;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1] 2   Go Down

Author Topic: Cerita Rakyat Indonesia  (Read 12603 times)

KoJapLover

  • Special Member
  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 10.474
  • SHINHWA :: TEENTOP :: KARA
    • Jahe's
Cerita Rakyat Indonesia
« on: December 01, 2008, 05:33:16 pm »

well, sori kalo uda ada tretnya ato gw salah masuk kolam...

gw disini mau kasih lahan aja buat ngomongin cerita rakyat, dan sekalian gw nanya...


gw dapet tugas manggung buat tugas besar akhir UAS ini, disuruh ngangkat cerita rakyat yang ga begitu dikenal orang banyak...

ada yang tau??

thanks yah~
Logged
Harry saw the pug-faced Pansy Parkinson right at the front of the stands, her back to the pitch as she conducted the Slytherin supporters...
team Slytherin

Del_29

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 181
  • Shuo guo le zai jian, yi ding hui zai jian ^^
Re: Cerita Rakyat Indonesia
« Reply #1 on: December 01, 2008, 07:01:48 pm »

coba search aja kumpulan cerita rakyat dari kota-kota kecil gitu. g dulu pernah dapet tugas bgtu juga, ga terlalu susah kok nyarinya  ;) Gudluck..
Logged

I'm Triple S! :)

KoJapLover

  • Special Member
  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 10.474
  • SHINHWA :: TEENTOP :: KARA
    • Jahe's
Re: Cerita Rakyat Indonesia
« Reply #2 on: December 02, 2008, 01:24:11 am »

gw kepikiran ntu juga sih....

tapi ga papa kok kalo kalian mau jadiin tret ini buat ngobrolin cerita rakyat....  [rolleyes]
Logged
Harry saw the pug-faced Pansy Parkinson right at the front of the stands, her back to the pitch as she conducted the Slytherin supporters...
team Slytherin

evil_girl

  • Forum Machi
  • ***
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 2.103
  • Call me Evi.. ^.~
Re: Cerita Rakyat Indonesia
« Reply #3 on: December 23, 2008, 06:50:51 am »

Cerita rakyat yak?
Gw banyak punya buku cerita rakyat c. Coz gw dari dulu suka ma cerita2 kaya gini.

Kadang critanya happy ending, tapi kadang juga sad ending.

Dan terkadang crita di satu daerah, mirip dengan cerita di daerah yang lain.
Bacanya jadi seru aja... :D
Logged
Have you watching Shiroi Haru?

Ies-tea

  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 10.176
  • ^^ sarangheyo ^^
Re: Cerita Rakyat Indonesia
« Reply #4 on: January 13, 2009, 02:02:18 pm »

hhmm.. aku baca buku2 kaya gini dr perpus pas SMP, tp aku ngga menikmati loo... tau kenapa
pas sma udah mulai baca novel terjemahan, jd makin tertinggal untuk cerita rakyat.. :P

asrina_1986

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 8.116
  • It's not me!
    • book rants
Re: Cerita Rakyat Indonesia
« Reply #5 on: January 31, 2009, 02:32:22 pm »

padahal klo penulis luar jago banget deh mengangkat cerita rakyat mereka dengan kemasan modern jadi  cerita rakyat mereka ga bener2 mati n generasi mudanya masih tetep ngeh sama cerita rakyat mereka [thumbsup]

ada yang mau jadi kayak penulis2 itu ga?
Logged

juliettehasagun

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 118
  • My Bleeding Romeo
    • Personal Blog
Re: Cerita Rakyat Indonesia
« Reply #6 on: February 08, 2009, 03:11:18 pm »

Gue! Gue seneng banget sama cerita rakyat!
Menurut gue banyak banget yang bisa dieksplore dari cerita rakyat. Apalagi cerita rakyat di Indonesia belum banyak dikenal dunia. Favorit gue tuh cerita Timun Mas. Abis dia satu-satunya jagoan cewek dalam folklore (yang gue tahu sih) yang berani ngelawan raksasa tanpa bantuan prince charming. :) Yah emang ada unsur magicnya sih.

Kebanyakan cerita rakyat Indonesia kalau dilihat tuh banyak unsur balas dendamnya. Kurangajar sama orang tua jadi batu (Malin Kundang) terus apalagi ya? Terus juga tokoh-tokohnya sangat hitam putih. Tapi kalau dipikir sih wajar aja soalnya settingnya waktu itu ya emang gitu. bandingin aja sama cerita rakyat luar negeri yang kaya'nya rata-rata tokohnya hitam putih gitu.

Sekarang gue juga lagi ngolah cerita rakyat jadi versi gue sendiri. Yang lagi gue olah tuh cerita Bawang Merah Bawang Putih.
Logged
Tentang Buku dan Cerita Misteri Indonesia Jejak Darah
Twitter: @deetopia
Personal Blog: Deetopia

Ies-tea

  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 10.176
  • ^^ sarangheyo ^^
Re: Cerita Rakyat Indonesia
« Reply #7 on: February 16, 2009, 11:47:35 am »

cerita rakyat, kl dalam versi dongeng karena mungkin dah sering banget di dongengin jamannya kecil dulu jadinya dah pada apal kali
makanya aku jaraaaaaannngggg banget baca buku2 cerita rakyat :P

asrina : hu uh tu.. Kl di luar kan banyak dongeng2 yg eksis ya? Kok di sini kaga si ?

mer-MAJESTY

  • Special Member
  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 16.811
Re: Cerita Rakyat Indonesia
« Reply #8 on: February 20, 2009, 12:48:14 am »

padahal klo penulis luar jago banget deh mengangkat cerita rakyat mereka dengan kemasan modern jadi  cerita rakyat mereka ga bener2 mati n generasi mudanya masih tetep ngeh sama cerita rakyat mereka [thumbsup]

ada yang mau jadi kayak penulis2 itu ga?


Cerita rakyat kita juga masih exis koq walo dari mulut ke mulut :P

kalo cerita rakyat kita dibikin modern ntar jadinya gak setia ama cerita aslinya donk? hehehehe




Cerita Rakyat yang paling aku suka itu Malin Kundang, gak usah dijelasin kenapa, semua orang juga udah tau....

trus Timun Emas....
Tangkuban Parahu juga bagus...

apa lagi yah.....

kisah asal usul banyuwangi juga bagus
kebanyakan seh seputar kisah cinta yah  [biggrin]
Logged

cuteness overload
Manse - Daehan - Minguk

asrina_1986

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 8.116
  • It's not me!
    • book rants
Re: Cerita Rakyat Indonesia
« Reply #9 on: March 07, 2009, 01:05:10 pm »

malah bagus kan klo cerita rakyat dikemas dengan modern (asal jangan maksa kayak sinet gejenya genta)
jadi anak2 kecil sekarang yang ga kenal sama malin kundang, sangkuriang, timun mas bakalan ngeh!

aku dukung perjuangan siapapun yang mau memodernisasi cerita rakyat kita asal bermutu ya? [bigwink]
Logged
Pages: [1] 2   Go Up