;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Ingin Kuliah? Ketahui 4 Komponen Biaya Hidup di Jerman Ini  (Read 286 times)

aldy23

  • Kelasi
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 1



Biaya Hidup di Jerman  - Biaya hidup di Jerman merupakan informasi yang penting bagi mereka yang akan merencanakan studi di jerman, magang kerja, bekerja penuh waktu hingga hanya berwisata dalam jangka panjang.

Informasi ini akan menentukan bagaimana anda bertahan hidup, menyiapkan dana darurat hingga merencanakan bagaimana mendapatkan dana untuk menyiapkan komponen biaya hidup di jerman. Atau bisa jadi Anda bisa menyiapkan beberapa strategi untuk meminimalkan biaya hidup di jerman untuk bisa hidup lebih efektif.

Secara umum biaya hidup di jerman masuk dalam kategori murah dengan syarat-syarat tertentu, misalnya anda bisa diajak berhemat dan tidak menjalankan gaya hidup seperti anak muda milenial. Karena dalam beberapa komponen biaya hidup di jerman, komponen yang paling banyak menguras biaya adalah komponen makan dan minum serta tempat tinggal.

Jika anda memutuskan untuk hidup seperti anak muda milenial yang tinggal di apartemen, menulis di kafe kopi atau berbelanja barang barang konsumsi serta traveling setiap waktu maka bisa dipastikan biaya hidup di jerman anda akan sangat tinggi.


Ingin Kuliah? Ketahui 4 Komponen Biaya Hidup di Jerman Ini

Komponen biaya hidup di jerman bisa ditekan sehemat mungkin jika anda menyiapkan strategi: pintar memasak untuk mengurangi jajan di luar, membeli bahan makanan setiap pekan, menggunakan alat transportasi umum, memilih rumah tinggal di luar kota atau daerah sub-urban yang masih tergolong murah dan dekat dengan pedesaan. Berikut beberapa komponen biaya hidup di jerman yang perlu anda perhatikan yang saya kutip dari website http://switch2success.com/ switch2success.com


1. Biaya Perkuliahan

Pertama, biaya hidup di jerman yang paling penting adalah biaya perkuliahan. Jika anda kuliah, atau sekolah maka hal ini penting karena akan memakan banyak dana anda. Bersyukurlah bila anda di jerman karena bekerja atau hanya berwisata saja jadi tidak perlu memikirkan biaya perkuliahan.

Biaya perkuliahan untuk program sarjana adalah gratis, ini belum termasuk biaya kemahasiswaaan dan uang enunjang perkuliahan yang mesti anda siapkan sendiri. Termasuk bagi anda lulussan SMA non jerman akan menjalani proses matrikulasi selama setahun sebelum menempuh jenjang sarjana.

Sementara untuk jenjang master dan doktoral biaya perkuliahan setiap jurusan berbeda-beda dan anda disarankan mencari beasiswa karena selain lumayan mahal untuk mahasiswa internasional, beasiswa untuk studi master dan doktoral di jerman melimpah ruah.

2. Biaya Makan

Kedua, biaya hidup di jerman selanjutnya yang masuk ke dalam komponen penguras dana paling banyak adalah biaya makan dan minum sekitar 300 hingga 400 euro per bulan untuk satu orang saja. Itu artinya jika 1 euro adalah 15000 maka bisa empat hingga enam juta selama satu bulan untuk satu orang saja.

Biaya ini tidak jauh beda untuk hidup di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya. Tetapi terlalu mahal untuk ukuran Jogja dan Solo. Anda bisa mensiasatinya dengan makan hemat memasak sendiri atau memilih lokasi di jerman yang dekat dengan pedesaan.

3. Biaya tempat tinggal

Ketiga, komponen biaya hidup di jerman yang juga cukup menguras uang adalah tempat tinggal. Biaya sewa apartemen di jerman sekitar 300 hingga 400 euro atau sekitar lima hingga enam juta per bulan. Sewa apartemen ini tentu saja jenisnya berbeda-beda, ada jenis studio hingga jenis lainnya yang lebih besar. Untuk sewa apartemen dalam paket hemat anda bisa berpatungan dengan teman atau menyewa rumah secara kontrakan atau bersama-sama.

4. Biaya hidup di Jerman

Keempat, komponen biaya hidup di jerman selanjutnya adalah biaya transportasi yang cukup mahal. Anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan sepeda, atau membeli kartu kereta bawah tanah dan trem yang menggunakan sistem langganan atau untuk student card.

Sekianlah impormasi singkat mengenai biaya hidup di Jerman dan berbagai macam tips untuk mengatasi hal tersebut dan jika misalkan Anda membutuhkan informasi lainnya seputar pembelajaran bahasa Inggris bisa klik di http://kursusbahasainggris.or.id/ website KBI dan semoga saja informasi ini dapat bermanfaat, selamat belajar  [thumbsup]
Logged
See also my other Interior Design at <a href="https://arskalinterior.com/" >Arskal </a> And <a href="http://jasainteriorruangan.com/">Jasainterior</a> and <a href="http://lemarikitchenset.com/" > Lemarikitchenset.com </a>
Pages: [1]   Go Up