ahli memprediksikan, titik tersebut berjarak 20 km pada kedalaman lima kilometer. Getaran terasa hingga Ibukota Wellington dan Kota Dunedin.

Warga menuturkan, getaran gempa berlangsung selama di bawah satu menit. Gempa ini juga merupakan yang terbesar sejak gempa berkekuatan 7,1 SR pada 4 September 2010 lalu.



TEMPO Interaktif, Wellington -Gempa bumi berkekuatan 6,3 skala richter yang melanda Selandia Baru kemarin, tak hanya menewaskan sedikitnya 75 orang di Christchurch. Melainkan juga menggoyang hingga lepas 30 juta ton es gletser terpanjang di negeri itu, mengirim blok-blok es terjun ke danau di dekatnya.

Sejumlah operator tur kapal di area itu bilang bagian-bagian dari Glasier Tasman memisahkan diri di Danau Tasman segera setelah gempa, merontokkan menjadi gunung-gunung es lebih kecil dan menyebabkan gelombang air setinggi 3,5 meter.

“Saat itu sekitar 30 juta ton es, itu sangat besar, masif, skala sangat besar,” ujar Deni Callesen, General Manajer Turisme di Aoraki Mount Cook Alpine Village, hari ini. Dia menambahkan es jatuh atau “melelh” sudah diperkirakan, mengingat besarnya jumlah curah hujan baru-baru ini, perubahan dinamika dari danau dan fenomena cuaca La Nina, suatu faktor yang meningkatkan level curah hujan.

“Kami sudah tahu beberapa pekan sebelumnya bahwa ada sesuatu yang akan datang, apa yang hanya sebuah kurva bola lengkap, bidang, adalah bahwa itu gempa bumi yang memicu dan menyebabkan rontoknya (glasier raksasa),” tutur Callesen kepada Reuters.

« Last Edit: February 23, 2011, 03:53:15 pm by ! »
Logged

savedbymercy

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 2.264
  • "Baru sadar klo udah naik jabatan [hmpfh]"
Re: Gempa 6,3 SR Guncang Selandia Baru, Gedung Ambruk!
« Reply #2 on: February 23, 2011, 03:51:35 pm »

aduh kasihan bener warga kota Christchurch
skrg malah ada yg meninggal ya?
pdhl gempa pertama kan ga ada korban jiwa  :(
Logged


Oh my, I just love the way he looks at her! *swoon :D
Pages: [1]   Go Up