;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: [PascaL] operasi MOD dan DIV  (Read 15993 times)

LuckySe7en

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 55
[PascaL] operasi MOD dan DIV
« on: August 19, 2008, 10:56:01 pm »

halo...
saya mo nanya donk soal pascal..
terutama operasi pembagian MOD dan DIV
masih rada pusing ^^

kasusnya gini
kita meng input kan sembarang bilangan, misal 298600
nah..
ntar outputnya:
2 seratus ribuan
9 sepuluh ribuan
8 seribuan
6 ratusan

tuh bikin rumusnya gimana ya?
hehehe

thx a lot...

Logged
Lucky Se7en Online Shop (DivX Anime, Dorama, Tokusatsu, TV Series, Holywood / Box Office Movie)
YM / Email : se7en.lucky7@yahoo.com
Hp : 0899 582 7877 (WhatsApp)

mastery

  • Global Moderator
  • Senior Sailor
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 26.128
Re: [PascaL] operasi MOD dan DIV
« Reply #1 on: August 20, 2008, 03:51:29 am »

dasar hitungannya seh simpel...

misal variable nilainya adalah n, maka:

{ khusus untuk ratusan kita lakukan pembulatan, }
{ karena 150 akan membutuhkan 2 keping ratusan kan? }

ratusan    :=((n + 99) / 100) mod 10 ;
ribuan     := (n / 1000) mod 10 ;
_10ribuan  := (n / 10000) mod 10 ;
_100ribuan := (n / 100000) mod 100 ;


nah, sekarang gimana kalau kita pakai juga 'receh' 200 perak, 500 perak, lembaran 20 ribuan ama lembaran 50 ribuan hayoo? ;) *masih ada yg pakai keping 25 ama 50 perak ngga?*

oh ya, lihat juga [Programming] Menyebut Angka untuk menyebut jumlah uang, dan [request] program berapa lama komp ini nyala untuk menformat bilangan dalam hari~jam:menit:detik.milidetik [thumbsup]



edit:
(n + n mod 100) menjadi (n + 99),
sebenarnya lebih tepat kalau menjadi (n + (100 - (n mod 100) + 1)) seh,
tapi bentuknya jadi ribet, hehehe
« Last Edit: August 20, 2008, 09:19:22 am by mastery »
Logged

arie26

  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 13.241
  • *No More Me*
Re: [PascaL] operasi MOD dan DIV
« Reply #2 on: August 21, 2008, 03:30:35 pm »

Hmmm.. MOD dan DIV, ya? mungkin simple nya, mod bwat nyari sisa pembagian tertentu, div mencari 'bagian' integer dari hasil pembagiannya.

jadi misal pada operasi terhadap bilangan 5 dan 2, maka :
5 mod 2 = 1 (5:2 = 2 bersisa 1)
sedangkan
5 div 2 = 2 (5:2 = 2 bersisa 1)
atau mungkin bisa 'disamakan' dengan fungsi int(), umumnya digunakan pada pembulatan ke bawah bilangan real,  misal : int(2,5) = 2.

Jadi untuk permasalahan di atas... mungkin bisa dicoba :
- masukkan pecahan yang akan di gunakan ke dalam sebuah array, misal :
cacah : array [0..10] of real = (25,50,100,200,500,1000,5000,10000,20000,50000,100000);
- masukkan total uang yang akan dipecah, misal menggunakan variabel total,
- perulangan dari 10 turun ke 0, lakukan :
-- cek hasil bagi total dengan cacah uang yang diinginkan apakah lebih besar dari 0,
--- tuliskan integer hasil bagi tersebut untuk cacah uang yang diperiksa,
--- total diupdate dengan nilai total dibagi dengan cacah yang diinginkan
- sisa akhir adalah total setelah keluar dari perulangan di atas.

kurang lebih jadi seperti ini :
* dengan operator div & mod
Code: [Select]
   for i:=10 downto 0 do
   begin
      if total div cacah[i] > 0 then
        begin
          writeln(total div cacah[i],' lembar uang Rp.',cacah[i]);
          total := total mod cacah[i];
        end;
   end;

* tanpa operator div & mod
Code: [Select]
................
if int(total/cacah[i]) > 0 then
        begin
          writeln(int(total/cacah[i]):0:0,' lembar uang Rp.',cacah[i]:0:0);
          total := total - int(total/cacah[i])*cacah[i];
        end;

ntah, silaken di cek aja. Gw coba sekilas aja,  kalo ada kurangnya ya mohon diperbaiki :)
« Last Edit: August 21, 2008, 03:34:36 pm by arie26 »
Logged
Guys, thanks for everything. Gw pamit... nice to know/meet you all

If you only knew.... those lyrics are 4 U....

LuckySe7en

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 55
Re: [PascaL] operasi MOD dan DIV
« Reply #3 on: August 22, 2008, 04:22:45 pm »

tenkyu tenkyu

udah bisa sendiri kok

hehehehe

^^
Logged
Lucky Se7en Online Shop (DivX Anime, Dorama, Tokusatsu, TV Series, Holywood / Box Office Movie)
YM / Email : se7en.lucky7@yahoo.com
Hp : 0899 582 7877 (WhatsApp)

arie26

  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 13.241
  • *No More Me*
Re: [PascaL] operasi MOD dan DIV
« Reply #4 on: August 23, 2008, 06:49:52 am »

ok, deh... [thumbsup] [thumbsup]
so... gimana kelanjutannya neh, oom teri? :)
Logged
Guys, thanks for everything. Gw pamit... nice to know/meet you all

If you only knew.... those lyrics are 4 U....

dhiopratama

  • Kelasi
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1
Re: [PascaL] operasi MOD dan DIV
« Reply #5 on: October 28, 2014, 10:01:25 am »

 [kungfu] Sob gw masi newbi nih . mau nanya . kalo ada soal 10 Mod 3 * 5 div 2 begitu , program pascalnya gimana ya . saya masih bingung  :o
Logged
Pages: [1]   Go Up