;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Awas, Sakit Pinggang Sebelah Kanan Bisa Mengancam Nyawa  (Read 42 times)

firmanway

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 182
    • SehatQ
Awas, Sakit Pinggang Sebelah Kanan Bisa Mengancam Nyawa
« on: July 24, 2019, 11:32:03 pm »

Sakit pinggang biasanya diasosiasikan dengan keseleo atau pegal-pegal. Cukup dioles balsem, nanti juga sakitnya hilang sendiri. Tetapi hati-hati lho, kalau kamu merasakan sakit pinggang sebelah kanan karena bisa jadi ada masalah kesehatan yang lebih serius di dalam tubuh kamu.
Sakit pinggang sebelah kanan biasanya disebabkan oleh gangguan pada sistem saluran kemih. Namun, tidak jarang juga sakit pinggang di sebelah kanan menandakan adanya gangguan di sekitar lokasi nyeri.

Beberapa masalah kesehatan serius yang mengakibatkan sakit pinggang sebelah kanan. antara lain:
1.   Cedera otot
Salah satu kondisi paling awam yang menyebabkan sakit pinggal sebelah kanan adalah cedera otot. Kamu bisa mengalami ini ketika mengangkat beban berat, jatuh, atau dipukul di pinggang.
Cedera otot bisa sembuh sendiri, tapi kamu bisa meredakan rasa nyerinya dengan meminum obat antinyeri atau melakukan kompres dingin.
2.   Saraf terjepit
Masalah medis ini terjadi ketika ada masalah di tulang belakang kamu. Tulang belakang akan menekan saraf hingga terjepit dan menimbulkan sakit di pinggang sebelah kanan.
3.   Cacar api (Herpes zoster)
Selain sakit pinggang, kamu juga akan merasa seperti terbakar di bagian pinggang. Selain itu, muncul lepuhan yang berisi air dan terkadang juga terasa gatal.
4.   Batu ginjal
Manusia punya dua ginjal yang terletak di kanan dan kiri pinggang. Nah, ketika ginjal sebelah kanan mengalami masalah, maka akan timbul rasa sakit di area itu.
Masalah yang awam menyerang ginjal tidak lain adalah batu ginjal. Pada penderita batu ginjal, sakit pinggang juga bisa ditemani dengan keluhan mual hingga muntah serta buang air kecil yang berwarna merah.
5.   Radang usus buntu (apendisitis)
Ketika kamu mengeluhkan sakit di perut kanan yang merembet ke pinggang, mungkin kamu sedang mengalami radang usus buntu alias apendisitis. Rasa sakit pada penderita apendisitis akan makin parah seiring berjalannya waktu sehingga si pasien hanya bisa meringkuk ke sebelah kanan.
Segera hubungi dokter jika kamu merasakan gejala di atas. Apendisitis yang tidak segera ditangani bisa membuat usus buntu pecah sehingga mengancam nyawa kamu.
6.   Infeksi ginjal (pielonefritis)
Selain menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan, penderita infeksi ginjal biasanya menderita demam hingga 38.9 derajat celcius, nyeri atau panas saat buang air kecil, urine berwarna keruh dan bau amis. Pielonefritis bisa membuat ginjal kamu membesar dan rusak permanen sehingga tidak jarang mengancam nyawa penderitanya.
Cara paling aman untuk mengetahui penyebab sakit pinggang kamu tentu dengan memeriksakan diri ke dokter.
Logged
Pages: [1]   Go Up