;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Mengembalikan Suara Hilang Akibat Laringitis  (Read 37 times)

firmanway

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 182
    • SehatQ
Mengembalikan Suara Hilang Akibat Laringitis
« on: August 06, 2019, 11:08:04 am »

Laringitis adalah peradangan pada laring (kotak suara) yang pada jenis akut bisa sembuh sendiri tanpa obat-obatan. Umumnya radang kotak suara akut disebabkan oleh penggunaan suara berlebihan misalnya berbicara atau menyanyi dengan suara sangat keras, karena ada infeksi tenggorokan atau karena menghirup polusi udara.

Sedangkan laringitis kronis yang terjadi berulang kali biasa disebabkan penyakit GERD dimana reflux asam lambung ke tenggorokan mengiritasi kotak suara, karena alergi dan karena kebiasaan merokok.

Ketika kotak suara mengalami peradangan, pita suara akan terganggu sehingga memengaruhi suara yang dikleuarkan. Pita suara adalah otot-otot yang ada di dalam kotak suara dalam tenggorokan. Ketika kita bicara, udara yang melewati pita suara menyebabkannya bergetar sehingga keluarlah suara kita. Ketika pita suara ini mengalami iritasi, peradangan dan pembengkakan suara akan serak, sulit keluar atau hilang sama sekali.

Selain suara jadi serak, gejala-gejala lain laringitis adalah frekuensi suara jadi meninggi dan merendah secara tak teratur saat berbicara, merasa berbicara dengan suara normal tapi yang keluar seperti bisikan, suara hilang, sakit tenggorokan dan batuk-batuk.

Pengobatan laringitis ditentukan berdasarkan penyebabnya. Kalau disebabkan oleh infeksi virus biasanya tak usah menggunakan obat-obatan, cukup banyak minum air putih dan istirahatkan pita suara dengan membatasi bicara maka laringitis akan sembuh sendiri.
Jika laringitis disebabkan infeksi bakteri maka perlu diatasi infeksinya dengan antibiotic. Penderita laringitis kronis perlu mengubah gaya hidup untuk mengatasi kekambuhan, misalnya dengan berhenti merokok.

Yang alergi mesti bisa menghindari penyebab munculnya alergi dan jika disebabkan penyakit seperti GERD mungkin mesti menggunakan obat-obatan yang bisa mengontrol penyakitnya.

Di rumah, Anda pun bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk membantu meredakan laringitis dan mempercepat kembalinya suara, misalnya:
•   Berkumur dengan air garam. Tambahkan satu sendok the garam meja ke dalam segelas air hangat, aduk dan gunakan untuk berkumur sampai rongga tenggorokan. Garam akan membantu menyembuhkan tenggorokan yang teriritasi.
•   Mengonsumsi jahe. Jahe sudah lama digunakan sebagai obat sakit tenggorokan dan meredakan batuk. Anda bisa menikmati air rebusan jahe yang diberi sedikit  gula merah atau bisa juga dicampur dengan teh.
•   Mengunyah bawang putih. Jika sanggup, Anda bisa mengunyah langsung bawang putih atau bisa juga digeprek dan dicampur dalam masakan  tumis.
•   Mengonsumsi madu. Madu juga dipercaya bisa mengurangi gatal pada tenggorokan dan menekan batuk. Bisa diminum langsung atau dicampurkan ke dalam teh hangat.

Terkadang meski gejala-gejala peradangan sudah hilang, tetapi suara belum kembali normal sampai beberapa hari kemudian. Jika suara tak juga kembali normal dalam waktu beberapa minggu, coba periksakan ke dokter karena mungkin penyebabnya bukan laringitis.
Logged
Pages: [1]   Go Up