;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1] 2   Go Down

Author Topic: Tarian Tradisional Jepang  (Read 18765 times)

hws2909

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 144
Tarian Tradisional Jepang
« on: October 15, 2008, 05:57:35 PM »

Hallo teman2 seperti halnya negara kita yang punya berbagai macam budaya tradisional, maka di Jepang juga mereka punya kebudayaan tradisional yang unik dan berwarna warni loh.

Hari ini kebetulan aku lihat tayangan di TVRI tentang tarian tradisional Jepang, WOW sangat menarik dan unik sekali disana dicerita secara terperinci dari berbagai macam tarian tradisional Jepang seperti Kabuki, Bon Odori sampai dengan Mai. Tarian-tarian tersebut dapat ditarikan oleh sekelompok orang dari yang tua maupun yang muda, terutama Bon Odori yang ditarikan pada saat panen sebagai bentuk ucapan syukur kepada dewa, saat festival musim panen ditarikan secara kelompok yang besar dan seluruhnya pakaian tradisional Jepang.
Ada pula yang khusus ditarikan sebagai bentuk doa dan penarinya orang2 terpilih di komunitas tersebut, oh ya ada juga bentuk tarian yang melibatkan penonton …wah kalau yang satu ini lebih ekpresif sekali.

Gerakan nya ada yang lemah gemulai, lambat, cepat atau gabungan dari element2 tadi.  Ada pula nama tarian tertentu yang seluruhnya bertempo lambat, nah yang ini aku lupa namanya sepertinya si Mai yach.

Langkah kaki mereka juga sangat lemah lembut lambat dan ada 3 gerakan dasar yang terdapat pada kabuki yaitu gerakan memutar, gerakan tangan, dan gerakan kepala. Jadi setiap gerakan ada artinya bagaimana kalau menangis, bagaimana kalau gembira wah beda sekali dengan tarian tradisional Indonesia yang lebih energic ya.

Oh ya selain topeng ada pula kipas merupakan salah satu instrument dalam menari di mana dapat mengambarkan kehidupan masyarakat Jepang, misalnya untuk mempresentasikan gerakan minum teh di cangkir besar atau cangkir kecil (nah perbedaan cangkir maka gerakan tariannya juga sangat berbeda), gerakan menulis surat dan memprensentasikan surat pun berbeda, gerakan yang paling megagumkan adalah gerakan kincir angin, bener2 acrobatik kipas. Selain itu gerakan hewan seperti burung, bangau, dari sedang jalan sampai terbang pun dipresentasikan dengan gerakan tari yang kalau diperhatikan bener2 seperti burung gitu…walah detail sekali yach

Nah salah satu keunikan Kabuki selain tentunya pemainnya adalah pria, adalah pergantian busana yang terjadi di atas panggung …. Wah ini yang membedakan dengan negara kita ….terkagum2 dengan prosesnya si penari hanya seorang dan ada satu orang assistant dipangung yang membantu proses ganti baju….sungguh menarik dari yang tadi memakai kimono merah menjadi kimono putih.
Kabuki pakaian yang mereka kenakan sangat warna warni dan sensual yach sepertinya  padahal pakai Kimono loh
Setahuku sih Kabuki itu bener-bener kesenian tingkat tinggi setiap ada pertunjukan kabuki pasti tiket habis dan katanya sih tiketnya mahal.

Basically pakaian para penari apapun jenis tariannya menarik dan anggun sekali, sedangkan latar belakang panggung rata-rata sangat simpel. 

Bener2 takjub deh melihatnya ….oh andai kan ada yang bisa ngajarin kita menari tarian tradisional Jepang di sini… aku mau loh J
Logged
hws

rainese

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5472
  • pikapikachuu~
    • rain's bLOg ^^
Anou...
« Reply #1 on: October 16, 2008, 01:08:11 AM »

Wah, ada tred baru....

Di kampus gw ada klub odori jepang, tp kalo kta gw biasa aja tuh...
Apa karna mahasiswanya yg blm mngaplikasikannya dgan baik ya? Hehe
Logged

こんなロマンスがほしい♥
Twitter | Tumblr

rainese

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5472
  • pikapikachuu~
    • rain's bLOg ^^
Anou...
« Reply #2 on: October 16, 2008, 01:08:52 AM »

Wah, ada tred baru....

Di kampus gw ada klub odori jepang, tp kalo kta gw biasa aja tuh...
Apa karna mahasiswanya yg blm mngaplikasikannya dgan baik ya? Hehe
Logged

こんなロマンスがほしい♥
Twitter | Tumblr

hws2909

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 144
Re: Tarian Tradisional Jepang
« Reply #3 on: October 16, 2008, 05:59:48 PM »

Odori mungkin lebih seru kalau ramai2, kalau yang sepanjang aku lihat sih menarik ya tapi memang gerakannya ndak jingkrak2 sih
tapi irama nya menarik apa lagi diiringi lagu tradisional Jepang : )
Logged
hws

mbuhhh channnnnnnn

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 243
  • la tristesse durera toujours
Re: Tarian Tradisional Jepang
« Reply #4 on: October 16, 2008, 08:34:32 PM »

Pos pertama langsung kesimpulan. ;D ;D

Gud, gud...niad.. :D
Logged
When I fall, I lose my heart & fill the space with her..


KapCil ---> kamu di-warning karena bicara kasar di kolam JEPANG

hws2909

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 144
Re: Tarian Tradisional Jepang
« Reply #5 on: October 16, 2008, 10:08:23 PM »

Pinginnya masukin gambar, namun berhubung ada Hak Cipta kaga bisa deh di input di sini : )
Logged
hws

odyssey

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 9630
  • 忘れかけていた思い出を~
    • Ody`s bLog XD
Re: Tarian Tradisional Jepang
« Reply #6 on: October 16, 2008, 10:20:02 PM »

pernah coba sekali (asal ngikut waktu natsu matsuri)
lucu sih

tapi yah itu

geraknya kan lemah lembut dan lamban
terus diulang2
pake musik tradisional jepang pula

jadi kalo cuman sekali2 ngikut sih bolehlah, kalo buat didalamin tiap sore latian (kek ibu2 di deket asrama ody dolo)

kayanya saya tidak cocok  :D :D

dolo sempet foto2 orang nari pas bon odori kek`na
coba ubek2 dolo yahh ^o^
Logged
忘れかけていた思い出を取りもどせ!!♥♥
wasurekakete ita omoide wo tori modose
ava thx to : mamaveve ^o^

shunichirou

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 120
  • Sata Andagi..!
    • My Blog
Re: Tarian Tradisional Jepang
« Reply #7 on: October 17, 2008, 10:10:11 PM »

kl aku liat tarian jepang kok emang variasi gerakannya ngga terlalu banyak :)

souma

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 6856
Re: Tarian Tradisional Jepang
« Reply #8 on: October 17, 2008, 10:43:22 PM »

Mai ntu tarian sprt apa y?

aku cuman tau kabuki, bon odori....

klo bon odori si pernah nyoba,,,,
kans ering tuh d festival"
Logged
..................

riesha

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2000
  • ganbatte ikimasho !!!
Re: Tarian Tradisional Jepang
« Reply #9 on: October 20, 2008, 11:49:10 AM »

topik na menarik neh...
sayang g ada poto...
biar bisa liat kostum ma make up na kayak apa.. :)
Logged
Pages: [1] 2   Go Up