;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Apakah Dialisis adalah Cuci Darah? Mari Ulas Lebih Lanjut  (Read 38 times)

doublekill

  • Kelasi
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 3
Apakah Dialisis adalah Cuci Darah? Mari Ulas Lebih Lanjut
« on: September 12, 2018, 11:46:48 pm »

Pengertian dialisis seringkali dikaitkan dengan proses cuci darah. Hal ini tidak salah karena proses cuci darah memang merupakan salah satu contoh dialisis. Secara umum, dialisis adalah proses perpindahan molekul yang larut dalam suatu campuran pada membran semi parmeabel. Kemudian molekul-molekul yang terserap itu akan dikeluarkan dari membran tersebut. Proses dialisis ini sering terjadi pada setiap pemurnian dalam tubuh seperti pemurnian enzim, hingga proses cuci darah untuk orang yang mengalami masalah ginjal.

Dialisis adalah metode dalam penanganan masalah ginjal
Ginjal yang bermasalah tidak akan bisa menjalani fungsinya dengan baik. Fungsi ginjal adalah untuk membersihkan limbah dalam darah dan mengeluarkannya dalam bentuk urine. Jika ginjal bermasalah maka darah kotor akan mengendap dan akan membawa dampak yang lebih membahayakan bagi tubuh. Untuk itu diperlukan proses dialisis buatan untuk menggantikan fungsi ginjal. Proses inilah yang selanjutnya lebih dikenal sebagai proses cuci darah. Dikatakan cuci darah karena proses ini membersihkan darah kotor agar kembali bersih. Dialisis adalah perpindahan suatu molekul dan pada proses cuci darah terjadi perpindahan molekul berupa limbah dalam darah yang terserap ke dalam larutan yang digunakan sebagai sarana dialisis. Limbah yang terserap kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui darah kotor dan cairan dialisis.

Dialisis dalam proses cuci darah di jakarta ada bayak macamnya, yang paling sering digunakan adalah dialisis koloid dan dialisis peritoneal. Perbedaan dari kedua dialisis ini terdaat pada jenis cairan yang digunakan untuk membersihkan darah. Kedua jenis dialisis ini memiliki daya serap yang tinggi sehingga mampu menyerap berbagai macam limbah dalam darah dengan cepat. Proses dialisis akan lebih efektif jika didukung oleh kebiasaan khusus dari pasien. Kebiasaan yang dapat memaksimalkan efektifitas proses dialisis adalah menjaga pola makan. Pola makan yang teratur akan membentuk berat badan yang ideal. Berat badan ideal akan mempercepat proses dialisis dalam tubuh. Sekian penjelasan mengenai dialisis dalam pengobatan penyakit ginjal. Sebagai bahan referensi, Anda bisa mengunjungi renamedika.com sekaligus berkonsultasi dengan dokter ahli dalam bidangnya.
Logged
Pages: [1]   Go Up