;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Inilah Macam-macam Infeksi Jamur Pada Kulit  (Read 61 times)

firmanway

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 182
    • SehatQ
Inilah Macam-macam Infeksi Jamur Pada Kulit
« on: July 31, 2019, 11:50:03 am »

Infeksi jamur dapat mengenai bagian kulit mana saja dan menimbulkan gejala yang berbeda-beda. Selain hal itu, jenis jamur yang menginfeksi juga dapat menimbulkan gejala klinis yang berbeda pula. Infeksi jamur dapat menyebar antar manusia, dari hewan ke manusia, dan bahkan dari lingkungan ke manusia.
Terdapat jamur yang sudah ada di dalam tubuh manusia dan menimbulkan gangguan apabila jamur tersebut mengalami pertumbuhan yang berlebih karena lemahnya daya tahan tubuh manusia tersebut. Terdapat pula jamur yang berasal dari luar tubuh dan menimbulkan infeksi pada manusia.

Apa saja jenis infeksi jamur yang bisa menyerang kulit?
Secara umum, infeksi jamur pada kulit menimbulkan perubahan warna, perubahan tekstur kulit, dan rasa gatal. Berikut diuraikan beberapa macam infeksi jamur yang tersering terjadi pada kulit manusia, antara lain:
1.   Infeksi jamur pada vagina atau candidiasis. Infeksi ini disebabkan oleh jamur Candida albicans yang juga dapat menimbulkan infeksi di rongga mulut dan menyebabkan sariawan. Gejala yang ditimbulkan oleh infeksi jamur C. albicans di vagina antara lain munculnya rasa gatal, pembengkakan, kulit kemerahan, dan perih pada vagina. Selain itu dapat muncul rasa panas saat buang air kecil atau pada saat melakukan hubungans seksual. Keputihan yang berwarna keabu-abuan dan berbau tidak sedap merupakan tanda utama dari infeksi C. albicans.
2.   Tinea pedis atau kutu air (Athlete’s foot) merupakan infeksi jamur yang sering terjadi pada atlit atau orang yang suka berolahraga. Hal ini disebabkan penggunaan kaos kaki dan sepatu yang menjadikan area kaki lembap karena keringat. Gejala yang dapat muncul pada kutu air antara lain munculnya benjolan berisi cairan, kulit kemerahan, kulit menjadi lebih lunak, kulit mengelupas, rasa gatal, dan panas di daerah yang terinfeksi.
3.   Infeksi jamur di pangkal paha atau tinea cruris (jock’s itch) di mana pangkal paha merupakan area kulit yang lembap dan hangat cocok untuk pertumbuhan jamur. Gejala yang timbul pada tinea cruris adalah munculnya ruam berwarna merah yang berbentuk seperti lingkaran dengan tepi yang sedikit menonjol, disertai rasa gatal, panas, dan iritasi di kulit yang terinfeksi.
4.   Kurap atau tinea corporis timbul akibat jamur yang tinggal di jaringan mati pada kulit, rambut, dan kuku. Pada kurap dapat muncul gejala seperti kulit kemerahan yang gatal dan kasar. Kulit yang kemerahan tersebut dapat berubah bentuk seperti cincin dengan permukaan yang menonjol.
Selalu konsultasikan ke dokter apabila anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, hal ini disebabkan infeksi jamur mudah menular dan terapi yang tepat dapat menghentikan penularan infeksi jamur.
Logged

Markum09

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 37
    • Blog Trading Forex
Re: Inilah Macam-macam Infeksi Jamur Pada Kulit
« Reply #1 on: July 31, 2019, 11:59:34 pm »

No 3 tuh biasanya pernah ada pada setiap laki-laki..  ??? ???
Pages: [1]   Go Up