;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Korea Utara Kirimkan Tim Inspeksi ke Pyeongchang Jelang Olimpiade Musim Dingin  (Read 173 times)

politik

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 40

Korea Utara akan mengirimkan sebuah tim inspeksi ke Pyeongchang pada minggu ini, yang bertugas untuk memeriksa fasilitas Olimpiade Musim Dingin, menjelang pertandingan pada bulan depan. Kunjungan dua hari tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 25 Januari sampai 27 Januari, dimana tim tersebut akan memeriksa akomodasi, stadion, pusat pers, dan tempat-tempat lain.

Oleh: Tim Stelloh (NBC News)

SEOUL, Korea Selatan—Korea Utara mengirim sebuah tim survei ke Pyeongchang pada minggu ini, untuk memeriksa fasilitas Olimpiade menjelang pertandingan bulan depan—pertandingan pertama yang menampilkan atlet dari Korea Selatan dan Korea Utara dalam sebuah tim Olimpiade yang bersatu, kata beberapa pejabat pada Minggu (21/1).

Dalam sebuah konferensi pers, Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan bahwa delapan anggota tim tersebut akan dipimpin oleh Yoon Yong Bok, seorang pejabat Kementerian Olahraga, dan juga akan mencakup atlet, media, dan pemandu sorak.

Kunjungan dua hari tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 25 Januari sampai 27 Januari, kata kementerian tersebut, dimana tim tersebut akan memeriksa akomodasi, stadion, pusat pers, dan tempat-tempat lain.

Atlet Korea Utara akan berkompetisi di hoki es wanita, skating, trek jarak pendek, serta ski lintas-alam (cross-country) dan ski turun bukit (alpine), ujar Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan, Do Jong Whan, menambahkan dalam sebuah konferensi pers.

Dia mengatakan bahwa Korea Utara sedang memangkas jumlah pemain hoki es untuk memberikan tempat bagi atlet dari Korea Selatan.

“Yang penting adalah bahwa Korea Selatan dan Korea Utara menyadari dilaksanakannya sebuah Olimpiade Perdamaian, daripada menghadapi konfrontasi militer,” kata Do.

Korea Utara mengirim delegasi beranggotakan 550 orang ke pertandingan tersebut, yang juga mencakup pemandu sorak, artis, dan pemain Taekwando. Upaya tersebut dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Korea Utara, karena Korea Utara berulang kali melakukan uji coba rudal balistik dan senjata nuklir.

Kedua negara tersebut telah berjalan bersama sebelumnya di Olimpiade ini, dan mereka berkompetisi dalam acara olahraga—namun tidak pernah berada di Olimpiade. Saat Seoul menjadi tuan rumah pertandingan musim panas tahun 1988, Korea Utara memboikotnya.

Sumber : Korea Utara Kirimkan Tim Inspeksi ke Pyeongchang Jelang Olimpiade Musim Dingin
Logged
Pages: [1]   Go Up