;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Gemar Membaca pada Anak Usia Dini, Ini yang Dilakukan Komunitas Literasi  (Read 127 times)

andresteav

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 153

Populasi Literasi Sajira menyelenggarakan agenda teratur tiap-tiap hari Minggu dengan beragam aktivitas menyenangkan untuk anak-anak umur awal. Populasi Literasi Sajira datang dari sejumlah populasi pelaku literasi di kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten, seperti Populasi Akar Pohon, Populasi Marbel, serta Perpustakaan Si Dede. Mereka merupakan anak-anak muda yg senang mengerjakan pergerakan literasi di desa dengan mendekatkan buku terhadap anak-anak biar biasa senang membaca.
Simak Juga : cara mendirikan CV

“Kami dari Populasi Literasi Sajira yg terdiri dalam paduan Populasi Akar Pohon, Populasi Belajar Marbel, serta Populasi Baca Perpustakaan Si Dede tiap-tiap Minggu menghadirkan aktivitas gelaran buku yg arahnya mendekatkan buku terhadap anak-anak umur awal biar biasa dengan membaca, ” jelas Eka Nurul Hayat dari Populasi Akar Pohon, Minggu (3/2/2019) .

Aktivitas gelaran buku tiap-tiap hari Minggu oleh Populasi Literasi Sajira dilaksanakan di desa yg berlainan. Apabila awal kalinya gelaran buku dilaksanakan di populasi belajar Marbel desa Ciomas, kesempatan ini tinggal di aula kantor desa Sajiramekar, kecamatan Sajira, kabupaten Lebak.



“Kami mengerjakan aktivitas gelaran buku tiap-tiap hari Minggu di area yg berlainan di desa-desa lebih kurang kecamatan Sajira. Minggu ini aktivitas diselenggarakan di aula kantor desa Sajira Mekar di lokasi kawan-kawan populasi Akar Pohon, ” Kata Akin relawan populasi belajar Marbel.

Pada Minggu ini aktivitas gelaran buku Populasi Literasi Sajira ambil obyek Lalajo Pélem Bari Maca (lihat film sembari baca) dengan memutar film anak berjudul “Sahabat Pemberani” disertai dengan gairah oleh beberapa puluh anak-anak dari berbabagi kampung di lebih kurang desa Sajiramekar. Tidak hanya itu diselenggarakan ikut permainan menarik dengan hadiah yang menarik buat adik-adik peserta yg untung.

“Selain baca serta lihat film, juga ada games senantiasa kasih hadiah buat yg dapat ceritain film yg disaksikan dengan buku yg mereka baca serta untuk yg belum juga dapat baca kami membacakan narasi. Peserrtanya biasanya dari desa Sajiramekar namun juga ada yg dari desa Sindangsari kalau nggak salah lebih kurang sembilan orang. ” Kata Dede relawan populasi belajar Perpustakaan Si Dede.

Senantiasa ada moment menarik serta lucu yg ditunjukan oleh anak-anak di tiap-tiap aktivitas gelaran buku. Seperti yg dilaksanakan adik Sifa yg kelihatan pemalu namun perasaan mau tahunya bikin dia berani memprovokasi teman-temannya buat memohon relawan membacakan buku narasi. Kemudian satu diantaranya temannya menyampaikan terima kasih terhadap salah seseorang relawan.
Lihat Juga : pohon literasi

“Namanya Sifa, adiknya Akin relawan populasi belajar Marbel, ia orangnya pemalu namun punyai perasaan mau tahu yg beda (menurut saya) tidak cuman ngomongnya lucu lantaran tetap kecil, ia yg membawa temen-temennya yg beda mohon dibacain buku ke saya. Pokonya ia yg punyai gagasan begitu. Senantiasa ada anak namanya Winda dari Sindagsari, anak TK belum juga dapat baca serta ia menyebutkan, “Budede baik, lantaran telah bacain cerita”. Ini aseli tiada tuntutan, hahaha. ” kata Dede menirukan tingkah lucu adik Winda.
Logged
Pages: [1]   Go Up