;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: 1 2 3 4 [5] 6 7 8 9   Go Down

Author Topic: Makanan/panganan khas dari daerah yg kaukenal.  (Read 19903 times)

tatapenz

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 7.173
  • NODAME -- I Can Do It! GYABOOO!
Re: Makanan/panganan khas dari daerah yg kaukenal.
« Reply #40 on: July 14, 2008, 05:18:35 pm »

hmmm... rangin tuh enak bgtzzz...
gw kan tinggal di sby, di depan rmh gw tiap sore hr selasa n kamis, tuh rangin pasti muncul...

ngin...rangin....
Logged

meinjp

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 7.752
  • Ind Tanah Pusaka
Re: Makanan/panganan khas dari daerah yg kaukenal.
« Reply #41 on: July 14, 2008, 05:48:49 pm »

jody : kue rangin kok pake gula merah seh?? gak salah tah?

Kue pancong ama rangi beda loh. Pancong kan pake gula pasir, agak lunak ya. Kalo rangin garing, dari sagu, atasnya dioles gula merah. Cetakan nya sama, tp rasanya beda. Aku lbh suka rangi.
Logged
Aku CiNta Tanah AirKu; どこへ行ってもインドネシアが一番!!
the longer I live outside my homeland, the more I love my Indonesia ! 帰りたい... 戻りたい... いつか... きっと...

Carlyle

  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 25.582
  • Happiness is a path, not a destination
Re: Makanan/panganan khas dari daerah yg kaukenal.
« Reply #42 on: July 15, 2008, 07:20:32 am »

carl..waktu itu gw liat di itc cempaka mas..tp dy pake indomi instan yg rasa mi celor itu loh..jadinya ga sesuai harapan..tp lumayan buat memenuhi rasa kangen..X3

Biasanya mie celor buatnya pake mie yg gede2.... kalo kamu pengen, coba aja nyari di tempat2 yg jual mpek2 palembang, cuma kadang2 mereka jualnya ga tiap hari, biasanya weekend sabtu-minggu jualnya  :)
Logged

[smitten][smitten][smitten]
estoy enamorada contigo, bebe Jo

meinjp

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 7.752
  • Ind Tanah Pusaka
Re: Makanan/panganan khas dari daerah yg kaukenal.
« Reply #43 on: July 15, 2008, 09:49:08 am »

mie celor tuh kuahnya pake apa?
kok tampangnya mirip Lontong Mie-nya Sby ?
tapi yg pasti mie celor kagak pake petis khan?  [rolleyes]
Logged
Aku CiNta Tanah AirKu; どこへ行ってもインドネシアが一番!!
the longer I live outside my homeland, the more I love my Indonesia ! 帰りたい... 戻りたい... いつか... きっと...

Carlyle

  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 25.582
  • Happiness is a path, not a destination
Re: Makanan/panganan khas dari daerah yg kaukenal.
« Reply #44 on: July 15, 2008, 11:28:21 am »

Meinjp, ini ada resepnya => credited to Mommy Dian

Mie celor Palembang

Bahan :
250 gram mie kering, rebus
100 gram toge, rebus 1/2 matang
1 buah telur, rebus, kupas belah 2, sisihkan
200 gram udang, kupas, sisakan kepala untuk dibuat kaldu
650 ml (3 gelas) air

Bumbu :
4 siung bawang putih, haluskan
4 siung bawang merah, haluskan
2 sdm ebi, haluskan
1 batang serai, geprek bagian putihnya
1 daun jeruk
1 cm jahe, geprek
1 batang seledri dan daun bawang, ikat bersama.
2 sdm air larutan maizena/sagu untuk pengental
1 sdm kecap asin
garam, gula, lada secukupnya
seledri & daun bawang, iris untuk taburan
Jeruk nipis
Bawang goreng
Cabai rawit iris

Cara Membuat :
1. Buat dulu kaldu udang. Masak air bersama kepala udang dan jahe. Masukkan seledri dan daun bawang ikat. Tunggu hingga mendidih, biarkan 5 menit. Saring dan angkat.
2. Tumis bumbu halus, masukkan serai dan daun jeruk, tumis hingga harum. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna.
3. Masukkan kaldu udang, kecap asin, garam dan gula pasir. Biarkan mendidih, cicipi rasanya.
4. Di dalam mangkuk, atur mie, toge rebus, dan telur rebus, sisihkan.
5. Setelah kuah mendidih, masukkan larutan air maizena/sagu, biarkan mendidih kembali (agak kental).
6. Siramkan ke atas mie dalam mangkuk
7. Taburi bawang goreng, seledri dan daun bawang, beri cabe rawit dan irisan jeruk nipis sebagai pelengkap.

