;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Ini Dia Litbang Kompas Tegaskan Tidak Berpihak pada Paslon Manapun  (Read 103 times)

achasawi

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 109

Litbang Kompas meluncurkan hasil survey yg cukuplah tidak serupa dari instansi yang lain berkaitan Pemilihan presiden 2019. Kepopuleran Paslon 01 Joko Widodo atau Jokowi-Ma’ruf Amin terdaftar alami penurunan, sesaat Paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno alami kenaikan relevan dibandingkan survey awal mulanya pada Oktober 2018.
Baca Juga :pengertian internet menurut para ahli


Periset Litbang Kompas, Toto Suryaningtyas menyatakan memahami ada beberapa pihak yg memandang hasil itu berat samping. Bahkan juga dimaksud memihak pada paslon 02.

" Sesungguhnya kami pula cukuplah kejutan saat lihat hasil sejenis itu. Namun bila disaksikan dari statistik angka kami masih tetap masuk rawan margin error dari lembaga-lembaga yg berbeda, " papar Toto di Upnormal Coffee Roaster, Raden Saleh, Jakarta, Selasa (26/3/2019) .

Toto menyebutkan, dengan hasil itu bukan bermakna survey lembaganya memihak pada satu diantara paslon dalam Pemilihan presiden 2019. Ia mengatakan, Litbang Kompas udah lakukan survey dengan jujur serta bersih tak ada usaha manipulasi hasil.

Lebih anjut, hal berbeda yg membuat hasil survey Litbang Kompas dapat tidak serupa merupakan berkaitan tehnik pemungutan sampel serta metodologi yg diperlukan tiap-tiap instansi survey tidak sama.

“Kami sejak mulai awal tdk ada skenario atau intensi baik dalam pengaturan rancangan, kuisioner, itu tdk ada cenderung apa pun baik pada 01 atau 02. Bila saat ini akhirnya sesuai itu, ada narasi-narasi menggerakkan buat menerka kami punya tujuan spesifik. Itu bila dapat saya berikan, itu tdk ada (berpihaknya) , ” tegasnya.

“Jadi bila bicara sesungguhnya angka kami hampir mirip, namun memang banyak yg katakan kami menggunakan angka skeptis. Lantas dari (tim) 02 melompat, lantas pandangan dari publik makin tercipta, seolah-olah tempatkan kami pada berpihaknya spesifik, ” kata Toto.

Survey Menunjang Deskripsi Prospek Politik
Pengamat politik Adi Prayitno memasukkan, warga seharusnya tdk langsung menghakimi satu instansi survey apabila hasil yg dikeluarkan tdk sama juga dengan yang lain. Karena, survey cuma menunjang memberi deskripsi pada prospek politik yg tengah terjadi.

“Jadi apa pun hasil survey itu mesti dimaknai biasa saja. Yang wajib dipandang sebagai sisi dari kebutuhan politik elektoral kita waktu ini, begitu ya, ” katanya.
Artikel Terkait : sejarah singkat internet

“Tentu saja publik tidak usah mesti menghakimi instansi survey ini merupakan instansi survey yg tdk kredibel, pesanan, atau apa pun, lantaran survey ini merupakan satu metologi yg cukuplah ruwet serta pasti semua instansi survey mempertaruhkan kredibilitasnya, ” Adi menandaskan.
« Last Edit: April 05, 2019, 11:01:46 pm by achasawi »
Logged
Pages: [1]   Go Up