;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: 1 2 3 4 [5] 6 7 8 9 ... 22   Go Down

Author Topic: Study in China/Taiwan  (Read 68851 times)

she_gemi

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 512
  • 只愛三隻與小咩!
    • My Site 蘿蔔絲
Re: Study in China/Taiwan
« Reply #40 on: March 12, 2008, 08:53:31 pm »

holla..siia newbie nih...taiwan kan bhsanya blom di terima di PBB,tapi mnurut kalian ada kemungkinan di akuin pbb gx ntar kemudiannya?klo boleh tau bener ya cma karena bhasa mandarin taiwan yg kuno?
waduh kayany yg u mksd itu salah besar d. kayany bukan bahasa d. masa bhs ada maen diterima ato engga.  :D :D :D lgan tw pake bhs mandarin. cm penulisanny msh memakai huruf tradisional.
mgkn yg u mksd itu bidang politikny d. ga berhubungan sama sekali sama bahasa.
Logged

she_gemi

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 512
  • 只愛三隻與小咩!
    • My Site 蘿蔔絲
Re: Study in China/Taiwan
« Reply #41 on: March 12, 2008, 08:59:33 pm »

haduh... brati yang mahal cuman di Taipei doank? gila aja kalo kota terbesar ama kedua terbesar jauh na ampe segitu biaya idupnya

eh... kalo di Kaohsiung thu orang2 lebih banyak ngomong Tai-Yu yag daripada bhs madnarin ndiri? so... kalo mau balajar hokkien sekalian bisa ke Kaohsiung aja yah??
yah...gt d....haha.....

makin ke selatan org2ny makin byk yg pake bhs tai yu. emmm...yg perlu diketahui, hokkien ga sama dgn tai yu. ini berdasarkan tmn gw yg org hokkien. tp dia sendiri sehari2ny di rmh pake hokkien, tp di tw dia ga gt ngerti tai yu. lgan guru gw mandarin yg di tw jg pernah bilang kl tai yu itu bukan hokkien. tp mirip doank. tp ada 1 hokkien yg sangat mirip sama tai yu. gw kurang ngerti jg soalny bkn hokkien. haha... i
Logged

matz

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 59
Re: Study in China/Taiwan
« Reply #42 on: March 13, 2008, 02:32:39 am »

yang mirip thu ketanya sih Mi Nan...

tapi gak tau lagi, gw juga ga isa ngomong hokkien

bisanya cepek nopek kamsia bochay hausek doank LoLjadi cuman kita doank yang ngobrol ne LoL
Logged
 

she_gemi

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 512
  • 只愛三隻與小咩!
    • My Site 蘿蔔絲
Re: Study in China/Taiwan
« Reply #43 on: March 13, 2008, 11:58:42 am »

emmm...kata guru gw minan yu itu sama dgn tai yu yg mrk gunain.  ;)

katany yg hokkien banda itu rada mirip ama tai yu.  :P

haha.... gw jg cm bs yg mudah2 doank. ga beda jauh lah kita.  ;D ;D ;D

iya kok jdny cm kita ber2 yg ngobrol di sini.  :D :D :D
Logged

matz

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 59
Re: Study in China/Taiwan
« Reply #44 on: March 13, 2008, 02:28:48 pm »

jadi di medan thu bukan minan yah hokkien nya? oo~ baru tau

soalnya temen gw yang medan pernah ngomong pas di gossip in ma orang taiwan, si taiwan ngomong pake tai yu, terus dia bales lah pake hokkien medan, ya nyambung si, tapi pas si medan pake kata2 indo nya si taiwan langsung senewen  ;D ;D ;D

eh...
nanya neh
國立台灣師範大學僑生先修部

itu NTNU kan??

gw rencana seh mau ambil MTC nya doank, nah. kalo madnarin gw masih jebot ntar dimasukin ke 印輔班 gitu yah?

ato 印輔班 itu cuman buat orang yang "belajar bahasa sebagai persiapan kuliyah di taiwan" bukan MTC itu sendiri kan??

