;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Yuk Kenali Jenis Alergi pada Anak dan Gejalanya  (Read 305 times)

andresteav

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 169
Yuk Kenali Jenis Alergi pada Anak dan Gejalanya
« on: June 26, 2019, 08:58:06 pm »

Alergi adalah reaksi terlalu berlebih yang dikerjakan badan pada benda asing di sekelilingnya, yang disebutkan alergen. Reaksi itu ada sebab badan salah mendefinisikan zat yang masuk jadi satu yang beresiko. Ada beberapa jenis type alergi yang bisa menyerang Si Kecil, dari mulai asma, dermatitis atopik atau diketahui dengan panggilan eksim, urtikaria, rinitis, dan lain-lain.
Baca Juga : cara mengatasi pencemaran udara

Beberapa keadaan ini biasanya dikarenakan oleh susu sapi, beberapa macam ikan, serta protein yang sebetulnya diperlukan oleh badan. Diluar itu, alergen dapat juga datang dari sekitar lingkungan, seperti serangga, bulu binatang, serbuk sari, atau bahan makanan (kacang-kacangan serta telur), bahan kimia, logam, polusi udara serta rokok.

Alergi terbanyak diketemukan pada anak berumur dibawah dua tahun, khususnya waktu usianya tiga bulan. Pada umur itu, Si Kecil benar-benar rawan terserang alergi, sebab skema kebal tubuhnya belum berkembang dengan prima. Timbulnya alergi tidak selamanya ada pada saat pertama atau ke-2 dia terkena alergen.


Tanda-tanda Alergi
Tersebut tanda-tanda alergi yang dihadapi oleh Si Kecil, Moms:

• Masalah kulit: Muncul rasa gatal atau ruam pada kulit, dan eksim pada kulit Si Kecil.

• Masalah pernafasan: Si Kecil akan batuk pilek berkali-kali, ada mengi atau napas yang mengeluarkan bunyi, dan asma.

• Masalah pencernaan: gejalanya diikuti dengan diare, muntah, serta sembelit yang dihadapi Si Kecil.



Deteksi Pencetusnya
Dokter Endah Citraresmi, Sp.A, Pakar Alergi Anak RSIA Keinginan Kita menjelaskan langkah paling pas untuk menahan serta menangani alergi dengan menghindarkan pencetusnya. Hal tersebut bisa didapati lewat beberapa analisis di bawah ini:


1. Riwayat alergi

Informasikan pada dokter semuanya mengenai kisah penyakit yang terkena keluarga. Info itu bermanfaat untuk menolong dokter menganalisis peluang alergi yang dipunyai Si Kecil.

Simak Juga : pengaruh globalisasi
2. Konsumsi makanan harian

Waktu memberi MPASI pertama-tama pada Si Kecil, benar-benar disarankan untuk mengawalinya dengan mengenalkan satu type makanan saja, sepanjang 3-4 hari beruntun. Proses itu bermanfaat untuk tahu ada atau tidaknya reaksi alergi dari makanan yang diberi.

3. Kerjakan prick test

Langkah medis yang seringkali dikerjakan untuk menjumpai alergi sekarang ini dengan lakukan prick test. Tingkatan lakukan tes itu ialah seperti berikut:

• Kulit di wilayah tangan Si Kecil akan dituliskan nomer urut serta kode itu.

• Zat yang disebut ekstrak dari beberapa alergen diteteskan di samping nomer hemat serta kode itu.

• Sesudah didiamkan sesaat, akan kelihatan reaksi di kulit tangannya. Bila ada bentol kemerahan, karena itu bisa diyakinkan jika zat itu adalah alergen buat Si Kecil.



Dapatkah Sembuh?
Alergi yang dipunyai semenjak kecil belum dapat sembuh seutuhnya. Beberapa pakar berasumsi, bila seseorang anak mempunyai alergi, karena itu dia selalu membawanya sampai dewasa. Akan tetapi aktualisasi alerginya akan beralih.

Contohnya, saat bayi, tanda-tanda alergi yang berlangsung mungkin berbentuk ruam merah pada kulit. Tetapi saat dewasa, tanda-tanda itu menjadi rhinitis atau seringkali bersin bila terserang pemrakarsa alergi atau alergennya.
Logged
Pages: [1]   Go Up