TIPS
Pakai kepala udang saja untuk membuat kaldu udang, agar tidak gatal. Seringkali kalau membuat kaldu udang dengan kulit udang, yang makan akan gatal di tenggorokan. Pakai udang yang ukurannya agak besar agar kepalanya juga besar dan menghasilkan kaldu yang yang gurih.



Jadi lapar......  ;D
Logged

[smitten][smitten][smitten]
estoy enamorada contigo, bebe Jo

meinjp

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 7.752
  • Ind Tanah Pusaka
Re: Makanan/panganan khas dari daerah yg kaukenal.
« Reply #45 on: July 15, 2008, 05:04:28 pm »

carlyle : tengkyu ya... kayaknya boleh dicoba tuh, gak susah2 bgt  [thumbsup]
Logged
Aku CiNta Tanah AirKu; どこへ行ってもインドネシアが一番!!
the longer I live outside my homeland, the more I love my Indonesia ! 帰りたい... 戻りたい... いつか... きっと...

nat_phoenix88

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 9.425
  • kolam korea
Re: Makanan/panganan khas dari daerah yg kaukenal.
« Reply #46 on: July 15, 2008, 05:25:57 pm »

behub, dr bangka, maka kasih review makanan bangka
makanan khas bangka fav: martabak alias hok lo pan.
makanan khas bangka yg ga prnh makan: rusip, rada2 jijik.
Logged

guchi

  • Special Member
  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 11.685
Re: Makanan/panganan khas dari daerah yg kaukenal.
« Reply #47 on: July 15, 2008, 05:26:11 pm »

petis itu apa?

mein, masih di jepang? ???

aku mau ngasih yg dijual di mpok depan rumah...

1. nasi uduk
nasi bersantan gitu.... lauknya bisa telor, tempe, tahu, kerupuk, bawang ma sambel dikit..... itu di deket rumah yah... klo di tempat lain ada yg pake ayam...ga ada gambarnya, ga ada yg mirip... ntar kapan'' dipoto...

2. donat kampung...
donat, yg pake gula pasir biasa...

3. ketan urap
http://bp1.blogger.com/_U8Qyf5w7ANg/R3ilE6QMn7I/AAAAAAAAA5Y/LC37v8RD6cU/s1600-h/urabketan.JPG

4. klepon


5. putu...
http://bp3.blogger.com/_E9o9Vc91-5Q/RyF88i7SwVI/AAAAAAAAAd8/jo5_rk44UeA/s1600-h/putu+mayang.jpg

segini dulu... ntar wisata kuliner poto'' deh...

*gyaaaa, kecuali klepon ga ada yg mau keluar gambarnyaaaa....
Logged

meinjp

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 7.752
  • Ind Tanah Pusaka
Re: Makanan/panganan khas dari daerah yg kaukenal.
« Reply #48 on: July 15, 2008, 06:17:05 pm »

iya, msh nih... [thumbsdown] :-[

petis itu sodaranya TERASI, tapi beda pada proses pembuatan, bentuk, & pemakainannya.
petis biasanya dibuat dari udang.
petis itu lembek2 gitu. biasanya dicampur air atau kecap manis spy agak cair dikit utk bumbu masakan (mirip taoco gitu lah... tapi baunya mirip terasi  :D)


http://www.global-indo.com/image/big_p_shrimp.gif

http://wb4.indo-work.com/pdimage/94/623694_petisudang.jpg

http://i173.photobucket.com/albums/w77/mycharvel/Tahu%20Petis/TahuPetis1.jpg


petis itu apa?
mein, masih di jepang? ???
« Last Edit: July 15, 2008, 06:24:16 pm by meinjp »
Logged
Aku CiNta Tanah AirKu; どこへ行ってもインドネシアが一番!!
the longer I live outside my homeland, the more I love my Indonesia ! 帰りたい... 戻りたい... いつか... きっと...

gitablu

  • Special Member
  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 22.051
  • Rosa Gigantea
    • http://extine.wordpress.com
Re: Makanan/panganan khas dari daerah yg kaukenal.
« Reply #49 on: July 16, 2008, 10:13:08 am »

Quote
2. donat kampung...
donat, yg pake gula pasir biasa...

donat ini dari daerah mana ya?  ;D Apa mungkin hasil modifikasi dari donatnya barat?

rangin (di daerah saya namanya kue Rangi) itu yang pake gula merah gitu kan? terus agak alot di makannya, tp ada jg yg pake gula pasir biasa...itu juga rangi..
Pages: 1 2 3 4 [5] 6 7 8 9   Go Up