;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1]   Go Down

Author Topic: Cara Tepat Menolong Orang Tenggelam  (Read 64 times)

firmanway

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 181
    • SehatQ
Cara Tepat Menolong Orang Tenggelam
« on: August 23, 2019, 04:41:11 pm »

Berenang memang menyenangkan. Berendam dan bermain air di kolam renang, sungai, laut, atau sarana lainnya bisa menjadi obat penghilang stres. Meski begitu, berenang adalah salah satu jenis olah raga yang berisiko tinggi. Jika tak paham tekniknya, salah-salah Anda ataupun anak, bisa tenggelam atau terseret arus air. Oleh karena itu, pahamilah langkah untuk menolong orang tenggelam.

Sebab jika Anda tidak memahaminya, nyawa menjadi taruhannya. Sudah tak terhitung jumlah orang yang meregang nyawa akibat tenggelam.

Saat tenggelam, seseorang tidak mampu lagi bernafas dengan benar. Air pun akan memasuki saluran pernafasan dan menghambat aliran oksigen, sehingga kesadaran si korban berangsur-angsur hilang. Jika kondisi ini dibiarkan atau tak ditolong, korban bisa meninggal.

Tips menolong orang tenggelam

Berikut ini beberapa tips pertolongan pertama bagi orang yang tenggelam, seperti dikutip situs WebMD.
1.   Meminta pertolongan. Langkah pertama menolong orang tenggelam yaitu berteriak untuk menarik perhatian orang lain. Tak ada salahnya meminta bantuan orang agar lebih mudah menolong korban. Jika berada di kolam renang atau pantai, minta pertolongan pada regu penyelamat. 
2.   Cari alat bantu. Coba angkat korban dari air dengan memakai tali atau alat lain. Jika Anda mahir berenang, coba keluarkan dia dari air dengan cara menyeretnya menuju tempat kering.
3.   Pindahkan korban ke tempat lapang. Setelah korban bisa diangkat dari air, cari tempat lapang. Baringkan dengan perlahan, bantu dia bernafas dan coba untuk mengeluarkan air yang masuk ke paru-paru dengan menekan dada si korban.
4.   Beri pertolongan pernafasan. Baringkan korban, jika dia  tidak bernapas beri cardiopulmonary resuscitation (CPR) atau resusitasi jantung paru dengan menekan telapak tangan di bagian tengah dada yang sejajar dengan puting. Tekan memakai  dua tangan yang saling tumpang tindih sedalam kurang lebih 5 centimeter.
Lakukan dengan hati-hati 30 kali dengan kecepatan 100 kali tekanan per menit.
5.   Harap diingat, jangan berikan CPR pada korban yang bisa bernafas atau tersedak. Salah –salah jantungnya bisa berhenti berdetak. Karena itu periksa dulu mulut korban, jika dia tersedak coba keluarkan benda yang menyumbat pernafasannya.
6.   Buka jalan pernafasan. Jika korban belum bernafas,  coba buka jalan nafas dengan menengadahkan kepala korban. Pencet hidungnya dan tiupkan udara ke arah mulut dua kali dalam satu detik.
7.   Periksa kembali pernafasan. Tempatkan telinga Anda di sebelah mulut dan hidung korban, jika terasa udara di pipi berarti dia sudah bernafas. Jika tidak periksa denyut nadinya dan ulangi prosedur pertolongan pernafasan dengan CPR dan nafas buatan.

Sumber: SehatQ.com
Logged

Monox D. I-Fly

  • Cabin Crew
  • *
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 754
Re: Cara Tepat Menolong Orang Tenggelam
« Reply #1 on: September 16, 2019, 01:50:32 pm »

Jika tidak periksa denyut nadinya dan ulangi prosedur pertolongan pernafasan dengan CPR dan nafas buatan.

Bedanya CPR sama pernapasan buatan apa?
Logged
Salam dekek. Jo para Inyek jo Cindako, ambo badiam di talinan inda putuy, sabab mandari pado ako, garo mandari pado harimau! Berubah! Satria Harimau, Torga!
Pages: [1]   Go Up