;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Amankah Obat Ibuprofen untuk Ibu Menyusui?  (Read 34 times)

firmanway

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 182
    • SehatQ
Amankah Obat Ibuprofen untuk Ibu Menyusui?
« on: August 05, 2019, 05:06:10 pm »

Menyusui mungkin adalah masa terindah untuk seorang wanita. Tidak heran bila wanita yang menyusui akan selalu menjaga apa yang masuk ke tubuhnya untuk menghasilkan ASI terbaik buat buah hatinya.

Tidak terkecuali ketika mengkonsumsi obat-obatan selama menyusui. Salah satunya obat yang paling sering dikonsumsi di seluruh dunia termasuk oleh ibu menyusui adalah ibuprofen. Apakah obat ibuprofen aman untuk ibu menyusui?

Apa itu obat ibuprofen?

Ibuprofen adalah obat golongan anti peradangan non-steroid yang berefek untuk mengurangi nyeri, menurunkan demam, dan pada dosis yang lebih besar bisa mengurangi peradangan.

Badan kesehatan dunia WHO memasukkan ibuprofen sebagai salah satu obat yang wajib dimiliki fasilitas kesehatan dasar saking seringnya digunakan.

Obat ibuprofen bekerja dengan menghambat produksi hormon prostaglandin, sebuah hormon yang dikeluarkan oleh tubuh sebagai respon terhadap sakit atau cedera.

Ketika dilepaskan ke tubuh, prostaglandin menyebabkan tanda peradangan seperti nyeri, demam, dan pembengkakan.

Oleh karena efek obat yang dapat menghambat prostaglandin inilah, maka ibuprofen digunakan untuk mengatasi demam, nyeri, dan peradangan yang disebabkan kondisi seperti sakit kepala, sakit gigi, kraim haid, nyeri sendi, dll.

Tidak terkecuali untuk wanita yang sedang menyusui. Banyak wanita menyusui yang baru pulih dari proses persalinan mengalami rasa nyeri dan kram pada perut serta pegal-pegal. Ibuprofen dapat meredakan gejala-gejala ini.

Bolehkah ibu menyusui mengonsumsi obat ibuprofen?
Ibuprofen aman pada dosis kecil sampai sedang pada ibu menyusui karena hanya sedikit saja partikel obat yang tersebar ke ASI.

Pada tahun 2014, sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsentrasi obat ibuprofen yang terdeteksi di ASI ketika seorang ibu mengkonsumsi obat ini adalah kurang dari 0,38%.

Bahkan bila seorang ibu mendapat dosis tinggi Ibuprofen lewat bentuk obat supositoria, sang buah hati hanya akan terpapar kurang dari 1% dosis obat yang diminum sang ibu.

Dapat disimpulkan bahwa Ibuprofen merupakan salah satu pilihan obat yang aman untuk ibu menyusui. Namun bila sang ibu tidak cocok atau alergi terhadap Ibuprofen, sang ibu dapat menggunakan obat lain seperti asetaminofen atau parasetamol.


Inilah seputar keamanan Ibuprofen pada Ibu menyusui. Bila Anda masih merasa tidak yakin dengan keamanan obat ini pada saat menyusui, konsultasikanlah dengan dokter Anda.
Logged
Pages: [1]   Go Up