;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Trnyata Mulai Akhir Juli Format KK Berubah  (Read 44 times)

achasawi

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 109
Trnyata Mulai Akhir Juli Format KK Berubah
« on: March 27, 2019, 11:08:20 pm »

Format Kartu Keluarga (KK) akan beralih serta mulai diresmikan tahun ini. Ada dua kolom baru yang ditambahkan, yaitu dari yang awal mulanya 14 kolom jadi 16 kolom.

Baca Juga : contoh surat penawaran harga

Kolom baru disebut ialah kelompok darah serta nomer surat nikah atau akta perkawinan. Kepala Dinas Kependudukan serta Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batang, M Abdul Rahman menjelaskan, menambahkan kolom baru itu adalah petunjuk dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Hal itu tertuang dalam Permendagri nomer 118 tahun 2017 mengenai blangko KK, daftar, serta cuplikan akta pencatatan sipil,” katanya, Selasa (31/7).

Abdul Rahman menjelaskan, KK dengan format baru nanti akan diedarkan buat penduduk yang mengatur sesudah bulan Juli. Sedang KK dengan format lama pula masih laku. Akan tetapi, bila ada pergantian data dalam KK, Disdukcapil akan menerbitkan KK dengan format baru.
Baca Juga : http://contohteksurat.com/

“Meski pemberlakuan atau pergantian itu baru diresmikan mulai akhir Juli 2018, akan tetapi sekarang ini kita telah mulai menerapkannya buat beberapa pemohon yang mengatur KK. Tetapi sayangnya, sekarang ini kita tengah kehabisan stock form KK Hingga baru dapat kita cetakkan memakai kertas biasa. Jika materialnya telah ada, akan selekasnya kita ubah dengan yang asli,” tuturnya.

Berkaitan menambahkan data pada dua kolom baru itu, menurut Abdul Rahman mempunyai tujuan supaya data kependudukan yang ada dapat makin teratur. Diluar itu, pula dalam rencana menguatkan basis data yang begitu berguna buat kebutuhan lembaga.

“Penerapan info kelompok darah di Kartu Keluarga benar-benar sangat terpenting terpenting dalam rencana memberi dukungan service publik di beberapa bagian seperti bagian kesehatan. Contohnya ada bagian keluarga yang kecelakan serta perlu transfusi darah, jadi dapat dikerjakan perlakuan bertambah cepat. Sebab pihak rumah sakit tidak butuh kembali lakukan proses kontrol kelompok darah,” terangnya.

Sesaat aplikasi nomer surat nikah mempunyai tujuan untuk menerangkan status pernikahan bagian keluarga yang berstatus ‘kawin’, apa menikah dengan hukum negara, atau cuma menikah siri serta resmi dengan agama.
Simak Juga : contoh format surat

Buat yang menikah dengan hukum negara, nomer yang tertera di KK ialah nomer yang ada di akta nikah serta surat nikah terbitan Kementerian Agama (Kemenag) atau Dinas Kependudukan serta Catatan Sipil (Dispendukcapil). Sedang buat yang menikah siri, di kolom isian Nomer Surat Nikah berisi nomer (sertifikat/surat perkawinan) yang diedarkan oleh pemuka agama yang menikahkan, baik itu modin atau pendeta.
Logged
Pages: [1]   Go Up