;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Mengoptimalkan Kinerja Router Wifi  (Read 88 times)

spektruder

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 5
    • http://www.triharyadi.web.id
Mengoptimalkan Kinerja Router Wifi
« on: March 14, 2019, 04:57:12 pm »

Di era yang serta teknologi seperti sekarang ini, banyak hal yang bisa dilakukan secara mudah dengan mengandalkan internet. Seperti yang diketahui bahwa internet ini sendiri pada dasarnya adalah sebuah dunia baru yang hadir di tengah-tengah masyarakat, dunia maya yang menghadirkan banyak hal dapat dilakukan secara lebih mudah, mulai dari komunikasi, untuk mendapatkan hiburan hingga digunakan untuk berbisnis, aksesnya kian mudah jika seandainya Anda memiliki router wifi ini sendiri di rumah.
 
Pastinya istilah wifi router ini sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda bukan, sebuah sarana yang banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan akses internet. Apalagi untuk mereka yang menggunakan laptop atau komputer untuk akses dunia maya tersebut. Untuk kebutuhan kerja atau perkantoran tentunya menjadi hal penting yang harus dimiliki. Di pasaran sendiri faktanya ada begitu banyak merk yang mengeluarkan produk tersebut dengan keunggulannya masing-masing. Namun sering kali akses internet menggunakan sarana yang satu ini tidak berlangsung secara lancar. Berikut ini ada beberapa tips dalam mengoptimalkan router wifi agar nantinya koneksi internet tidak lemot, yaitu:
 
1.   Gunakan powerline adapter, sarana ini sangat bermanfaat di dalam meningkatkan kemampuan router untuk menangkap sinyal. Hanya saja untuk mendapatkannya tentu dibutuhkan biaya tambahan.
2.   Carilah spot yang paling maksimal untuk penempatan router tersebut karena pada dasarnya router tersebut dapat memancarkan sinyal ke seluruh bagian rumah, namun ada beberapa bagian yang terkadang tidak tertembus oleh sinyal, maka pastikan untuk menempatkannya di area yang tepat, lebih baik area yang cukup tinggi, jangan ditaruh pada lantai atau di bawah, sehingga sinyal bisa ditangkap secara lebih optimal.
3.   Gunakan wifi extender, alat lainnya yang juga dapat dipakai untuk menangkap sinyal lebih optimal adalah wifi extender. Cukup banyak diantara merk-merk yang agaknya juga menjual merk dari wifi extender ini, sehingga dapat dijadikan sebagai pertimbangan.
4.   Posisikan antena secara tepat, khusus untuk jenis router yang memiliki 2 buah antena, maka jangan pernah memposisikannya ke arah yang sama, karena hal ini nantinya hanya akan mengurangi efektifitas router tersebut dalam menangkap sinyal, posisikan agak berjauhan ke arah yang berbeda.
5.   Reboot router tersebut secara reguler, agar kinerja dari router kian optimal maka sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan reboot secara berkala, apalagi untuk router yang menyala secara terus-menerus hingga 24 jam, maka hendaknya reboot dilakukan setiap hari.
 
Sangat mudah bukan, patut untuk Anda coba untuk memaksimalkan kinerja dari router wifi dalam menangkap sinyal, karena sering kali pekerjaan terkendala hanya karena sinyal router wifi yang tidak lancar, jadi upaya tersebut bisa dilakukan untuk mengatasinya sendiri.
Pages: [1]   Go Up