;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Baik dan Benar 2019  (Read 87 times)

tuanvers810

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 9
Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Baik dan Benar 2019
« on: June 24, 2019, 01:28:47 pm »

Download: https://id.123dok.com/tag/kata-pengantar


Apakah Anda semua pernah mendengar tentang kata pengantar? Dalam sebuah karya tulis, baik ilmiah, non ilmiah maupun populer, biasanya punya kata pengantar. Kata pengantar merupakan bagian yang sangat penting dalam semua karya tulis. Kepentingannya sama dengan daftar isi. Kata pengantar adalah halaman yang berisi mengenai ucapan-ucapan dari si penulis atas terselesaikannya penulisan karya tulis yang telah dibuatnya, baik itu tentang ucapan rasa syukur, ucapan rasa terima kasih, tujuan dan manfaat dari penulisan serta kritik dan saran yang membangun. Tambahannya, kata pengantar berisi tentang kalimat penjelasan dan pengharapan yang memiliki kaitan dengan tema beserta isi makalah yang ditulis oleh si penulis itu sendiri.
Secara umum, sturtur karya tulis terdiri dari 5 bagian yaitu:

- Cover: teridiri dari judul, logo,data lengkap penulis.

- Kata Pengantar: gambaran tentang karya tulis, ucapan terima kasih.

- Daftar Isi: berisi poin-poin yang terdapat dalam makalah beserta nomor halamannya.

- Para BAB.

- Daftar Pustaka.

Kata pengantar berfungsi sebagai sebuah peta untuk membimbing pembaca. Itu harus memberikan latar belakang yang diperlukan atau informasi yang sesuai dengan karya tulis Anda. Kata pengantar yang baik akan menjelaskan pertanyaan "apa", "mengapa", dan "bagaimana".

II. Struktur kata pengantar
Menurut Wikipedia Indonesia, dalam kata pengantar biasanya berisi ucapan syukur, ucapan terima kasih, manfaat serta tujuan penulisan serta saran dan kritik yang membangun. Kata pengantar terbagi menjadi 3 bagian yaitu pembukaan, isi dan penutup dan sebaiknya Anda tambah di dalamnya beberapa unsur, yaitu:

- Berisi ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

- Penjelasan tentang gambaran isi karya tulis yang telah berhasil diselesaikan (uraian singkat terkait isi dan tema karya tulis tersebut).

- Ucapan terima kasih kepada sekelompok orang, seseorang atau lembaga, organisasi yang telah berkenan membantu.

- Penulisan nama kota, tanggal, bula, tahun secara lengkap diserta nama lengkap penulis.

- Uraian harapan penulis terhadap karangan tersebut

- Uraian manfaat karya tulis tersebut bagi pembaca

- Uraian kesediaan penulis menerima saran dan kritik dari pembaca.

III. Cara menyusun kata pengantar secara benar
Cara menulis kata pengantar pada setiap karya tulis berbeda – beda tergantung karya berbentuk seperti buku, esai, makalah, laporan, proposal, skripsi, tesis, disertasi dan lain sebagainya. Struktur berbagai karya tulis tersebut agar sama oleh karena itu cara menyusunnya juga tidak terlalu beda.

- Penulisan judul “ KATA PENGANTAR” posisinya di tengah atas, huruf kapital dan bercetak tebal.

Contoh :

KATA PENGANTAR

 

- Ungkapan pujian kepada Allah,Tuhan atas kesehatan dan pencerahan-Nya sehingga karya tulis tersebut terselesaikan dengan baik dan formal.

- Kata pengantar usahakan memakai jenis font normal, contohnya jenis font times new roman, calibri, atau arial dengan ukuran font 12, dan tata paragraph “justify” untuk visualnya rapi.

- Ingat ungkaplah terima kasih kepada pihak – pihak yang sudah membantu selesaikannya karya tulis tersebut, disertai dengan penjelasan sumbangsih yang diberikan masing – masing kontributor secara rinci. Misalnya untuk guru, dosen,  tokoh dan lainnya tergantung tema karya tulisnya. Jangan lupa mencantumkan gelar pada nama kontributor.

- Tambahkan deskripsi sesingkat-singkatnya tentang karya ilmiah Anda. Setelah itu, sertakan tujuan penyusunan karya tulis Anda di paragraf.

- Paragraf penutupan dicantumkan ucapan terimakasih secara umum, harapan kepada pembaca dan permintaan kritik serta saran dari pembaca. Pada bagian ini usahakan tidak terlalu berlebihan atau terlalu percaya diri.

- Cantumkan tanda tangan dan nama lengkap penulis disertai tempat dan waktu tanggal penyusunan tulisan tersebut, letakkan di sebelah kanan bawah.

Itulah cara menyusun kata pengantar. Untuk mempermudah dalam memahami cara pembuatannya, berikut adalah berbagai contoh kata pengantar.


Logged
Pages: [1]   Go Up