;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: TUJUAN TULIS SURAT LAMARAN KERJA  (Read 87 times)

tuanvers810

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 9
TUJUAN TULIS SURAT LAMARAN KERJA
« on: May 31, 2019, 02:22:39 pm »



Download Contoh Surat Lamaran Kerja2019 : https://id.123dok.com/tag/contoh-surat-lamaran-kerja
1.TUJUAN TULIS SURAT LAMARAN KERJA
1.1. Arti surat lamaran kerja
 
Siapa pun sebelum diterima atau dipilih bekerja di perusahaan-perusahaan atau di tempat diharuskan untuk menulis surat lamaran kerja dan menyiapkan CVnya (CV - Curiculum Vitae)  untuk dikirimkan ke perusahaan. Akan tetapi apakah Anda sudah mengerti apa arti dari Surat lamaran kerja?

Surat bisa mengerti adalah alat komunikasi untuk menyampaikan pikiran, keinginan dari satu pihak kepada pihak yang lain. Surat lamaran kerja adalah surat ditulis oleh pencari kerja atau calon pelamar pekerjaan untuk melamar ke perusahaan khususnya pada posisi yang diinginkan. Sesudah itu, surat akan dikirimkan kepada badan usaha atau intansi untuk mendapatkan pekerja yang ditawarkan.
 

1.2. Tujuan tulis surat lamaran kerja
 

Secara umum, pekerjaan merupakan keperluan memiliki manusia karena melalui bekerja kita akan mendapat penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Semakin baik pekerjaan maka semakin baik pula penghasilan yang didapat. Dalam upaya mendapatkan pekerja impian Anda tidak hanya membutuhkan keterampilan bagus saja tetapi juga dibutuhkan pengalaman bekerja yang baik.

Selain CV, Surat lamaran kerja juga adalah salah satu hal yang penting untuk perusahaan-perusahaan bisa menilai Anda. Semakin baik Surat lamaran, Anda akan mendapat peluang lebih besar dalam mendapatkan perhatian dari pejabat perusahaan.

2. HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM TULIS SURAT LAMARAN KERJA
HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM TULIS SURAT LAMARAN KERJA

2.1. Bahasa dalam menulis surat lamaran kerja
 

Perusahaan-perusahaan selalu menilai setiap pelamar kerja berdasarkan kualitas kerja, keterampilan dan pengalaman bekerja yang mereka miliki khususnya dari CV dan surat lamaran kerja. Oleh karena itu, sudah ada banyak orang dalam menulis surat lamaran kerja atau CVnya tidak bagus jadi tidak dipilih bekerja di jabatan atau posisi yang ditawarkan juga tidak bisa dinilai baik dari perusaahaan itu.

Bahasa yang digunakan dalam surat lamaran kerja harus sopan, jelas baik dan benar, tidak boleh bertele-tele. Bagi badan rekrutmen di perusahaan - perusahaan yang setiap hari sibuk dengan pekerjaan rekrutmen, mereka tidak memiliki banyak waktu untuk membaca surat lamaran kerja dari satu orang walaupun surat itu ditulis sangat bagus atau kalian memiliki keterampilan sangat impresif. Mereka akan bosan dengan surat permohonan yang terlalu panjang. Umumnya, mereka hanya menilai orang dengan surat lamaran kerja berformat satu halaman folio yang sudah berisikan semua penting dalam memenuhi persyaratan kerja.

Selain itu, surat lamaran kerja harus ditulis secara manual dan dibuat sendiri. Suratnya harus dikemas rapi dan pastikan segala persyaratan formal yang dimiliki oleh perusahaan sudah diisi dengan lengkap. Surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja harus dilampirkan juga sebagai penunjang.

2.2. Isi harus ada di dalam surat lamaran kerja
 

Hal-hal yang harus ada di dalam surat lamaran kerja dikirimkan badan rekrutmen atau perusahaan-perusahaan adalah:

Data pribadi
Pendidikan atau ijazah
Pengalaman kerja
Keterampilan
Kegemaran dan hobi
Selain itu, direkonmendasikan untuk pelamar kerja  kalau Anda bisa menyebutkan dari media massa mana Anda memperoleh informasi tentang lowongan kerja tersebut, misalnya dari pemberitahuan iklan di surat kabar harian atau koran, dari orang yang lain, dari siaran radio atau televisi dan lain-lain.