kalo misalnya gw udah tinggal lama di US mau pindah ke 美輔班 bisa gak... terus terang gw kalo blajar bahasa asing bahasa pengantar inggris thu lebih enak si....
« Last Edit: March 14, 2008, 07:39:33 am by matz »
Logged
 

rupirupirupi

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 15
  • Kame-Chan
Re: Study in China/Taiwan
« Reply #45 on: March 13, 2008, 06:46:32 pm »

thx...gw menjadi lebih ngerti...klo selain beijing yg notabene kota besar,kota kecil dichinna dimana lagi yang bgz buat belajar bahasa mandarinnya?
Logged

cath-lin

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 529
Re: Study in China/Taiwan
« Reply #46 on: March 13, 2008, 10:19:41 pm »

she_gemi..
tengkyu yah...
ntar gw pikirin lagi.. pengen cari beasiswa ey...
gimana ngajuinnya yah???
Logged

cath-lin

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 529
Re: Study in China/Taiwan
« Reply #47 on: March 13, 2008, 10:28:29 pm »

owh.. tai yu n hokkian tuwh beda yah??
kenapa kalo dengar di filem rasanya sama.. hehehe
Logged

she_gemi

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 512
  • 只愛三隻與小咩!
    • My Site 蘿蔔絲
Re: Study in China/Taiwan
« Reply #48 on: March 14, 2008, 04:55:04 pm »

jadi di medan thu bukan minan yah hokkien nya? oo~ baru tau

soalnya temen gw yang medan pernah ngomong pas di gossip in ma orang taiwan, si taiwan ngomong pake tai yu, terus dia bales lah pake hokkien medan, ya nyambung si, tapi pas si medan pake kata2 indo nya si taiwan langsung senewen  ;D ;D ;D

eh...
nanya neh
國立台灣師範大學僑生先修部

itu NTNU kan??

gw rencana seh mau ambil MTC nya doank, nah. kalo madnarin gw masih jebot ntar dimasukin ke 印輔班 gitu yah?

ato 印輔班 itu cuman buat orang yang "belajar bahasa sebagai persiapan kuliyah di taiwan" bukan MTC itu sendiri kan??

kalo misalnya gw udah tinggal lama di US mau pindah ke 美輔班 bisa gak... terus terang gw kalo blajar bahasa asing bahasa pengantar inggris thu lebih enak si....

t4 kul gw skrg malah byk anak medan tuh. tp mrk ga gt bs dengar org tw ngom tai yu. tp kl org medan ngom hokkien org tw bs ngerti.  ??? haha.....

emmm...... iya, itu NTNU but buat preparatory school buat overseas chinese pny.
btw gw ga ngerti apa yg u mksd ama MTC?  ???
emmm...kayany u salah kaprah mengenai 印輔班. program ini dikhususkan buat anak overseas yg dr indo. soalny semua yg mau kul di tw pasti kan hrs test dl. nah khusus anak indo diksh ksempatan buat belajar dl di tw selama kurang lbh 45 hari. abis itu baru test. nah 印輔班 itu adalah program yg belajar 45 hari utk ikut test. abis test ntar keluar hasilny, kl bs ngomong seh kaya dibagi 3 klpk gt. yg nilainy bgs bs lgsg msk uni. yg ga gt bgs tp msh lmyn lah akan msk ke kls 先修班. ini buat program belajar dl gt selama 1 thn n bakal bersaing dgn anak overseas laen dr berbagai negara. lalu kl emang nilainy termsk parah gt bakal msk ke 特輔班.neh program buat belajar 2 thn. n rata2 di dlm kls ini anak indo menempati hmpr 98% :-X.

gw ga ngerti u dpt info dr mana. soalny gw ga pernah ada program yg namany 美輔班.  :o

emmmm....gmn yah. gw agak kurang ngerti mksd u jg seh. kl bs agak diperjelas soalny gw jg bingung2 mau jwbny. hehe.... :D :D :D :D i'm sorry........ :P kl bs diksh tau mau kul ato skul bhs doank gt.  ;)
Logged

she_gemi

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 512
  • 只愛三隻與小咩!
    • My Site 蘿蔔絲
Re: Study in China/Taiwan
« Reply #49 on: March 14, 2008, 04:56:24 pm »

she_gemi..
tengkyu yah...
ntar gw pikirin lagi.. pengen cari beasiswa ey...
gimana ngajuinnya yah???
sebenerny mau kul ato skul yah? hehe....
soalny asal pny prestasi bgs biasany pasti bs apply beasiswa. tp agak berat soalny pasti saingan ama anak tw. kl mau beasiswa dr indo gt gw kurang tau d.  :D
Logged
Pages: 1 2 3 4 [5] 6 7 8 9 ... 22   Go Up