;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Ini Dia Komik Literasi Baru Seri Pahlawan Nasional, Cut Nyak Dien Dian  (Read 57 times)

achasawi

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 109

KIPIN (Kios Pandai) ATM mengenalkan komik literasi baru seri pahlawan nasional pada penduduk. KIPIN mempunyai content riwayat menjadi materi dari komik yang dibuat dengan arah bangun jiwa nasionalisme beberapa pembacanya.

Dikatakan dalam info sah yang di terima nusantaranews.co, jika menyukai tarian tradisionil menjadi budaya Indonesia adalah satu diantaranya ungkapan jiwa nasionalisme.
Lihat Juga : surat keterangan kerja doc

“Bangsa yang besar ialah bangsa yang menghormati layanan beberapa pahlawannya. Tentunya, sebab dengan menghormati beberapa pahlawannya, akan muncul perasaan cinta serta nasionalisme penduduk pada negara. Perasaan nasionalisme yang tinggi akan meningkatkan setiap individu untuk turut berperan memajukan negara,” catat KIPIN.



Oleh karenanya, terangnya, perasaan nasionalisme butuh untuk ditanamkan semenjak awal pada diri anak-anak. Sekolah tetap mengajari lagu berkebangsaan serta nilai-nilai pancasila semenjak pada pendidikan sangat basic yaitu taman kanak-kanak. Akan tetapi, dihujani pelajaran dari sekolah saja tidak cukuplah. Anak butuh tahu lebih dalam tentang negaranya, sebelum dia akan memutuskan untuk mencintainya.

“Seperti peribahasa ‘tak kenal jadi tidak sayang,’ anak pula butuh kenal semakin banyak mengenai riwayat Bangsa Indonesia. Bagaimana perjuangan Indonesia dalam merampas kemerdekaan serta siapapun pahlawan yang ikut bertaruh nyawa di dalamnya,” terangnya.



Sesudah membaca, sambungnya, akan tumbuh perasaan takjub serta bangga dalam diri anak-anak pada perjuangan pahlawannya. Perasaan takjub serta bangga bila dipupuk dengan baik, akan tumbuh jadi perasaan nasionalisme yang kuat. Sayangnya, sedikit buku-buku riwayat yang dikemas menarik. Sejumlah besar masih tetap berupa buku tebal penuh teks, dalam bahasa yang cukuplah susah dipahami serta condong menjemukan. Bahkan juga buat siswa, buku-buku itu seperti momok!

Penampilan beberapa halaman isi komik riwayat ‘Pahlawan Wanita Pemberani, yang bercerita cerita perjuangan pahlawan Cut Nyak Dien.

Akan tetapi, tidak selama-lamanya buku-buku riwayat bisa menjadi momok! Pendidikan.id sekarang menerbitkan buku-buku riwayat yang dikemas menarik berbentuk komik. Setiap komik mengusung cerita satu per-satu pahlawan Indonesia yang sempat memperjuangkan kemerdekaan. Narasi dibikin lebih singkat akan tetapi padat, dalam bahasa yang mudah tetapi masih baku. Kombinasi ini membuat komik riwayat yang diedarkan oleh Pendidikan.id pas dibaca anak semua umur, dari mulai umur SD sampai SMA. Tidaklah terlalu berat buat anak umur SD, serta tidaklah terlalu menjemukan buat anak umur SMA.

Contoh-contoh judul yang sudah keluar yaitu Pejuang Emansipasi Wanita (cerita R.A. Kartini), Pahlawan Pendidikan (cerita Ki Hadjar Dewantara) serta Pahlawan Wanita Pemberani (cerita Cut Nyak Dien). Jalan cerita serta semua segi infonya sesuai dengan narasi riwayat yang sebenarnya. Bahkan juga untuk mengawasi kualitas unsur edukasinya, Pendidikan.id bekerja bersama dengan beberapa sumber yang punya potensi di bidangnya. Guru riwayat, MGMP SMA Riwayat serta beberapa sumber yang lain tetap jadi final editor komik, hingga kredibilitas komik masih terjamin walau telah diubah, dipersingkat atau diilustrasikan dengan gambar.

Simak Juga : contoh teks

Sesudah kenal dengan baik perjuangan beberapa pahlawan bangsa, bisa muncul perasaan takjub serta bangga pada diri individu yang akan membuat ingin melanjutkan perjuangan. Bukan sekedar itu, mengerti jati diri bangsa dapat juga menggerakkan tiap-tiap orang untuk membuat ciri-ciri diri yang sama dengan ciri-ciri bangsanya. Sebab bagaimanapun, tiap-tiap individu penduduk lahir dari tanah air serta nenek moyang yang sama. Riwayat adalah cikal akan, jati diri serta ciri-ciri bangsa yang perlu dihargai dan dilanjutkan perjuangannya.
Logged
Pages: [1]   Go Up