 

3. FORMAT SURAT LAMARAN KERJA
 

Surat lamaran kerja sering ditulis tangan atau diketik mengunakan  komputer. Dengan format tulis tangan, surat lamaran kerja akan dinilai apakah tulisannya rapi atau tidak, formatnya tertata rapi atau tidak. Hal itu berdampak langsung dalam memperngaruhi hasil apakah pelamar kerja bisa diterima atau tidak. Jadi sebagian besar calon melamar kerja memilih format tulis suratnya dengan ketik komputer. Karena lewat metode computer, suratnya akan rapi dan terorganisir daripada cara tulis tangan. Format surat lamaran kerja yang baik dan benar harus ada hal-hal berikut:

Tempat dan tanggal penulisan
Perusahaan yang ditujukan
Salam hormat
Kata pengantar
Biodata pribadi
Keterampilan dan pengalaman kerja
Penutup
Yang paling penting di dalam format surat lamaran kerja adalah biodata pribadi dan keterampilan dan pengalaman bekerja Anda. Biodata pribadi biasanya  berisikan nama lengkap calon pelamar, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, status (menikah/belum), alamat, dan terakhir nomor telepon, supaya tempat rekrutmen atau perusahaan-perusahaan bisa menghubungi Anda. Keterampilan merupakan skill yang Anda mempunyai, misalnya komunikasi, team work, dan lain-lain. Pengalaman bekerja bermasuk hal-hal yang Anda belajar di dalam proses bekerja pekerjaan dulu. Selain itu, kelengkapan berkas juga sangat penting, Anda harus melampirkan daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah, fotokopi SKCK (Surat keterangan catatan kepolisian) dari kepolisian, KTP (kartu tanda penduduk), surat pengalaman kerja, kertas pemeriksaan kesehatan dan pas foto dan beberapa berkas yang lain tergantung syarat yang tempat rekrutmen minta untuk jabatan pekerjaan mereka rekrut.

Berikut ini adalah format surat lamaran kerja yang manual:

(Kota, tanggal   bulan   tahun)

Perihal              : Lamaran kerja

Lampirkan       : … (… helai)

 

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Direktur

Alamat perusahaan …

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini:

            Nama   :

            Umur   :

            Alamat :

Dengan ini mengajukan permohon untuk bekerja pada perusahaan Bapak/Ibu.

Saya lulusan akademi … dan menguasai … dan bahasa … (lisan maupun tulisan). Selama … tahun, saya bekerja di … sebagai… Sejak tanggal … bulan…, saya berhenti atas kemauan sendiri. (Pendidikan dan pengalaman bekerja)

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini saya lampirkan foto copy ijazah sarjana muda, sertifikat … dan bahasa, serta rekomendasi dari … (tempat bekerja dulu)

Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, Saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,



Dalam menulis surat lamaran kerja, Anda selain harus memperhatikan hal-hal yang tersebut di atas, Anda juga harus hati-hati dengan model suratnya. Model surat permohonan harus sesuai dengan kantor atau perusahaan yang dilamar karena hal ini juga penting banyak. Kalau model surat lamaran kerja tidak benar akan dapat memperngaruhi kemungkinan dipilih atau tidaknya memiliki Anda. Pekerjaan di kantor – kantor pemerintah sebaiknya memakai model resmi atau gaya kantor. Bagi kata ganti diri sendiri, sebaiknya menggunakan kata “saya” dan untuk kata ganti orang yang dikirim dalam tempat bekerja yang dipilih sebaiknya menggunakan kata ganti “bapak”.

 

4. CARA MENULIS SURAT LAMARAN KERJA
 

Dalam menulis surat untuk melamar kerja Anda harus mengikuti sistematika penulisan suratnya. Karena sistematika akan membuat surat Anda menjadi mudah dipahami dan terdapat aspek adab atau sopan santun. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam surat lamaran kerja, yaitu: karena surat yang Anda tulis adalah surat melamar kerja jadi isinya utama hubungi melamar pekerjaan, alamat tujuan dan pengirim harus ditulis secara jelas, perlu ada salam pembuka, isi surat dibagi tiga bagian yaitu pengantar, isi dan penutup seperti beberapa surat yang lain tetapi tujuannya berbeda. Berkas-berkas yang harus dicantumkan lampiran adalah fotokopi ijazah, KTP, daftar riwayat hidup, sertifikat dan lain-lain. Akhirnya di bagian penutup harus ada salam penutup seperti hormat saya dan kemudian adalah beri tanda tangan dan nama terang.
« Last Edit: June 03, 2019, 01:22:44 pm by tuanvers810 »
Logged
Pages: [1]   Go Up