;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Mengenal Perbedaan DBD dan Tipes Tidaklah Sulit  (Read 95 times)

firmanway

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 181
    • SehatQ
Mengenal Perbedaan DBD dan Tipes Tidaklah Sulit
« on: June 14, 2019, 01:57:34 pm »

Saat si Kecil tidak bisa tidur nyenyak karena demam tinggi, orangtua pasti sedih dan was-was. Demam tinggi bisa menjadi gejala beberapa penyakit, termasuk demam berdarah dengue atau DBD dan Tipes. Agar parents tidak bingung, yuk simak penjelasan berikut untuk mengenal perbedaan DBD dan tipes berikut!

Kenali Perbedaan pada Gejalanya

Tidak dipungkiri, banyak orangtua yang bingung saat anak menunjukkan gejala-gejala DBD dan tipes. Kedua penyakit ini memang memiliki gejala yang hampir serupa, yakni adanya demam tinggi, muncul bercak-bercak kemerahan, serta rasa lemas. Bagaimanakah cara membedakannya?
1.   Bercak Merah
Pada tubuh penderita DBD maupun tipes akan muncul bercak-bercak kemerahan. Perbedaannya, bercak merah pada penderita tipes muncul di area perut dan dada saja. Sedangkan penderita DBD mengalami bercak merah pada sekujur tubuh secara merata.
2.   Demam pada Penderita
Persamaan lain antara penderita DBD dan tipes yakni demam yang mereka alami setelah terinfeksi. Meski demikian, ada perbedaan bagaimana demam muncul pada penderita kedua penyakit ini.

Demam pada penderita tipes biasanya timbul secara perlahan-lahan. Ini berarti, suhu tubuh penderita mengalami kenaikan secara berkala setiap harinya. Kondisi demam ini dirasakan oleh penderita tipes mulai dari satu hingga tiga minggu sejak terinfeksi bakteri.
Lain halnya dengan penderita DBD, temperatur tubuh pada penderitanya langsung naik dengan suhu yang tinggi. Demam pada penderita DBD biasanya ditandai dengan suhu tubuh yang bisa mencapai 40 derajat Celcius. Gejala ini umumnya mulai dialami penderita DBD pada empat hingga enam hari setelah terinfeksi oleh virus Dengue.

Parents harus bisa memahami dengan baik mengenai gejala-gejala DBD dan tipes. Hal tersebut dikarenakan DBD dan tipes bisa berujung pada komplikasi yang sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Jika Si Kecil mulai menunjukkan gejala-gejala tersebut, segeralah bawa mereka untuk mendapatkan bantuan dokter. Penanganan yang cepat akan membuka peluang sembuh yang lebih besar juga, bukan?
Logged
Pages: [1]   Go Up