;

Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Username: Password:
Pages: [1] 2   Go Down

Author Topic: KUHP & perzinahan  (Read 7098 times)

sate_ayam

  • Chingu
  • **
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 1747
  • kyk kodok
KUHP & perzinahan
« on: April 19, 2009, 04:03:04 PM »

KUHP (Penal Code)
BUKU KEDUA - KEJAHATAN
BAB XIV
KEJAHATAN TERHADAP KESUSILAAN

Pasal 284

(1)Diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan:

l. a. seorang pria yang telah kawin yang melakukan gendak (overspel), padahal diketahui bahwa pasal 27 BW berlaku baginya,

b. seorang wanita yang telah kawin yang melakukan gendak, padahal diketahui bahwa pasal 27 BW berlaku baginya;

2. a. seorang pria yang turut serta melakukan perbuatan itu, padahal diketahuinya bahwa yang turut bersalah telah kawin;

b. seorang wanita yang telah kawin yang turut serta melakukan perbuatan itu, padahal diketahui olehnya bahwa yang turut bersalah telah kawin dan pasal 27 BW berlaku baginya.

(2) Tidak dilakukan penuntutan melainkan atas pengaduan suami/istri yang tercemar, dan bilamana bagi mereka berlaku pasal 27 BW, dalam tenggang waktu tiga bulan diikuti dengan permintaan bercerai atau pisah-meja dan ranjang karena alasan itu juga.

(3) Terhadap pengaduan ini tidak berlaku pasal 72, 73, dan 75.

(4) Pengaduan dapat ditarik kembali selama pemeriksaan dalam sidang pengadilan belum dimulai.

(5) Jika bagi suami-istri berlaku pasal 27 BW, pengaduan tidak diindahkan selama perkawinan belum diputuskan karena perceraian atau sebelum putusan yang menyatakan pisah meja dan tempat tidur menjadi tetap.

>>>>baca lagi pasal ini hny mengancam laki2 yg kena pasal 27 BW berarti org Indonesia asli tidak terkena pasal tsb :/ terus knapa hny ditujukan pada perempuan yg bersuami saja? :/

Pasal 285

Barang siapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa seorang wanita bersetubuh dengan dia di luar perkawinan, diancam karena melakukan perkosaan dengan pidana penjara paling lama dua belas tahun.

>>> kalau tidak dipaksa, gpp dong? :P
buktiin dipaksa apa gak itu susah bgt loh :P
yg bete lg kok ada yg divonis cm setahun sih >=(

Pasal 286

Barang siapa bersetubuh dengan seorang wanita di luar perkawinan, padahal diketahui bahwa wanita itu dalam keadaan pingsan atau tidak berdaya, diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun.

>>>kalau sadar, gpp gitu? :P

Pasal 287

(1) Barang siapa bersetubuh dengan seorang wanita di luar perkawinan, padahal diketahuinya atau sepatutnya harus diduganya bahwa umumya belum lima belas tahun, atau kalau umurnya tidak jelas, bawa belum waktunya untuk dikawin, diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun.

(2) Penuntutan hanya dilakukan atas pengaduan, kecuali jika umur wanita belum sampai dua belas tahun atau jika ada salah satu hal berdasarkan pasal 291 dan pasal 294.

>>> kalau sdh cukup umur, boleh? :P hy kalo diadui ya? :P

Pasal 288

(1) Barang siapa dalam perkawinan bersetubuh dengan seormig wanita yang diketahuinya atau sepatutnya harus didugunya bahwa yang bersangkutan belum waktunya untuk dikawin, apabila perbuatan mengakibatkan luka-luka diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun.

(2) Jika perbuatan mengakibatkan luka-luka berat, dijatuhkan pidana penjara paling lama delapan tahun.

(3) Jika mengakibatkan mati, dijatuhkan pidana penjara paling lama dua belas tahun.

>>> ya ampun , myebabkan mati kok cm 12 thn >=(

Pasal 289

Barang siapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa seorang untuk melakukan atau membiarkan dilakukan perbuatan cabul, diancam karena melakukan perbuatan yang menyerang kehormatan kesusilaan, dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun.

>>>kalo gak maksa gpp dong :P

Pasal 292

Orang dewasa yang melakukan perbuatan cabul dengan orang lain sesama kelamin, yang diketahuinya atau sepatutnya harus diduganya belum dewasa, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun.

