;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: AA NAVIS - Robohnya Surau Kami  (Read 4485 times)

natane

  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 14949
  • nino..... males kul nih :P
    • masa lalu
AA NAVIS - Robohnya Surau Kami
« on: December 24, 2008, 10:49:35 PM »

Dr wiki:

Robohnya Surau Kami adalah sebuah kumpulan cerpen sosio-religi karya A.A. Navis. Cerpen ini pertama kali terbit pada tahun 1956, yang menceritakan dialog Tuhan dengan Haji Saleh, seorang warga Negara Indonesia yang selama hidupnya hanya beribadah dan beribadah. Cerpen ini dipandang sebagai salah satu karya monumental dalam dunia sastra Indonesia[1].

Buku Robohnya Surau Kami ini berisi 10 cerpen: Robohnya Surau Kami, Anak Kebanggaan, Nasihat-nasihat, Topi Helm, Datangnya dan Perginya, Pada Pembotakan Terakhir, Angin dari Gunung, Menanti Kelahiran, Penolong, dan Dari Masa ke Masa.

Di dalam setiap cerpennya di buku ini, A.A. Navis menampilkan wajah Indonesia di zamannya dengan penuh kegetiran. Penuh dengan kata-kata satir dan cemoohan akan kekolotan pemikiran manusia Indonesia saat itu - yang masih relevan di masa sekarang ini.

Cerpen "Robohnya Surau Kami" bercerita tentang kisah tragis matinya seorang Kakek penjaga surau (masjid yang berukuran kecil)di kota kelahiran tokoh utama cerpen itu. Dia - si Kakek, meninggal dengan menggorok lehernya sendiri setelah mendapat cerita dari Ajo Sidi-si Pembual, tentang Haji Soleh yang masuk neraka walaupun pekerjaan sehari-harinya beribadah di Masjid, persis yang dilakukan oleh si Kakek. Haji Soleh dalam cerita Ajo Sidi adalah orang yang rajin beribadah, semua ibadah dari A sampai Z ia laksanakan semua, dengan tekun.Tapi, saat "hari keputusan", hari ditentukannya manusia masuk surga atau neraka, Haji Soleh malah dimasukkan ke neraka. Haji Soleh memprotes Tuhan, mungkin dia alpa pikirnya. Tapi, mana mungkin Tuhan alpa, maka dijelaskanlah alasan dia masuk neraka, "kamu tinggal di tanah Indonesia yang mahakaya raya,tapi, engkau biarkan dirimu melarat, hingga anak cucumu teraniyaya semua. Aku beri kau negeri yang kaya raya, tapi kau malas. Kau lebih suka beribadat saja, karena beribadat tidak mengeluarkan peluh, tidak membanting tulang." Merasa tersindir dan tertekan oleh cerita Ajo Sidi, Kakek memutuskan bunuh diri. Dan Ajo Sidi yang mengetahui kematian Kakek hanya berpesan kepada istrinya untuk membelikan kain kafan tujuh lapis untuk Kakek, lalu pergi kerja.

ada yg udah baca?
keren loh  :D :D
« Last Edit: September 16, 2009, 11:58:20 AM by Ies-tea »
Logged

magicplayer

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 499
  • ZX Kick!!!!
    • My novel project; Project Izarut
Re: Robohnya Surau Kami (AA Navis)
« Reply #1 on: December 24, 2008, 11:23:34 PM »

Yep. Aku juga udah baca waktu SD ato SMP dulu di buku bahasa Indonesia. Keren tuh ceritanya, menggugat orang yang kerjanya cuman berdoa n ga mau kerja ato mbantu orang disekitarnya.
Logged
"A good writer is not, per se, a good book critic. No more so than a good drunk is automatically a good bartender." Jim Bishop

natane

  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 14949
  • nino..... males kul nih :P
    • masa lalu
Re: Robohnya Surau Kami (AA Navis)
« Reply #2 on: December 24, 2008, 11:37:12 PM »

mnurut gue yg diejek itu ajo sidinya
tokoh narator disini kan benci ajo sidi
terus dia rada myalahkan ajo sidi atas kematian si penjaga surau
kyknya ajo sidi ini simbolnya setan
dia menggoda org yg bgitu sholeh shg bisa bunuh diri di akhir hayat (akhirnya masuk neraka deh)  :-\
Logged

magicplayer

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 499
  • ZX Kick!!!!
    • My novel project; Project Izarut
Re: Robohnya Surau Kami (AA Navis)
« Reply #3 on: December 24, 2008, 11:50:17 PM »

Kalo menurutku malah beda. Inget waktu "orang beriman" yang udah sering naik haji, bahkan sampai ada yang syeikh segala, malah dilempar ke neraka trus pada protes sama Tuhan? Apa jawaban Tuhan waktu mereka protes semua itu? Tuhan bilang mereka terlalu banyak berdoa sehingga tidak sempat membantu sesama, dari situ aku bilang ni novel nyindir orang2 yang kerjanya cuman berdoa doang.
Logged
"A good writer is not, per se, a good book critic. No more so than a good drunk is automatically a good bartender." Jim Bishop

natane

  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 14949
  • nino..... males kul nih :P
    • masa lalu
Re: Robohnya Surau Kami (AA Navis)
« Reply #4 on: December 25, 2008, 03:41:23 PM »

tapi knapa judulnya "robohnya surau kami"?  ???
akhirnya tanpa si kakek itu suraunya jd terbengkalai?
berarti org2 yg mengabdikan diri utk masjid emg diperlukan toh
bkn mereka enak2an males bekerja
Logged

magicplayer

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 499
  • ZX Kick!!!!
    • My novel project; Project Izarut
Re: Robohnya Surau Kami (AA Navis)
« Reply #5 on: December 27, 2008, 01:17:25 AM »

Yaa, ga tau sih kenapa judulnya gitu n gimana itu nasib surai habis si kakek mati. Tapi yang aku tangkep dari ceritanya ya kaya gitu.
Dan bukan berarti aku bilang orang yang banyak berbakti buat masjid itu salah lo ya, maksudnya orang yang saking banyak doanya sampe2 ga sempet mbantu orang laen itu yang menurutku disindir banget di cerita ini.
Logged
"A good writer is not, per se, a good book critic. No more so than a good drunk is automatically a good bartender." Jim Bishop

natane

  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 14949
  • nino..... males kul nih :P
    • masa lalu
Re: Robohnya Surau Kami (AA Navis)
« Reply #6 on: December 27, 2008, 03:31:38 PM »

yah namanya sastra, multi intepretasi itu wajar
mlh mkn implisit makin indah
aa navis ini emg keren  [thumbsup]

di buku ini, plg sedih yg cerita ttg indra budiman  :'( :'(
ttg ortu yg selau berharap anaknya sukses merantau di jakarta
walaupun bnyk kabar brg, dia jd org gak bener
ini jg multi intepretasi
bisa jd si ayah udh tau tapi pura2 gak tau, bisa jd emg blm jlas kbr anaknya
Logged

Ies-tea

  • Senior Sailor
  • ******
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 10177
  • ^^ sarangheyo ^^
Re: Robohnya Surau Kami (AA Navis)
« Reply #7 on: January 05, 2009, 03:48:03 PM »

aku ikutan yah.........
dah lumayan lama baca novel ini, ceritanya agak2 lupa
angin dr gunung itu ceritanya yg gimana ya?
seingetku yg sedih bukan si?
ada satu cerpen yg sedih banget menurutku di buku ini, tp lupa yg mana judulnya :P
Pages: [1]   Go Up