;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Amankah Domperidone Digunakan untuk Meningkatkan Produksi ASI?  (Read 39 times)

firmanway

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 182
    • SehatQ

Kesadaran para ibu akan pentingnya pemberian ASI bagi bayinya terus meningkat. Berbagai cara diupayakan oleh para ibu agar bayinya mendapatkan ASI eksklusif sejak lahir hingga 6 bulan, mulai dari menyusui langsung, memerah ASI di tempat kerja, hingga mengonsumsi obat yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Domperidone adalah salah satu obat yang sering digunakan.

Domperidone sebenarnya adalah obat yang yang berfungsi untuk meningkatkan gerak usus (prokinetik), serta memiliki efek antimual dan antimuntah. Salah satu efek samping yang mungkin terjadi akibat konsumsi domperidone adalah pembesaran kelenjar payudara dan dapat menyebabkan keluarnya ASI dari kelenjar susu. Hal ini terjadi karena domperidone menstimulasi produksi hormon prolaktin, yaitu hormon yang berperan dalam produksi ASI. Atas dasar inilah domperidone sering digunakan untuk menambah produksi ASI pada ibu-ibu yang bermasalah dengan produksi ASI-nya.

Hingga saat ini belum ada panduan medis standar mengenai penggunaan domperidone sebagai galactagogue (penambah produksi ASI). Hasil studi mengenai hal ini pun belum ada yang meyakinkan, walaupun studi-studi tersebut menunjukkan bahwa domperidone aman digunakan oleh ibu menyusui dan bayinya. Peningkatan ASI dengan menggunakan domperidone tidak lebih baik daripada memperbaiki perlekatan bayi ke payudara ibu saat menyusui.

Di Amerika Serikat sendiri penggunaan domperidone sebagai penambah produksi ASI dilarang karena risiko efek samping domperidone terhadap jantung yang dianggap lebih berbahaya. Meskipun jarang, penggunaan domperidone, terutama pada orang-orang yang rentan, yaitu mereka yang berusia lebih dari 60 tahun atau menerima dosis lebih dari 30mg per hari, dapat menyebabkan kelainan irama jantung, irama jantung yang tidak teratur, dan kematian mendadak.

Mendukung seorang ibu agar berhasil memberikan ASI eksklusif bagi bayinya sangatlah penting. Penggunaan domperidone untuk menambah ASI sebaiknya dilihat kasus per kasus, agar kesempatan seorang ibu untuk berhasil menyusui juga tidak serta merta hilang, dan juga tetap mempertimbangkan risiko efek samping obat. Berkonsultasilah dengan dokter atau konselor laktasi mengenai penggunaan domperidone yang aman untuk menambah produksi ASI.
Logged
Pages: [1]   Go Up