>>> dasar blanda homoooooooo.... >=( kalo udh dewasa blh homo gitu >=(

Pasal 293

(1) Barang siapa dengan memberi atau menjanjikan uang atau barang, menyalahgunakan pembawa yang timbul dari hubungan keadaan, atau dengan penyesatan sengaja menggerakkan seorang belum dewasa dan baik tingkahlakunya untuk melakukan atau membiarkan dilakukan perbuatan cabul dengan dia, padahal tentang belum kedewasaannya, diketahui atau selayaknya harus diduganya, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun

>> sip germo cm 5 thn >=(

Pasal 294

(1) Barang siapa melakukan perbuatan cabul dengm anaknya, tirinya, anak angkatnya, anak di bawah pengawannya yang belum dewasa, atau dengan orang yang belum dewasa yang pemeliharaanya, pendidikan atau penjagaannya diannya yang belum dewasa, diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun.

>>> cm 7 thn ya? >=(

mnurut anda lbh adil mana sama hukum rajam?  [biggrin]
Logged
Shawn Spencer: Though not as ridiculous as Denise Richards playing a nuclear
physicist named Christmas Jones in a Bond movie. But still!  ;D
http://natanedan.tumblr.com/  http://natanedan.wordpress.com/

Petrel

  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 6415
  • Retired from sailing...
    • Republik Eusosialis Tawon
Re: KUHP & perzinahan
« Reply #1 on: April 19, 2009, 04:24:17 PM »

klo gw mah biar gimana2 tetep lebih seneng hukuman fisik biar ada efek jeranya bwt pelaku
masalahnya alaupun pelakunya masuk penjara, disana palingan dia cuma dapet makanan ama numpang tidur gratis, kagak ada efek menghukumnya
lagian, biar gimana2 klo ada kasus kayak gini ngeliat jg dampak jangka panjangnya bwt korban...     [worried] [worried]

gw pernah baca koran kriminal, ada pemuda pengangguran masuk penjara 3 kali, smuanya gara2 kasus pemerkosaan     :D :D :D


eh overspel apaan sih?     ???

sate_ayam

  • Chingu
  • **
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 1747
  • kyk kodok
Re: KUHP & perzinahan
« Reply #2 on: April 19, 2009, 08:43:17 PM »

overspel itu gendak :P

overspel = adultry (hukumonline.com)
Istilah, : overspel. Arti, : Zinah, hal ini diatur di dalam KUH Perdata pasal 32, 209, 253, 909 dan KUH Pidana pasal 284 (policewatch.com)
Logged
Shawn Spencer: Though not as ridiculous as Denise Richards playing a nuclear
physicist named Christmas Jones in a Bond movie. But still!  ;D
http://natanedan.tumblr.com/  http://natanedan.wordpress.com/

frozenb

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 6851
  • YATTA!! Dapet pasang ava juga...
    • Blog Frozenb
Re: KUHP & perzinahan
« Reply #3 on: April 20, 2009, 08:37:54 AM »

klo gw mah biar gimana2 tetep lebih seneng hukuman fisik biar ada efek jeranya bwt pelaku
masalahnya alaupun pelakunya masuk penjara, disana palingan dia cuma dapet makanan ama numpang tidur gratis, kagak ada efek menghukumnya
lagian, biar gimana2 klo ada kasus kayak gini ngeliat jg dampak jangka panjangnya bwt korban...     [worried] [worried]

gw pernah baca koran kriminal, ada pemuda pengangguran masuk penjara 3 kali, smuanya gara2 kasus pemerkosaan     :D :D :D


eh overspel apaan sih?     ???

hukuman fisik??
kaya apa??
pemotongan barang bukti??  ;D ;D

kalo cuman dicambuk sih, tetep aja g kapok2...
Logged

Cerberus

  • Chingu
  • **
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 1684
  • Level 85
Re: KUHP & perzinahan
« Reply #4 on: April 20, 2009, 10:11:33 AM »

klo dah dihukum seperti apapun, klo emang muka tembok dan kulit badak serta nafsu kuda kayanya masih terus dilakukan deh... [hammer]
Logged

sate_ayam

  • Chingu
  • **
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 1747
  • kyk kodok
Re: KUHP & perzinahan
« Reply #5 on: April 20, 2009, 03:01:08 PM »

klo dah dihukum seperti apapun, klo emang muka tembok dan kulit badak serta nafsu kuda kayanya masih terus dilakukan deh... [hammer]

huahaha itu berarti org indonesia kalo melakukan kjahatan gak rasional dong tp emosional (bawah sadar)  ;D ;D ;D
emang dasarnya jahat ya kita hukum mati aja smuanya kyk ryan, gak ada gunanya jg dibiarin idup  :P
Logged
Shawn Spencer: Though not as ridiculous as Denise Richards playing a nuclear
physicist named Christmas Jones in a Bond movie. But still!  ;D
http://natanedan.tumblr.com/  http://natanedan.wordpress.com/

