;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Setengah dari Partai Repubik Setuju Trump Seorang ‘Jenius’  (Read 133 times)

politik

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 31
Setengah dari Partai Repubik Setuju Trump Seorang ‘Jenius’
« on: January 24, 2018, 07:08:27 pm »

Hanya 21 persen orang dewasa Amerika yang percaya bahwa kecerdasan Presiden AS Donald Trump meningkat hingga pada taraf jenius, sementara 73 persen mengatakan tidak. Para pendukung Partai Republik ini rupanya tidak menganggap Trump hanya membuat klaim yang berlebihan tentang intelektualitasnya; mereka benar-benar percaya dia jenius.

Oleh: Aaron Blake (The Washington Post)

Kita mungkin telah menemukan satu pertanyaan jajak pendapat yang menunjukkan seberapa banyak pendukung Partai Republik yang berkomitmen penuh terhadap Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Menanggapi pertanyaan yang berkembang tentang kesehatan mentalnya, Trump menulis tweet beberapa minggu yang lalu bahwa dia tidak hanya stabil, namun sebenarnya adalah seorang “jenius yang sangat stabil.” Jajak pendapat sejak saat itu telah menanyakan, apakah orang-orang merasa Trump memang stabil, tapi jajak pendapat Washington Post-ABC News yang baru, melangkah lebih jauh dan juga bertanya apakah Trump adalah seorang jenius.

Walau masyarakat Amerika memiliki suara yang seimbang terkait kestabilannya, pertanyaan tentang kejeniusannya ini jelas bukan perpecahan suara yang seimbang. Hanya 21 persen orang dewasa Amerika yang percaya bahwa kecerdasan Trump meningkat hingga pada taraf jenius, sementara 73 persen mengatakan tidak.

Tapi di antara 21 persen tersebut, sebagian besar adalah pendukung Partai Republik: 50 persen dari mereka, semuanya mengatakan demikian. Hanya 40 persen pendukung Partai Republik yang percaya bahwa Trump bukanlah seorang jenius. Jadi, jika diseimbangkan, lebih banyak pendukung Partai Republik yang percaya pada klaim Trump daripada mereka yang tidak percaya.

Para pendukung Partai Republik ini rupanya tidak menganggap Trump hanya membuat klaim yang berlebihan tentang intelektualitasnya; mereka benar-benar percaya dia jenius. Trump telah membahas masalah ini selama beberapa waktu, termasuk menekankan pada IQ-nya yang dianggap superior.

Mengingat tingkah lakunya yang tampaknya tidak menentu dan tidak tertarik dengan rincian kebijakan, dia melawan keras anggapan bahwa dia—seperti yang dilaporkan dikatakan oleh Menteri Luar Negeri Rex Tillerson setelah sebuah pertemuan yang panas—adalah “orang bodoh.” Bahkan terdapat sebuah grafik palsu yang tersebar di internet, yang menunjukkan bahwa IQ Trump sebesar 156 dan lebih tinggi dari sebagian besar presiden.

“Jenius” tentu saja, adalah istilah yang sangat subjektif. Tapi bahkan ketika mempertimbangkannya, saya menduga bahwa separuh anggota Partai Republik tidak benar-benar percaya bahwa Trump adalah seorang jenius. Namun begitu, jajak pendapat ini tetap memiliki arti.

Polarisasi yang meningkat dalam pertanyaan survei ini membuatnya menjadi barometer—kurang lebih–terhadap keberpihakan. Partai Republik hampir selalu mendukung sikap yang diambil Trump, meski sikap tersebut tidak secara tradisional konservatif. Trump telah secara signifikan memindahkan Partai Republik pada isu-isu seperti perdagangan bebas, dan sering meningkatkan popularitas hal-hal yang tidak dia setujui, termasuk imigrasi. (Menyebutnya “sentuhan Midas yang terbalik.”)

Dan ketika sebuah pertanyaan jajak pendapat mengarah pada dasarnya pada keberpihakan dengan Trump atau melawannya, partisan yang paling setia akan sering menjawab bahwa mereka berpihak, tidak peduli betapa pun mereka benar-benar memikirkan jawaban dari pertanyaan itu.

Dalam kasus ini, pertanyaan jajak pendapat Post-ABC melibatkan Trump dalam pertanyaan: “Trump telah menggambarkan dirinya sebagai, tanda kutip, ‘jenius yang sangat stabil.’ Apa pandangan anda: Apakah menurut anda Trump adalah jenius atau bukan?”

Jika pertanyaannya dibuat sederhana, “Apakah Trump jenius?” Dukungan terhadapnya kemungkinan akan lebih rendah. Dengan menggunakan pernyataan Trump, responden yang menyukai Trump bisa memilih, antara setuju dengan Trump atau menyebutnya pembohong dan senang melebih-lebihkan. Pilihan kedua tidak terlalu menarik.

Pertanyaan jajak pendapat terakhir yang menurut saya benar-benar mendapat perhatian dari kerumunan ‘Never Not Trump’, adalah sebuah jajak pendapat di Universitas Monmouth pada bulan Agustus. Jajak pendapat tersebut bertanya kepada para pendukung Trump, apakah ada sesuatu yang bisa dilakukan presiden yang akan membuat mereka berhenti mendukung Trump, dan jajak pendapat tersebut menunjukkan bahwa 61 persen dari mereka yang mendukung Trump, mengatakan bahwa tidak ada apapun yang dapat membuat mereka berhenti mendukung Trump.

Jumlah tersebut mencakup 25 persen dari seluruh peserta jajak pendapat yang terdaftar—atau satu dari empat masyarakat Amerika—yang pada dasarnya memberi Trump kebebasan sepenuhnya untuk melakukan apapun yang dia inginkan, tanpa mempertaruhkan dukungan mereka. Trump bisa saja melakukan genosida, pembunuhan, atau bahkan meninggalkan setiap sikap konservatif yang dia pegang, dan para pendukungnya tidak akan mundur.

Yang sepertinya—sama dengan jajak pendapat baru tersebut—tidak sepenuhnya benar. Tapi kalau pun begitu, jajak pendapat baru tersebut menunjukkan bahwa lebih sedikit masyarakat Amerika yang benar-benar berkomitmen pada Trump. Mungkin pengaruh Trump terhadap pendukungnya telah sedikit melemah.

Pandangan yang diungkapkan dalam artikel ini adalah milik penulis sendiri dan tidak mencerminkan kebijakan editorial Mata Mata Politik.

Sumber : Setengah dari Partai Repubik Setuju Trump Seorang ‘Jenius’; Atau Mungkin Dia Memang Jenius?
Logged

golanbator

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 7.263
Re: Setengah dari Partai Repubik Setuju Trump Seorang ‘Jenius’
« Reply #1 on: January 24, 2018, 09:41:11 pm »

Dunia politik ituu setuju teman jadii lawan sbaliknyaa lawan jadii teman

Trump inii pebisnis yg obsesi akaaan hasil dan dataaa
Logged
Pages: [1]   Go Up