;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Penggunaan Time Frame  (Read 150 times)

chopetonk

  • Kelasi
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 3
Penggunaan Time Frame
« on: January 12, 2017, 10:51:09 am »

Time Frame adalah satuan waktu yang digunakan untuk melihat Grafik (candle) pergerakan harga yang terjadi sampai dengan terbentuknya Grafik (candle) baru. Time Frame yang tersedia dalam MetaTrader 4 adalah M1 (1 menit), M5 (5 menit), M30 (30 menit), H1 (1 jam), H4 (4 jam), D1 (satu hari), W1 (satu minggu), dan MN (satu bulan). Perhatikan penggunaan time frame H1 dibawah ini, dimana candle telah bergerak selama 11:8 menit, dan candle masih akan bergerak selama 48:2 menit (CandleTime), sebelum terbentuknya candle baru (terhitung mundur).

Fungsi dari time frame adalah untuk menentukan secara umum trend pergerakan harga yang akan terjadi. Penggunaannya relatif, tergantung dari metode atau strategy dari masing-masing Trader. Scalper umumnya menggunakan M1-M15, Intraday/Day Trader umumnya menggunakan M30-H4, dan Swing/Long-Term Trader umumnya menggunakan D1-W1. Jadi untuk menentukan time frame terbaik dalam melakukan trading adalah harus disesuaikan dengan startegy yang Anda gunakan.

Penggunaan time frame rendah seperti M1 atau M5 tidak memungkinkan untuk memasang target Profit (Pips) yang besar, sebab trend pergerakan harga yang terjadi pada time frame rendah  tidak kuat, biasanya hanya sebuah koreksi harga dari trend pergerakan harga yang terjadi pada time frame yang lebih besar, sebelum harga melanjutkan trendnya. Disini para trader (Scalper) hanya menentukan target profit sebesar 5-10 Pips, dengan demikian stop loss yang digunakan juga rendah karena disesuaikan dengan target (Pips) yang ditentukan. Kemungkinan stop loss tersentuh akan cepat terjadi, sebab level stop loss tersebut berada pada kisaran harga rata-rata yang terjadi pada time frame yang besar.

Time Frame M1

Penggunaan time frame yang besar seperti D1 atau W1 memungkinkan untuk memasang target Profit (Pips) yang besar, sebab trend pergerakan harga yang terjadi pada time frame besar terarah dan kuat. Disini para trader dapat menentukan target profit yang besar (100 Pips atau lebih). Namun demikian dengan target profit yang besar, tentunya stop loss yang digunakan juga besar, maka dalam hal ini diperlukan kekuatan modal yang besar pula.

Time Frame D1

Semakin kecil time frame, maka pergerakan harga (Pips) yang dihasilkan untuk tiap satu Grafik (candle) akan semakin kecil. Semakin besar time frame, maka pergerakan harga (Pips) yang dihasilkan untuk tiap satu Grafik (candle) akan semakin besar. Jadi bisa disimpulkan bahwa time frame mempunyai pengaruh terhadap penentuan Target dan Stop Loss.
Logged

muntie

  • Kelasi
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 4
Re: Penggunaan Time Frame
« Reply #1 on: January 25, 2017, 12:43:36 pm »

penggunaan time frame harus bisa disesuaikan dengan kemampaun, jika memang ingin pergerakan yang pasti dengan prediksi yang bisa dibaca secara benar maka gunakan time frame besar
Logged
Pages: [1]   Go Up