Cerberus

  • Chingu
  • **
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 1684
  • Level 85
Re: KUHP & perzinahan
« Reply #6 on: April 20, 2009, 03:20:23 PM »

kekekeke itu lo yg menyarankan lhooo, klo emang jera n mo kembali baik sih gpp. maksud gw itu utk org2 yg bebal bgt
Logged

frozenb

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 6851
  • YATTA!! Dapet pasang ava juga...
    • Blog Frozenb
Re: KUHP & perzinahan
« Reply #7 on: April 20, 2009, 03:56:43 PM »

kalo hukuman mati, mah cocok buat koruptor...

biar g ada yg berani korupsi sama sekali!!
Logged

Shooter

  • Special Member
  • Penyelam Unggul
  • *****
  • Keong: 0
  • Offline Offline
  • Posts: 7632
  • I'm wicked!
Re: KUHP & perzinahan
« Reply #8 on: April 20, 2009, 09:40:40 PM »

Menurut gue KUHP sekarang kan udah kadaluwarsa (udah jaman kapan KUHP itu ...udah 50 tahun lebihh) , liat aja denda dan hukumannya masi ringan banget kan,
setau gue udah ada rancangan KUHP yg baru.. yg dendanya menurut harga emas di dunia skrg dan hukumannya lebih berat.

Soal pasal" tentang perzinahan yah, sebetulnya setiap pasal ga ada yg pasti/mutlak pasti ada eksepsi-nya krn emang gitu baru adil buat kedua pihak ... klo ga bakal berat sebelah, jadi yg bikin UU harus mempertimbangkan posisi pihak" tersebut.. ga hanya satu pihak.

contoh

Quote
Pasal 285

Barang siapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa seorang wanita bersetubuh dengan dia di luar perkawinan, diancam karena melakukan perkosaan dengan pidana penjara paling lama dua belas tahun.

>>> kalau tidak dipaksa, gpp dong? Tongue
buktiin dipaksa apa gak itu susah bgt loh Tongue
yg bete lg kok ada yg divonis cm setahun sih >=(

Gimana lu liat dari sisi cowok, gimana klo emang kejadian beneran mau sama mau tapi si cewek ga terima trus nuntut si cowok melakukan perkosan, padahal aslinya mau ama mau ...,
klo emang udah mau sama mau itu jelas ga bisa dibawa ke pengadilan emang mereka udah setuju dan lagi itu Hak mereka jg sih.. asal jgn merugikan pihak lain aja.

dan klo sampe ada hukum yg mengatur soal org melakukan hub seks sebelum nikah diancam hukuman, menurut gue itu udah berlebihan banget .. itu udah melanggar hak mereka. (bukannya gue pro free seks, tapi emang klo ada hukum yg mengatur kek gitu udah melewati batas gue rasa)

jadi intinya setiap pasal pasti ada kalimat pengecualian... biar adil, makanya ada pengadilan dan hakim yg bakal memutuskan.  ^-^





Logged


YOU WILL NEVER WALK ALONE

sate_ayam

  • Chingu
  • **
  • Keong: 1
  • Offline Offline
  • Posts: 1747
  • kyk kodok
Re: KUHP & perzinahan
« Reply #9 on: April 23, 2009, 08:53:57 PM »

tapi shooter bukannya dampak seks bebas pada masyarakat bgitu besar?
terutama pada remaja, bnyk yg MBA
dampak HIV/AIDS lbh kacau lagi
terus gmana bisa kita menghukum pengguna prostitusi?
gak adil jg kalo hanya menghukum suppliernya
malah di kasus narkoba aja, pemakai jg dihukum kok
apalagi negara ini kan sesuai pasal 29 berdasar ketuhanan yang maha esa
kok malah membebaskan perzinahan?  ???
Logged
Shawn Spencer: Though not as ridiculous as Denise Richards playing a nuclear
physicist named Christmas Jones in a Bond movie. But still!  ;D
http://natanedan.tumblr.com/  http://natanedan.wordpress.com/
Pages: [1] 2   Go Up