;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Mitos atau Fakta: Salbutamol Bisa Cegah Persalinan Prematur  (Read 30 times)

firmanway

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 182
    • SehatQ
Mitos atau Fakta: Salbutamol Bisa Cegah Persalinan Prematur
« on: August 06, 2019, 09:50:00 am »

Bila menyebut nama Salbutamol, penderita asma atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) pasti tahu betul obat satu ini.

Ya, Salbutamol adalah obat yang banyak digunakan untuk meredakan dan mencegah sesak napas serta mengi yang disebabkan masalah pernapasan seperti asma maupun PPOK.

Namun, tahukah kamu bahwa penggunaan Salbutamol tidak hanya terbatas untuk mengatasi sesak, namun juga bisa pada kasus kelahiran prematur.

Pasti bertanya-tanya kok bisa, obat untuk pernapasan bisa juga dipakai untuk menunda kelahiran prematur? Daripada bertanya-tanya mari simak ulasan berikut.

Apa itu persalinan prematur?
Seorang Ibu disebut melahirkan prematur bila persalinan terjadi lebih dari 3 minggu sebelum waktu seharusnya melahirkan.

Persalinan prematur tidak dapat disepelekan karena dapat mengakibatkan banyak komplikasi pada bayi maupun sang ibu.

Komplikasi yang dapat terjadi pada bayi diantaranya berat badan lahir rendah, gangguan pernapasan, organ yang belum berkembang sempurna, dan gangguan penglihatan.

Komplikasi jangka panjang yang dapat terjadi pada bayi prematur adalah gangguan belajar dan perilaku saat dewasanya nanti.

Masih banyak lagi komplikasi kelahiran prematur yang lain. Oleh sebab itu penting sekali bagi para bumil untuk mencatat dan mengingat warning sign terjadinya persalinan prematur berikut :
•   Sakit punggung belakang bawah yang terasa terus menerus atau hilang timbul yang tidak membaik dengan perubahan posisi tubuh
•   Kontraksi setiap 10 menit atau lebih sering
•   Terasa kram di perut bagian bawah seperti sedang haid
•   Adanya cairan keluar dari jalan lahir
•   Flek darah ringan

Begitu ada tanda-tanda ini segeralah temui dokter Anda. Beruntungnya dokter Anda dapat membantu mencegah bayi lahir prematur. Salah satu obat yang digunakan dokter untuk menunda kelahiran prematur adalah Salbutamol.

Bagaimana salbutamol digunakan pada persalinan prematur?

Salbutamol adalah obat golongan stimulan beta adrenergik yang berefek relaksasi otot polos sehingga mengurangi kontraksi rahim.

Di beberapa negara, obat suntik Salbutamol digunakan untuk menunda kelahiran prematur pada ibu hamil yang mulai menunjukkan tanda-tanda persalinan prematur.

Selain Salbutamol suntik, Salbutamol tablet yang diminum juga terbukti dapat menunda kehamilan prematur dan lebih praktis digunakan karena tidak membutuhkan pengawasan ketat yang dibutuhkan bila menggunakan obat suntik

Namun perlu diingat, Anda tidak dapat menggunakan Salbutamol pada kehamilan secara sembarangan. Anda tetap perlu mengkonsultasikannya ke dokter Anda ya.
Logged
Pages: [1]   Go Up